SEPTEMBER 2003

09/30/2003 - 01:49 WIB: "Yahoo! Akhirnya gue bisa membuat source code supaya home page gue bisa keluar musiknya! Beberapa halaman emang masih ada yang kembar musiknya. Well, blon sempet milih2 karena keburu seneng. Blind can do this? AWESOME, EH!?".

09/30/2003 - 01:02 WIB: "KURANG AJAR! FITNAH LEBIH KEJAM DARIPADA FITNAH LAGI! Kutub Utara, gue mohon maaf... Ternyata bener kalo ada orang ketiga yang mengacaukan arus aura gue. Yang membuat gue kaget adalah dia itu cewe' yang pernah menghujat gue di KAFEGAUL. Entah siapa, gue nggak tau. Yang jelas otaknya licik dan nggak pernah suka kalo ada orang yang bersahabat atau dapet kesuksesan. Tega2nya dia membuat gue mikir kalo elo itu...well, you know it! Gue malah khawatir: Jangan2 ntar nih PHP bakal dihack lagi! Hehehe, dia nggak sepinter itu kan? Well, I'm sorry anyway... Eh, iya! Thanks buat komentarnya soal home page gue! I LOVE IT! I LOVE IT! I LOVE IT! Untuk tingkat amatir, gue ini udah cukup expert kan?".

09/29/2003 - 17:29 WIB: "I've got a NEW FRIEND! She lives in Houston. Well, thanks for your first rave!".

09/29/2003 - 06:54 WIB: "Informasi ini gue dapet dari Edwin. Katanya di Mall Taman Anggrek ada DVD Final Fantasy X2 yang dijual eksklusif. WOW! Orji lagi! Kalo gue punya duit 'n DVD Player, pasti udah gue beli! Oh ya, di www.shinsaga.com juga nawarin soundtracknya Final Fantasy X2 sebanyak tiga CD seharga 50 rebu. Duh, gue pengen banget beli, tapi uangnya udah abis buat bayar rekening telfon bulan ini. Anyone, ada yang mau beliin gue?".

09/28/2003 - 19:40 WIB: "Gia! Gue mau nanya soal si Kutub Utara! Heran nggak sih? Kita berdua tuh belum pernah ketemu, dan kekuatan auranya jauh di atas gue. Gue juga tau kalo dia itu orangnya cuek 'n semaunya - nggak peduli apakah dia itu kuat atau nggak, bisa menolong orang atau nggak, atau ada orang yang mau menyainginya atau nggak. Singkatnya dia itu melakukan apa yang dia mau. Tapi kenapa belakangan ini gue ngerasa (Lewat lu!), kalo si Kutub Utara ngerasa gusar: Seolah-olah gue ini rival yang bakal mengalahkan dia? Ini aneh kan? Dari segi mana2, jelas dia lebih unggul, tapi kenapa dia bersikap gitu? Kenapa dia harus ngerasa gitu setiap kali aura gue bentrok sama dia? Atau, apa ini cuma perasaan gue? Gi, tolong dicek, soalnya gue nggak mau ngerasa gak enak gara2 ini. Kalo memang dia mau membantu elo semua tanpa adanya campur tangan dari orang lain - mungkin gue harus mundur atau gimana lah gitu! Yang jelas, aura gue itu berbeda sama dia. Maaf, si Kutub Utara itu kan belajar banyak ilmu begituan, sedangkan gue - gedenya di Merpati Putih, dan kemampuan gue itu nggak ada hal2 magisnya, tepatnya ini mungkin tumbuh karena kekurangan di mata gue. Yah, moga2 aja ini hanya karena salah prediksi, soalnya gue ini kan lagi RABU2...ehe, ehe, ehe!".

09/28/2003 - 16:00 WIB: "Pacarku... Sore ini dia telfon lagi. Seperti halnya semalam, gue nggak bisa menahan rasa kangen dan rindu. If I could just find words more than: I Love You... White Mage... Apapun yang gue rasain... Bt, kesel, sedih, atau marah sekalipun... Semua itu langsung hilang, tepat ketika gue denger suaranya. Kalau gue punya salah meskipun sedikit, rasanya pengen banget minta maaf dan meringankan bebannya, tepat ketika dia telfon kesini. Jadi, alangkah sedihnya gue apabila gue nggak bisa membantu meringankan bebannya, seperti apa yang telah dia lakukan (tanpa sadar). Gue udah coba tanya: Apakah dia bener2 nggak ada masalah selain tugas skripsinya... Ya, gue harap itu bener. Gue harap memang nggak ada masalah lain kecuali itu - karena pikiran gue nggak akan tenang sebelum gue tau yang sebenernya. Iya, gue harus percaya padanya... White Mage... Hehehe, tapi gue sempet rada keki juga sih! Emang gue berencana mau ke kotanya (Nggak tau kapan), dan gue pengen banget bisa denger suaranya waktu lagi online dan request lagu KARIMA, tapi dianya nggak mau. Ah, tapi masak iya sih dia tega nggak siaran kalo gue udah pergi jauh2 kesana dan memintanya sendiri? Apa perlu gue memohon? Pacarku...I LOVE YOU!".

09/28/2003 - 15:12 WIB: "Buat temen2 yang udah nanya perihal gue, gue udah tulis beberapa artikel di bagian 'ARTIKEL HATI'. Wah, kalo gue jawab terus disini, lama2 atmosfer diary-nya bisa hilang donk! Oke, cek aja! Soalnya gue udah taruh beberapa artikel baru disana! Oh ya, sori karena entri 'DIARY ONLINE' gue pindah ke bawah. Ada cewe' males yang nggak mau browse home page gue secara keseluruhan, jadi kalo gue taruh di bawah, otomatis dia harus liat semua update gue, iya kan (Man, update home page yang Visual Handicap's hand-made itu susah lho!)?". 

09/28/2003 - 09:42 WIB: "Gue mau menjawab pertanyaan temen2 di SLB/A Lebak Bulus lagi nih! 1. Gimana caranya ngerubah tampilan Internet Explorer supaya bisa hitam seperti di rumah kak Rama? Jawab: Bisa! Coba buka Internet Explorer, terus aktifkan menu TOOLS, lalu pilih INTERNET OPTIONS. Selanjutnya cari tombol ACCESSIBILITY di bagian bawah, dan setelah masuk, cari bagian FORMATTING. Disana, beri tanda CHECK pada pilihan IGNORE COLORS SPECIFIED ON WEB PAGES. Nah, sekarang tampilan Internet Explorer sudah berubah ke mode 8-BIT (Warnanya minimal) dan tampilan ini baik untuk pengguna komputer yang tunanetra karena warnanya gampang dilihat. Selain itu, kecepatan loading internet jadi meningkat 20%. Kalau mau mengembalikan ke mode semula, lakukan lagi seperti di atas! 2. Saya mau kalau Internet dibuka, yang keluar tuh alamat home page saya. Bisa nggak kak Rama? Jawab: Bisa! Buka Internet Explorer, lalu aktifkan menu TOOLS dan pilih INTERNET OPTIONS. Disana, masukkan alamat home page yang mau diload otomatis setiap kali membuka internet di bagian ADDRESS. Misalnya, kalau di kolom ADDRESS kamu masukan http://www.yahoo.com, maka kalo kamu membuka internet, yang keluar adalah alamat itu. Oke! Semoga rekan2 bisa memakai trik ini. Oh ya, kalau rekan2 tunanetra meng-install JAWS, program itu akan merubah mode tampilan internet ke 8-BIT secara otomatis! Selamat mencoba!".

09/28/2003 - 11:29 WIB: "Gue baru bangun tidur. Tadi bobo setengah jam habis nonton anime Inuyasha. Aduuuh... Minta update artikel 'KARIMA - TO BE WITH YOU' lagi? Apanya yang harus diupdate lagi? Gue bener2 kehabisan bahan dan lagian ending ceritanya kan udah gue buat. Jadi gimana? Tapi, ya udah, gue udah tulis request elo di artikel itu. Letaknya di bagian sebelum ending cerita. Yah, sori kalo baru bisa update sekarang, karena bahannya emang baru ada sekarang. Oh ya, ngomong2 gue udah bisa rekam musik Nintendo ke format Audio-CD lho! Kasih judul apa ya?".

09/27/2003 - 18:20 WIB: "Wuaduh, gue pusing banget nih! Selain dapet tugas nulis tentang soundtrack Breath of Fire V, Yoko Shimomura dan Audio-Hacking dari Hot Game, gue juga harus nyari bahan tentang pengisi suara Yuna di FFX. Yang bikin gue pening bukannya kekurangan bahan, justru sebaliknya! Gue malah bingung memilah bahan yang seabrek disini - they are all in English and Japanese! What should I do? Tissi bilang kalo yang dibutuhin di saat2 seperti ini adalah konsentrasi. Tapi, belakangan ini gue ngerasa nggak enak. Biasa lah, perasaan gue selalu konek kalo Femmy ada masalah. Sore ini Ira telfon dari Bandung dan bilang kalo Femmy lagi stuck ama judul skripsi. Yeah, gue nggak heran lagi. Biasanya Femmy emang selalu begitu... She used to be here with lots of e-mails - tapi kalo tiba2 aja menghilang, kemungkinannya adalah nggak ada bahan untuk ditulis atau dia lagi ada masalah. Well, I can only say THANKS to all of you, yang udah bener2 care dan mau berusaha nauin kalo gue lagi sibuk. But, gue juga udah jelasin kan kalo kesibukan gue itu nggak ada sangkut pautnya ama urusan denger curhatan orang? Gue mungkin malah jadi nggak konsentrasi kalau seandainya temen gue bermasalah, tapi gue nggak tau apa masalahnya. So, anyone, kalo elo semua nggak keberatan (Termasuk Femmy), dengan menceritakan problem elo ke gue, mungkin elo bisa membantu gue untuk lebih konsentrasi. Man, please! THIS IS MY BIGGEST PROJECT, jadi gue harus tenang. Tenang bukan berarti nggak mau nolongin temen2 gue, tapi setidaknya gue bisa ngasih semangat dan berbagi kesulitan ama mereka...".

09/26/2003 - 12:42 WIB: "Tulisan kali ini adalah tentang Kuroki Hime (Sori, Gia! Gue samarin nama cewe' yang jadi pembahasan kita kali ini!). Kalo boleh gue kasih komentar, dia itu cewe' yang paling malang di seantero kontributor Animonster di Bandung. Hmmm, tapi jangan buru2 kasihan dulu! Itu justru terjadi karena dia sendiri yang membuat kemalangannya. Susah, susah banget jadi gadis penganut aliran realisme macem dia. Akibatnya dia jadi nggak percaya sama hal yang disebut KEMUNGKINAN. Nah, itu yang membuat dia jadi kaku dalam menghadapi semua masalah. Karena menurut dia apa yang terjadi adalah apa yang dia lihat, akibatnya kalo yang dilihatnya adalah kehancuran, ya dia bakal mikir kalo semuanya itu udah hancur. Gimana menurut kalian? Apakah orang bernafas bisa dilihat nafasnya? Apakah seorang alim bisa dilihat kebusukan hatinya? Atau, apakah bisa seekor kodok yang hijau dan kumel kaya' gue ini punya jiwa ksatria? Nah, gue saranin jangan tanya itu ke Kuroki Hime, karena dia mungkin bakal melempar elo keluar dari kenyataan hidupnya. Yang jelas, kasihanilah dia. Saat ini dia sedang berjuang, tapi tanpa adanya impian. Nah, tugas elo sekarang adalah memberinya sedikit pelajaran mengenai impian, salah satu bagian dari lingkaran kehidupan yang mungkin aja udah dia lupain... Selamat berjuang, Gia, Ira, Dita...!".

09/26/2003 - 10:02 WIB
: "Gue baru aja kutak katik FrontPage. Niatnya sih mau bikin update halaman depan home page gue ini (Dah liat blon?). Gue nggak mau dikalahin sama Femmy, Enda, atau siapapun yang pernah bikin home page sendiri. Maksudnya, gue nggak mau hanya berdiam diri kalo ada orang yang bisa update home pagenya. Yah, mungkin apa yang gue lakukan itu cuma hal kecil dan pantes dijadiin sebagai bahan ketawaan. Tapi satu hal yang perlu elo inget: Itu nggak akan bisa meruntuhkan kebanggaan gue yang telah berhasil membuat update dengan tangan gue sendiri. Nggak perlu nyontek home page orang, nggak perlu niru hasil karya orang lain yang jauh lebih bagus untuk mengangkat nama home page gue ... tapi cukup bermodalkan FrontPage dan source code HTML yang gue dapetin. Hehehe, mungkin elo ngerasa gue ini terlalu egois ya? Tahan dulu! Gue emang pengen banget ningkatin SDM dan peduli ama rasa bangga, tapi bukan berarti gue nggak mau belajar dari orang lain lho! Justru untuk meraih itu semua, gue butuh bantuan orang lain - tapi disini bukan memberi contekan yang bisa langsung gue suapin ke mulut gue, melainkan, HOW TO-nya yang gue perlu! Understand?".

09/25/2003 - 16:21 WIB: "Ada yang nanya: Kenapa elo nggak buat blog aja Ma? Jawab: Duh, maaf ya! Di jagat raya ini, kaya'nya udah banyak deh yang bikin 'n punya blog sendiri. Gue tau sih, mungkin lebih gampang buat elo yang dateng ke home page gue ini untuk berinteraksi, tapi sekali lagi maafin gue! Elo tau kan kalo gue ini nggak terlalu suka melakukan apa yang kebanyakan orang lakukan? Artinya, kaya'nya gue nggak bisa buat blognya deh. Lagian dengan kemampuan gue yang terbatas dan artikel yang ACAKADOET begini, blog gue pasti cuma jadi tag kacangan. Lagipula, elo kan masih bisa kirim e-mail dan semua pertanyaan elo udah gue jawab disini. Selain gue itu nggak terlalu sering menghandle Internet, gue juga menghormati privasi orang yang mengajukan pertanyaan ke gue. Yang penting kan bukan siapa yang nanya, tapi apa isi pertanyaan dan jawabannya, iya kan? Tapi kalo memang pengunjung bener2 butuh blog itu, nanti gue usahain deh. Sabar ya, biar gue belajar dulu... Tapi, kan elo bisa liat? Gue memadukan antara website, download resource dan blog di halaman depan home page ini? So... Sekali lagi thanks buat perhatiannya...".

09/25/2003 - 14:55 WIB: "Mbak Irma, thanks a lot for the new job! Iya, saya pasti kerjain dan langsung dikirim tepat waktu! I'll do my best for Hot Game! Hyia!".

09/22/2003 - 23:19 WIB: "Mamaaaa!!!!!!! Kepala gue rasanya mau pecah! Seharian ini gue bekutet ama program audio-hacking buatan guru gue, Neill Corlett. Tapi, gpp, karena gue ngerjain itu dengan senang hati. Ternyata ada banyak juga orang yang mau kangen2an ama musik dari Nintendo. Tapi, kemana lagi bisa nyari eks-raja konsol game itu? Benda itu mungkin udah dianggap kecil dan dilupain ama para gamer yang terlanjur seneng ama konsol besar macem PS, PS2, X-Box, GameCube dll. Makanya: Gue salut 'n semangat waktu ada request yang minta dikirimin lagu2 Nintendo. The problem is: Gue kembali minta bantuan Neill Corlett dan akhirnya kita kerja bareng sebulan penuh ini. Guess what? Kalo bisa muntah, kalo bisa jedotin pala ke tembok ampe berkeping-keping, pasti udah gue lakuin dari sekarang. Gimana nggak!? Bayangin aja! Untuk musik yang bunyinya TAT-TIT-TUT itu, gue harus berhadapan sama ribuan kode hexadesimal yang bikin gue mumet! Blon lagi dengerin instruksi Corlett yang cyber-minded itu! Pindah sana, pindah sini, copy sana, paste sini, AAWW!! Alhamdulillah! Gue ama Corlett itu termasuk orang yang punya pendapat sama: Great things begins from small action. Gue tau, di jaman kaya' begini pasti kerjaan kita bedua bakal diketawain dan dianggap nggak ada gunanya. Tapi, kita tetep nggak peduli. It's our hobby, and more importantly, nggak ada sesuatu yang besar sebelum melewati fase kecil, iya nggak? Okay, buat yang udah request, nggak usah ikut2an pusing, karena kerjaan kita udah kelar kok! Kalo kalian mau download dan nyobain, itu udah jadi penghargaan yang cukup buat kita bedua - yah, biarpun musiknya TAT-TIT-TUT begitu, tapi ngerjainnya udah bikin nafas Senin-Kamis tuh! 09/22/2003 - 09:26 WIB: "Hari ini gue baru aja nyelesein lagu SWEET FEMMY II. Menanggapi kritik Femmy yang minta dibikinin lagu yang rada upbeat, akhirnya lagu ini selesai juga. Duh, susah banget bikin lagu gaya MTV, yang keluar malah amburadul. Akhirnya gue mencontek gaya musik kang Motoi Sakuraba, si jago bikin lagu beat.".

09/22/2003 - 00:09 WIB: "Shigoto! Shigoto! Shigoto! (Work Work Work)!".

09/21/2003 - 21:02 WIB: "Hari ini, ibu angkat gue ulang tahun. Hampir aja gue lupa! Untung gue lagi buka2 catatan saku, dan nemuin kalo hari ini hari ulang tahunnya! Well, happy birthday, Mom!".

09/21/2003 - 08:32 WIB: "What did I really find from those redundant abandoned software discs!? THE PIANIST! Hari ini gue lagi bongkar2 kumpulan software lama, niatnya mau nyeleksi dan buang2in CD yang nggak kepake biar nggak menuh2in tempat. Waktu gue lagi cek software multimedia, gue nemuin program yang bagus buat pecinta musik klasik, khususnya penggemar piano. The Pianist, sebuah software yang menyajikan koleksi musik klasik piano dalam format MIDI. Programnya keren banget! Disamping databasenya yang lengkap, ada juga informasi lagu yang lagi didenger, plus virtualisasi penjarian piano yang memungkinkan kita untuk tau gimana caranya lagu2 itu dimainin! AWESOME! Untung CD-nya nggak jadi gue buang! Karya piano klasik yang paling gue suka? Wah, banyak juga! Gue suka semua karyanya Chopin, Schubbert, Lizst, dan Debussy. Kalo yang paling gue suka tuh Moonlight Sonata dan Fuer Elise-nya Beethoven!".

09/21/2003 - 05:29 WIB: "Amboi! Seumur hidup gue nggak pernah ngerasa sebahagia, sekangen dan serindu ini...".

09/20/2003 - 14:00 WIB: "Yo, THX pren! THX THX THX karena udeh buat line telfon gue sibuk! Iya, iya, MAAF! Gue nongol di Lativi tapi nggak bilang2! Ey, lagian gue kan udah pasang pengumuman disini? Lagian itu juga cuma acara biasa buat orang biasa kok! Apa sih kerennya gue disana? Kalo elo mau tau, castingnya itu ribet banget! Habis diwawancara, gue harus acting jalan pake tongkat, naik 'n turun tangga, ngoperasiin PC 'n nunjukin gimana cara gue belajar di kelas. Capek banget! Tapi, THX lagi karena udah ngasih support ke gue! Yeah! Gue nggak akan pernah menyerah!".

09/20/2003 - 13:29 WIB: "Wah, jadi pada suka buka weblognya Femmy nih? Apa gara2 skinnya lebih keren? Hehe, gpp seeh! Iya, ini komentar buat pertanyaan yang udah masuk siang ini. 1. Tanya: Rama buat sendiri home page ini? Jawab: Yup! Awalnya gue diajarin bahasa pemrograman 'n HTML dari Slamet Riyanto, terus belajar ilmu perhekingan dari Neill Corlett. Memang sih ada rencana mau ningkatin kualitas home page ini dengan membuat perubahan disana-sini. Tapi tunggu sebentar! Gue ini suka yang lain daripada yang lain! Contoh, kalo ada orang yang download skin dari situs A, gue nggak mungkin ambil dari sana. Kalo ada yang buka e-mail di situs B, gue juga nggak mau nyama2in disana. Kalo ada yang buat musik gaya ABC, gue harus bisa yang XYZ. Kalo ada yang kasih salam -Love,-, Rama harus -Love+,-, gitu! Intinya, ntar gue cari dulu source code yang jarang dipunya orang! 2. Tanya: Jadi sekarang Rama udah punya pacar? Siapa? Jawab: Ng *jadi merah* YA. Tapi untuk menyebutkan siapa namanya, gue harus minta ijin dulu sama yang bersangkutan. Perasaan gue? Gue bahagia, dan gue bangga punya pacar seperti dia... 3. Jadi kapan makan2nya? Jawab: Tar ya! Tunggu honor gue dibayar Mbak Irma! 4. Wah, kalo elo itu songwriter, berarti sering nonton MTV dan cari inspirasi disana donk! Jawab: Aduuuuuuuuhhhhhhhh, gue maluuuuuuuuuuuuuu.........! Terus terang aja ya! Gue ini BLOON banget soal perkembangan terkini yang aktual. maksudnya, gue sering harus cast on MUTE spell kalo ada yang lagi ngobrol tentang MTV, Latest Movies dll itu. Gue nggak malu bilang kalo pengetahuan gue soal itu tuh minim banget. Gue cuma nonton TV kalo ada anime, atau berita doang. Selebihnya, gue dominan di depan PC dan lebih banyak menyelam di lautan musik game 'n klasik. Tuh, jadi gue kadang suka minder kalo ditanya soal aptudeit gitu. Kita ambil contoh Femmy aja! Elo yang udah pernah liat obrolan Femmy 'n fansnya pasti tau kalo dia itu anak gaul. Gue? Wah, kaya'nya gue bakal cast on MUTE+ lagi tuh. Gue nih BLOON! Yang gue tau cuma apa yang elo liat di home page ini aja! Kalau inspirasi bikin lagu, gue terpengaruh ama trio game-composer yang jadi favorit gue, yaitu Nobuo Uematsu, Yasunori Mitsuda dan Motoi Sakuraba. Tuh kan, lagi2 omongan gue nggak lazim! MAAPIN AYE YACH! 5. Tanya: Kapan kamu menyerah? Jawab: Kalau gue mati...".

09/20/2003 - 07:42 WIB: "Ada yang nanya: Kenapa gue suka banget game Valkyrie Profile? Jawab: 1. Gamenya unik dan mengasyikkan - beda ama RPG laen. 2. Gue suka karakter Valkyrie - cerminan dari heroine idaman gue. 3. Gue mainin versi US-nya, dan gue seneng banget niruin teriakan/dialog karakternya, terutama jurus2 pamungkas mereka (Finishing Strike). 4. Valkyrie Profile itu plotnya njelimet, dan gue suka banget sama penyajian alur ceritanya. Ya udah, gitu aja komentar gue!".

09/19/2003 - 02:00 WIB: "Siapa bilang malem Jum'at itu selalu identik dengan hal2 mistis yang menakutkan? Itu justru jadi malam yang paling membahagiakan buat gue, dan mungkin juga peristiwa paling membahagiakan tahun ini. Maaf, gue nggak bisa cerita disini, karena itu sifatnya terlalu pribadi. I just want to say my ultimate thanks to you, My Selan...".

09/18/2003 - 09:21 WIB: "Ini adalah jawaban untuk pertanyan rekan2 tunanetra di Lebak Bulus yang nanya gimana gue bikin home page ini. Pertama-tama, gue kerjain semuanya pakai Microsoft FrontPage. Sayangnya, JAWS nggak bisa menangani FrontPage, jadi buat temen2 yang mau nyoba, bisa pakai Word. Kedua, bikin account di www.netfirms.com. Selanjutnya, kita harus punya program FTP (File Transfer Protocol) seperti CuteFTP, WS-FTP atau BulletProof FTP dan FTP Voyager. Gue sendiri pakai CuteFTP karena lebih sederhana dan mudah penggunaannya. JAWS juga kompatibel buat CuteFTP, tapi sayangnya pemakai PC tunanetra kan nggak bisa drag 'n drop. Nanti gue pikirin gimana caranya. Nah, itu penjelasan secara garis besar aja. Kalau ada pertanyaan, silahkan telfon gue di (021) 8470858. Dengan senang hati gue akan bantu, dan kalau home pagenya udah jadi, pasti linknya ditaruh disini!".

09/17/2003 - 18:10 WIB: "Gue turun tepat di depan tukang nasi uduk di sebelah rumah Gin. So, this is my first time to meet Femmy's mother. Gue coba untuk biasa aja, nahan segala kemungkinan yang bakal terjadi. Akhirnya, gue berhadapan langsung dengan Mama Femmy ... and it was when I kissed her hands... Gue juga ketemu langsung sama adiknya mama Femmy yang waktu itu lagi sibuk membereskan barang2 belanjaan. Guess what? Kaya'nya gue salah terka (gue harap begitu). Mama Femmy bener2 ramah dan dalam setiap perbincangannya dengan gue, beliau selalu memberi dukungan moril 'n support bahwa gue harus tetap berjuang dan percaya sama kekuasaan Allah. Beliau juga mengaku kalau Femmy udah banyak cerita tentang gue (Hey, what did you tell her, froggy!?). Gue yang saat itu tampil asli, no-ja'im dan pure abis itu cuma bisa nahan malu. Sebuah kalimat yang keluar dari Mama Femmy, yang bener2 membuat gue tersentuh adalah -Tante juga menganggap Rama seperti anak Tante sendiri. Nanti kalau Gin nikah, Rama dateng ya?-. Gue? GUE? Rasanya gue nggak percaya! Padahal gue dateng menghadap itu nggak rapi, ngak pake ja'im dan pure abis! NOTE: Ini sekaligus garis bawah buat temen2 yang salah menilai gue - jadi semua udah tau kalo gue itu ya gue, dan gue lebih suka tampil apa adanya. Yeah, gue rasa gue nggak perlu jadi orang lain untuk duduk di depan Mama Femmy. Setelah ngobrol ABCDE sama Mama (Will I call her like that someday?), Gin, dan juga Om Femmy yang kebetulan lagi bertamu, gue pamit pulang tepat jam delapan malem. Waktu di ANGKOT, nggak ada suara yang berngiang di kuping selain ONE MOMENT IN TIME-nya Whitney Houston. Setelah sampai di rumah dan nyerahin oleh2 ke Ibu, gue langsung shalat isya dan ... ini isi do'a gue: Ya Allah, terima kasih atas segala yang kau berikan hari ini. Aku tidak berharap apapun, tapi seandainya malam ini adalah awal dari perjuanganku ... tolong bantu aku untuk bisa melewatinya. Bantu aku untuk bisa meyakinkan keluarga Femmy bahwa aku tak akan pernah berhenti berjuang. Ya Allah, Rama sayang Femmy...-. NOT YET, MY FRIENDS! Ini baru awal dari perjuangan gue. Meskipun kelihatannya gue diterima dengan baik oleh Mama Femmy, dan juga Gin yang bilang kalau semuanya itu terserah pada Femmy, gue masih inget pesen guru Merpati Putih gue, Pak Eddy. Tetap pada posisi siaga meskipun kamu baru saja menyarangkan pukulan telak. Tetap pada posisi waspada dalam melakukan step jurus. Jangan mudah tertipu oleh penampakan lahir, tapi gunakan mata hati untuk melihat penampakan batin. Intinya, gue nggak boleh terlena sama sesuatu yang kelihatanya manis. Itu adalah sebuah impian, dan gue nggak boleh terus2an bermimpi. Gue harus bisa mewujudkannya! It means, FIGHT, RAMA! FIGHT! Nah, sekarang gue jadi mengerti kenapa Femmy susah banget ngasih komen buat tulisan2 gue. Itu pasti karena dia terkesan akan kesungguhan gue *jumawa nih* dan menitikkan air mata. Nah, kalau memang sekarang dia lagi baca artikel ini, kaya'nya gue bakal bikin banjir lokal lagi nih. -Femmy, kamu nggak perlu berbuat apa2. Yang penting, segera selesaikan S1-nya karena Mama Femmy bilang kalau Femmy harus S2 di Jakarta. Yang harus Femmy lakukan hanyalah WAIT AND SEE. Masih panjang...perjuangan Rama untuk mandapatkan YES answer. Masih ada abang Femmy, pacar Gin, Papa Femmy 'n+++ yang harus diyakinkan hatinya. Untuk itu, Rama akan bersungguh-sungguh dan terus berjuang. Memang, ujung dari perjuangan ini adalah keputusan dari Femmy, dan untuk hal itu, Rama serahkan semuanya kepada ALLAH. Nah, segera setelah kita sama2 berjuang untuk S2 di Jakarta, and we will be together. Oh ya, kalau waktu itu JAWS yang ngomong, kali ini gue mau ngomong sekali lagi ke Femmy. Maukah Femmy jadi pacar Rama. Fem, kalo mau nangis, nangis aja sekarang......".   

09/16/2003 - 09:11 WIB    : "Hacker KAMPRET! Siapa sih yang udah tega ngacak2 home page gue!? Udah tau pemasukan gue lagi cekak! Yang namanya update lewat FTP itu kan lama bwuanget dan makan banyak ongkos! KAMPRET! PS: Ngomong2 kapan ya lagu, artikel atau witty remark gue dimuat di weblognya Femmy? Ah, jadi males nulis tentang dia nich! Kalo gue udah liat tulisan tentang gue di weblognya, baru deh gue nulis lagi. Oh ya, good bye to this month's update... *hiks*".

09/16/2003 - 08:24 WIB: "Artikel gue tentang Yasunori Mitsuda dan Situs Penyedia Download Musik Gratis udah masuk percetakan. Tunggu aja di Hot Game 101, Kamis: 18 September 2003! Selamat membaca!".

09/16/2003 - 07:29 WIB: "Hari ini, kabarnya kru Lativi mau buat casting untuk gue lagi. Kali ini buat acara Almamater yang topiknya AKSESIBILITAS PENYANDANG CACAT DALAM DUNIA KULIAH. Wow, Yana temen gue yang kerja disitu bilang kalo nanti gue mau diambil gambarnya waktu lagi kuliah, nyegat ANGKOT, naik kereta, dan bahkan ngoperasiin YAYANG gue ini! Cool, eh? Jadi artis lagi nich!".

09/16/2003 - 04:19 WIB: "Hah!? Jadi di antara elo ada yang udah buka weblog Femmy dan baca artikel terakhirnya? Hmmm, maaf kalo gue nggak bisa kasih komentar terlalu banyak mengenai itu. Intinya, gue tau kalau itu pasti berat banget buat Femmy, maksudnya untuk ngambil keputusan di tengah keadaan yang sulit. Gue sendiri berpikir: Kemungkinan gue diterima adalah 1%. Faktor2nya adalah kota kita yang berjauhan, dan Femmy bilang dia nggak suka pacaran jarak jauh. Selain itu, gue juga ngerasa nggak PD dengan keadaan gue yang serba minim seperti ini. Lagian, kata2 semacem -I hate to say that I love him but to love him as my best friend is better- atau semacamnya itu udah sering banget gue temuin, dan pasti akhirannya adalah NO answer. Yeah, sepreman-premannya Femmy, dia itu tetep cewe', dan elo tau sendiri otak cewe' tuh sama dengan LABIRIN. Susah! Hal satu2nya yang bisa gue lakukan hanyalah terus bersabar dan memberinya waktu untuk berpikir. Entah sampai kapan, gue nggak tau, atau mungkin dia nggak akan pernah inget dan membiarkan keadaan seperti ini. Jujur, gue akui kalau seandainya hari itu dateng, dimana dia memberikan NO answer, it will surely become my darkest day. Tapi gue pribadi nggak bisa berbuat apa2, karena sekarang Femmy yang pegang kendali. The only thing I can do now is to wait and be her best friend (I hate to say BEST FRIEND), dan lagipula kalau gue terburu-buru nanti Femmy malah tertekan dan jawaban yang keluar malah NO answer lagi. Atau kalau memungkinkan, gue punya sebuah impian ... dan kalau memang impian gue itu bisa jadi requirement untuk YES answernya, dengan segala cara bakal gue lakuin. Gue berniat untuk pergi sendiri ke Palembang dan memberikan pertanyaan itu sekali lagi, langsung di hadapan Femmy. Impian lain? Gue mau Femmy cemburu dan marah kalau gue bilang -I will go with someone to celebrate Saturday night!-. OK deh pren! Kira2 gitu jawaban dari gue.".

 09/15/2003 - DAYLIGHT: "Apa liat2!? IYA, INI BENER2 GUE! Nggak percaya kalo gue ngamen!? Phew, gue nggak punya alternatif lain! Gue harus putar otak dan banting setir untuk tetap bisa terkoneksi ke Internet dan nggak kehilangan pekerjaan gue. Furthermore, impian2 gue itu udah gue bangun dengan susah payah dan gue nggak mau semuanya hilang begitu saja. Gue jadi tambah bersemangat waktu tau kalau album "NYANYIAN JIWA" yang pernah gue tulis diterima oleh Sanggar Cerita, meskipun tracknya dipangkas jadi 10. Yeah, lumayan juga! Empat kali naik turun metro Mini bisa dapet sepuluh rebu! Akhirnya gue pulang, dan ... hukhukhuk! Gue ... kena flu... *GABRUK*".

09/15/2003 - 06:52 WIB: "Para pengunjung, gue mohon maaf. Mungkin gue nggak bisa sering2 update halaman home page ini dikarenakan satu dan lain hal (Gue cuma ceritain ini ke seseorang yang paling gue percaya. Dia itu White Mage gue.). Do'ain juga ya! Mulai sekarang gue juga harus cari uang untuk tambahan uang saku kuliah gue. So, I don't want to say GOOD BYE, but, TILL WE MEET AGAIN!".

09/12/2003 - 21:07 WIB: "White Mage just called me. Kalo mau digambarin, emosi gue itu kaya' tabung termometer. Dari warna merah, turun terus ke hijau. HEBAT! HEBAT! Entah apa yang diberikan Allah sama gadis yang satu ini, tapi setiap kali gue telfon dan ngomong, se-bt apapun gue, pasti langsung sembuh. Wah, kalo emang ada proyek pembuatan RPG, gue pasti masukin dia jadi White Mage! Bedanya ama White Mage di game, dia bisa nyembuhin perasaan gue tanpa perlu casting Cure, Heal, Antidote, Esuna atau mantera2 putih lainnya. Cukup denger suaranya, dan gue pasti langsung reda. Awesome - ALLAH - who creates a great girl like her! AMEN!".

09/12/2003 - 20:04 WIB: "Gue nggak nyangka kalau di saat2 bt dan pengen ngamuk seperti ini, engine Google ngasih gue informasi tentang MIDI Valkyrie Profile, game yang musik2 battlenya paling gue suka! Denger aja lagu FIGHTING THE SHADOWY GODS, backsound battle yang paling gue suka. Ada juga lagu CONFIDENCE IN THE DOMINATION, lagu waktu kita ngelawan boss dan Valkyrie teriak: COME TO ME DARK WARRIORS, BATTLE AWAITS US! Dua lagu itu kaya'nya pas banget kalo gue dengerin sekarang, karena sekarang emosi gue lagi di titik tertinggi, pengen teriak, ngamuk, marah! HAAH! Gue udah taruh MIDI yang gue dapet di menu MIDI Collection. Cek aja! Sayangnya, koleksi yang gue dapet blon komplit. Tapi, gpp deh! Gak dapet OST-nya, MIDI pun jadi! Udah ya, gue mau NGAMUK DULU, ngilangin bt yang mengganggu gue! COME TO ME DARK WARRIORS, BATTLE AWAITS US!". 

09/12/2003 - 18:10 WIB: "Aaarrrggghhh!!!! BASTARD!!! Kenapa saat ini semua orang di sekeliling gue jadi amat MENYEBALKAN!? Belum lagi urusan gue kelar, orang laen udah bikin ulah. Sori, Mbak, mas Rama udah mecahin satu gelas. Keadaan jadi makin ngeselin waktu gue cek inbox. Nggak ada perubahan, dan gue tau sebabnya. HAH! Mungkin lebih baik kalo gue nggak buka2 inbox itu lagi. BASTARD! BASTARD! BASTARD! Dunia ini kaya'nya seneng banget bikin gue menderita! KAPAN SELESAINYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!??????????????????????????????".

09/12/2003 - 16:46 WIB: "Duh, baru aja pulang dari kampus, request di e-mail udah banyak bwuanget! Buat temen2 yang request MIDI Xenosaga dan Chrono Cross, SABAR YA! I am still working on it! Jangan khawatir! Gue udah buat sedikit perubahan di menu MIDI Collection dan nambahin beberapa medley. Cek aja! Semoga itu bisa jadi pengobat penantian elo. Sabar ya! Insya Allah gue pasti taruh MIDI-nya secepet mungkin!".

09/12/2003 - 16:32 WIB: "Suhu, THX...THX...THX. Sebagai guru besar Rama, bapak terlalu besar untuk mengurusi urusan Rama yang hanya sepele ini. Ya pak, Rama bener2 sayang dia. Rama begitu kaget waktu terima kabarnya pagi tadi. Rama cuma ngerasa takut banget kehilangan dia. Terima kasih atas dorongan moral yang bapak berikan untuk saya, untuk murid bapak yang satu ini. Yah, mungkin dengan memberinya waktu untuk berpikir bisa menjadikan segalanya lebih baik. Ya, seharusnya saya bersyukur karena Allah telah mempertemukan saya dengan gadis sebaik dia. Maafkan saya, pak. Wahita sudah memberitahu saya untuk tidak menyerah, tapi saya juga butuh waktu untuk pulih dari keterkejutan ini. Semoga saya bisa mengusir semua ketakutan dan trauma yang selama ini menghantui saya. Sekali lagi Rama ucapin terima kasih, suhu.".

09/12/2003 - DAYLIGHT: "Keadaan fisik 'n mental gue masih lemes banget waktu berangkat ke kampus. Tadinya gue mau terus ke stasiun Kampung Bandan buat menyendiri, tapi baru inget kalo temen gue ada yang janji mau curhat. Besides, Tissi needs me to handle her stand. So, this is sure a swordsman's job! Ya udah, akhirnya gue pergi juga ke kampus. Gue berusaha sekeras mungkin nyembunyiin kesedihan gue, karena siang ini gue harus dengerin curhatan orang dan nyelesein masalahnya. Alhamdulillah, masalah si Paramita kelar dan ... THX! Setelah itu gue menghendel stand gamenya Tissi. Tapi, mungkin karena gue terlalu parah sedihnya, ada juga yang ngeliat itu di muka gue. Yah, itu Anita. Akhirnya gue ngaku dan bilang ... GUE SEDIH. Tapi, karena gue emang nggak pernah curhat sama siapapun, jadi gue nggak ceritain penyebab kesedihannya. Habis emang gue nggak biasa curhat, tapi denger curhatan orang, hihihi! Setelah job gue sebagai swordsman kelar, kaya'nya kesedihan gue nggak ketahan lagi. Akhirnya gue putusin untuk JEBRAT JEBRET di Ragnarok Online. CIHUI! Saking serunya, gue ampe lupa waktu dan kesedihan gue sementara! Tokoh KNIGHT yang gue mainin akhirnya naik sampai level 75. Setelah itu, gue pergi ke rumah ortu angkat gue. I am used to calling her Mom. Ibu Lani, beliau yang tinggal di daerah deket kampus gue itu tampak sehat. Senengnya bisa dateng lagi ke rumahnya yang sepi nan tenang itu. Wah, rasanya seneng juga bisa speakin' English lagi sama beliau, 'n main2 sama Chiko, si anjing pudelnya. Setelah saling tukar cerita, akhirnya gue pamit dan balik jam setengah lima sore.".

09/12/2003 - 10:31 WIB: FATE OF THE KNIGHT

Wahita: "Hei, BANGUN BODOH! Apa selamanya kamu akan menangis seperti itu? memalukan! Apa ini yang disebut Rama Himura, the legendary swordsman?". Rama: "...". Wahita: "Kamu bener2 KETERLALUAN! Kamu bilang Femmy itu lemah, dan kamu sok pahlawan mau menolong dia...sementara kamu sendiri? Kamu nggak lebih dari seorang pembohong besar! Kamu egois! Kamu selalu memikirkan orang lain, tapi diri sendiri kamu abaikan! KETERLALUAN!". Rama: "...". Wahita: "Dan sekarang APA? Apa yang kamu mau perbuat? Femmy jadi sedih gara2 kamu! Gara2 kamu yang lemah dan nggak berdaya itu! Aku yakin, para Swordsman di RPG itu juga kecewa kalau tau kamu begini.". Rama: "Terus, gue harus gimana, Ta?". Wahita: "Wake up, MAN! Kalau kamu emang RPG player sejati, dan kamu bener2 mengidolakan tokoh swordsman/knight dan ingin jadi seperti mereka, JANGAN MENYERAH HANYA KARENA MASALAH INI! Inget kan tokoh2 swordsman di RPG2 terkenal? Para knights dari FF, Link-nya Zelda, Dai-nya Dragon Quest, dan bahkan Maxim-nya Lufia? Mereka semua itu kuat Ma! Tapi, itu mereka peroleh setelah menjalani takdir mereka sebagai swordsman! Swordsman itu tugasnya melindungi dan menolong orang lain, jadi dia harus siap terluka bahkan terbunuh di pertarungan. Biarpun gitu, swordsman itu nggak pernah mengeluh, dan mereka baru menolong orang lain setelah berhasil menolong diri mereka sendiri, menolong diri mereka untuk jadi KUAT, sampai bisa jadi penolong buat orang lain. Kamu juga gitu Ma! Kamu bisa jadi seperti mereka! Sayangnya, jiwa kamu masih kurang kuat. Kalau memang kamu mau menolong Femmy untuk jadi kuat, kamu sendiri harus tolong diri kamu dan jadi kuat, baru menolongnya.". Rama: "Jadi, aku harus...". Wahita: "Ya! Seperti biasa! Kamu pernah buat lagu2 remix dari berbagai RPG, tema lagu para swordsman itu kan? Dengerin RPG Legendary Swordsman Remix  itu sekarang! Seperti biasa, berdiri dan tutup mata kamu. Bayangkan bahwa di sekelilingmu ada cahaya...cahaya yang bersumber dari jiwa para knight dan swordsman RPG yang ngasih kamu kekuatan untuk terus berjuang dan nggak pernah menyerah! Angkat Aurora tinggi2 dan lafalkan: AKU TAK AKAN PERNAH MENYERAH! AYO, MA! Aku mau liat kamu jadi swordsman! Itu cita2 kamu yang mustahil karena di jaman sekarang nggak mungkin lagi ada, tapi paling nggak, kamu bisa mewujudkannya di jiwa kamu! Cepet jadi swordsman, lalu kamu tebus kesalahan yang udah kamu perbuat sama Femmy. Kamu mungkin takut kalau suatu hari nanti Femmy menerima cowo' lain dengan gampangnya, tanpa berjuang seperti kamu. Oleh karena itu, TUNJUKIN SAMA FEMMY kalau kamu itu satu2nya orang yang pantes jadi pacarnya, dan bukan orang lain. Kalau begini aja kamu udah nyerah, dia pasti juga nggak suka, dan waktu suatu hari nanti dia ketemu cowo' yang lebih kuat, dia pasti ninggalin kamu dan kamu bakal gigit jari! Nggak mau kan? Kalau kamu nggak mau dia menyerah, kamu sendiri jangan menyerah!". Rama: "Jadi swordsman? Impian gue? Femmy?". Wahita: "Yea! BERJUANG, MA! Maafin aku karena tadi udah nyela2, karena aku nggak mau kamu jadi lemah, dan impian kamu itu hancur. Beri Femmy kesempatan untuk mencobanya, dan untuk menjadikannya kuat, kamu harus ada disana dan juga JADI KUAT!". Rama: "UN...!". Wahita: "Gitu dong! Sekarang hapus air matamu, dan AKU MAU DENGER TERIAKAN KAMU YANG BIASANYA. Ayo, Rama Himura! C'mon, SWORDSMAN! FIGHT! FIGHT!". Rama: "AKU TAK AKAN PERNAH MENYERAH!!!!!!!!!!!!".

09/12/2003 - 07:13 WIB: "Lagu THE DAY WILL COME dari Final Fantasy V jadi backsound waktu gue nulis diary ini. Lagu itu sering muncul di gamenya setiap kali ada tokoh yang mati. Diary, pagi ini gue bener2 nggak tau apakah gue sedih atau nggak. Yang jelas, peristiwa masa lalu gue kembali terulang, segera setelah gue baca isi weblognya. Gue tau sebelumnya kalau kejadian ini kemungkinannya 99,8%. Gue juga tau itu semua MUSTAHIL. Mustahil untuk bisa memintanya jadi pasangan gue. Itu kenapa selama ini gue selalu ngak ngomong tentang perasaan gue ini. Namun, waktu Wahita minta gue untuk mencobanya, gue nggak bisa apa2 kecuali mencobanya. Dan hasilnya........... Gue nggak sanggup lagi nahan air mata gue. Semangat yang tadinya gue kumpulin dalam hati bener2 kaya' hancur pagi ini. KENAPA SEMUA ORANG BEGITU TEGA MEMPERLAKUKAN GUE SEPERTI INI!!!??? KENAPA!!!!!!! KENAPA SEMUA ORANG!!!!???? APA SALAH GUE!!!!!!!!!!!!!! Gue bener2 benci sama alasan klise yang dipakai untuk nggak jadi pacar gue. Alasan tempat, persaudaraan, dan kawan2nya itu! Tapi, gue kembali inget sama janji gue untuk nggak meminta apapun darinya, untuk nggak menyusahkan dia, untuk nggak membebani dia. Gue nggak bisa membencinya...gue nggak bisa... Dia udah terlalu baik sama gue, dan gue belum bisa membalas kebaikanya. Dia udah terlalu deket sama keluarga gue, dan apa jadinya kalau keluarga gue tau hal ini? Nggak...nggak... Kalau gue menuruti kata hati gue, gue akan menghancurkan kebahagiaan banyak orang. Selain itu, nggak mungkin untuk memaksa hati seseorang. Yeah, mungkin kali ini gue harus kembali mengalah untuk kebahagiaan orang lain. Gue nggak mau dituduh jadi orang egois. Gue nggak mau.. . Mungkin lebih baik kalau mulai sekarang gue melupakan perasaan gue sama dia pelan2. Mungkin akan lebih baik kalau gue menjalankan rencana gue yang waktu itu gue buat setelah kehilangan Mia (Stop dealing with ladies). Yah...gue harus bisa bersikap senormal mungkin di depan Femy. Gue harus bisa selalu tersenyum dan jadi saudaranya yang terbaik, ITU KAN YANG DIA MAU!!!!??? Gue udah nggak peduli lagi apakah gue ini pantes bahagia atau nggak. GUE UDAH NGGAK PEDULI! Gue bener2 merasa keadilan itu nggak ada... KENAPA!? Satu2nya jalan hanyalah dengan berusaha memberikan keadilan itu sama orang lain. Ya Allah, cuma engkau dan diary ini yang tau betapa hancurnya perasaan Rama pagi ini. Tapi paling nggak, Femmy udah pernah ngerasain gimana punya pacar Rama, karena selama ini Rama memang bersikap sebagai pacarnya. mengenai dia, Rama tau kalau itu mustahil. Mustahil untuk bisa menjadi pacar orang sebaik dia. Tempat kita jauh, dan, dia nggak lebih menyukai Rama hanya sebagai saudaranya. Nggak lebih dari itu, dan Rama nggak mau lagi berharap lebih dari itu. Biarlah cuma Rama yang ngerasa kehilangan... Beri Rama kekuatan untuk bisa tetap tersenyum dan ceria di hadapan Femmy, ya Allah. Ini demi Femmy, keluarga Rama, semuanya... Biar Rama yang merasa kehilangan, dan Rama nggak mau dia ngerasain itu juga. Satu2nya jalan hanyalah membohongi diri Rama sendiri... meskipun demikian, Rama masih tetap punya impian walaupun sekarang cuma 0,1%. Impian yang sama dengan judul lagu yang Rama denger sekarang...". NOTE: Klik judul lagu di atas kalau mau mendengarkan lagu yang sekarang Rama denger...

09/11/2003 - 10:45 WIB: "Aw! Capek banget! Gue baru aja rapi2 home page ini. maklum aja. Sebelum dimuat Hot Game, tampilannya harus rapi. Nggak bermaksud mau petantang-petenteng di dunia web kok! Gue kan udah bilang! Meskipun tutorial HTML dan FrontPage tuh sejublek disini, tapi gue tetep mau mempertahankan citra sederhana dari home page gue. Ini kan cuma buat text-lover, iya nggak?".

09/11/2003: "This is my another busy day! hari ini ada acara Festival Kebudayaan di kampus. It means, the leader has to be there! Aaahhh! Kerja lagi! Gpp! Ini dia saatnya gue nampang di depan anak2 baru 2003. NO! NO! NO! I don't mean to look for beautiful girls or else! Gue cuma mau cari temen baru! Yah, paling nggak bisa dipanggil KAKAK, gitu! Well, acaranya pasti seru! Soalnya, temen2 dari fakultas sastra Inggris, Jepang dan Cina bakal unjuk kebolehan selama dua hari. OK, gue cabut dulu! LET'S ROCK!".

09/10/2003 - 22:02 WIB: "Nita, maafin gue. Please, maafin gue. I don't mean to say this. Rama udah bilang kan kalau sekarang ini Rama udah punya tambatan hati? Rama percaya kamu bersungguh-sungguh, but I just don't want to betray her. Maafin gue, please! Kita udah sohiban sejak lama, iya kan? Thx karena udah mau ngerti keadaan gue. Elo tau kan, posisi Rama sekarang ini menggantung. I just cannot say having a girlfriend or not. Gue pengen banget bisa bilang: YES, I HAVE, tapi takutnya pihak sana nggak menganggap begitu. Thx juga karena mau menerima keputusan gue dengan sportif. Nita, elo emang bener2 gadis tulen dan sahabat sejati. Gue selalu berdo'a, kalau suatu hari nanti elo pasti nemuin cowo' yang jauh lebih baik dan hebat ketimbang sahabat elo ini. Gue tau elo mengerti, tapi, please maafin gue ya... It's because ... I LOVE HER SO MUCH...".

09/10/2003 - 21:22 WIB: "Hari ini di kompleks gue banyak polisi. Rumah temen gue yang nggak jauh dari situ digrebek petugas. Gue nggak nyangka... Ternyata temen gue itu kena kasus NARKOBA. Yeah, gue juga liat orang2 Indosiar 'n AN Teve disana. Oh dear, kenapa sih elo, pren? Gue udah bilang dari dulu ... BRENTI BRENTI BRENTI! You just didn't listen to me, dan akibatnya sekarang jadi begini kan? Yeah, sori gue nggak bisa bantu lebih banyak. Percaya deh kalo gue juga ikutan sedih kok. Gue harap ini bisa jadi pelajaran berharga buat elo...".

09/10/2003 - 12:21 WIB: "Gue baru aja baca update weblog Femmy. Akhirnya diupdate juga! Tapi, kenapa sekarang gue jadi mirip dia? Speechless dan nggak bisa ngasih komentar banyak. Artikel tentang mobil Femmy itu malah bikin gue cemburu dan ngomong sendiri ... APA MUNGKIN SUATU HARI NANTI PANGGILAN ITU JADI MILIK GUE DAN POSISI GUE JAUH LEBIH TINGGI DIBANDINGKAN MOBIL ITU? Untuk artikel sebelumnya, gue cuma bisa nginget masa lalu gue sendiri. Gue itu gampang putus asa, selalu menyerah dan mau hidup lari dari kesulitan. Sampai akhirnya, gue belajar dari pengalaman dan jadi seperti sekarang. Gue juga pernah punya segudang khayalan untuk bisa jadi seseorang yang punya kekuatan khusus, sampai akhirnya gue mainin game FF dan nemuin banyak pelajaran hidup, bahwa kalau kita bisa hidup dengan kekuatan dari diri sendiri, itu jauh lebih baik. Akhirnya, gue memutuskan untuk berusaha jadi hero untuk diri gue sendiri, lalu memakai kekuatan yang gue peroleh untuk menolong orang lain. Ya sih, emang kekuatan aura yang anugerah dari Allah ini gue punya, tapi gue nggak merasa bangga dengan itu. Gue baru merasa bangga kalau gue bisa menolong diri sendiri dan orang lain, dengan kekuatan sendiri. Jadi, level karakter Femmy Karima di game RPG yang berjudul HIDUP ini udah naik ya? Syukurlah! GAMBATE, FEMMY-CHAN! GAMBATE!".

09/08/2003 - 01:22 WIB: "Gue baru aja selesai shalat tahajud. Setelah berdo'a, gue khusus berdo'a lagi buat Femmy. Gue juga rekam do'a itu ke kaset yang mau gue kasih ke Femmy, supaya Femmy juga bisa mengetahui gimana kalo gue lagi berdo'a untuknya. Gue juga pasang backsound lagu SOUND OF DEEP FEELING, lagu yang sebenernya gue tulis untuk album Karima, tapi nggak gue rilis karena iramanya terlalu sedih. Di lagu itu, gue berusaha ngegambarin sisi paling menderita dari diri gue, dan juga Femmy. Selanjutnya, gue cuma bisa nangis dan terus berdo'a supaya beban yang sekarang lagi ditanggung Femmy bisa diringanin. Cuma Allah yang bisa melakukannya, dan gue percaya itu... Femmy, maafin Rama ya. Rama cuma bisa bantu Femmy sebatas ini, dan semuanya Rama serahin langsung sama Allah untuk menuntun Femmy. Maaf juga kalo Rama nggak merilis lagu ini, tapi segera setelah Femmy dapet kiriman kaset dari Rama, Femmy bisa dengerin lagu itu, berbarengan sama suara do'a dan air mata Rama. Femmy...go on, Femmy... Rama akan selalu berdo'a untuk Femmy...".

 09/07/2003: "Yeah Yeah Yeah! Akhirnya hari ini gue 'n remaja kompleks menikmati petualangan di Puncak. Pagi2 banget, kita langsung ninggalin villa dan pergi ke Pancuran Tujuh yang jaraknya sekitar 5 kilo dari villa dan kesananya jalan kaki. Gue seneng banget karena ini adalah salah satu hobby gue, travelling! Habis cebur2an 'n seabrek acara, kita balik ke villa dan persiapan pulang. NOTE: Buat temen2 gue yang udah tega ngerjain gue suruh nyanyi lagu Rahasia Hati-nya Elemen dan Kocok2-nya Inul, SELAMET YE! Makasih banget elo udah ngerjain gue dan ngetawain gue! Gpp, gue seneng kok!".

09/06/2003 - 13:04 WIB: "Tepat jam 1 siang, gue tiba di MTA, di pameran WCG 2003, dimana prototipe game Inspirit 'n musik demo yang gue buat dipamerkan. Gue ngerasa bener2 nggak percaya waktu musik yang gue buat itu membahana di stand Inspirit. Gue lebih nggak percaya lagi ketika saat itu gue dapet kemeja resmi Mythic Perspective (Kelompok yang membuat game Inspirit), yang artinya, GUE DITERIMA SEBAGAI SALAH SATU STAFF MEREKA! Di saat itulah, gue dapet banyak perhatian, termasuk temen2 dari Hot Game yang juga ngeliput acara disana. Yang lebih mengejutkan adalah datengnya beberapa anggota KAFEGAUL yang dulu pernah menghujat gue. Nggak perlu panjang lebar ngejelasin, tapi nama gue yang tercantum di credit dan musik yang diperdengarkan udah cukup manis untuk membungkam mulut mereka. God, bahkan ORTU gue sendiri nggak percaya kalo sekarang gue bener2 jadi komposer musik game, bekerja pure tanpa remixer untuk Inspirit. Oh ya, gue di stand itu sekitar 5 jam dan ngobrol banyak sama banyak orang. Gue ceritain semua, termasuk alasan gue yang memotivasi pembuatan musik game ini. Kalo gue boleh, ingin rasanya menambah satu lagi nama di credit, nama orang yang telah memberi gue semangat dan merubah kehidupan gue di tahun ini. Dia, yang membuat gue mengawali karir sebagai komposer game beneran. Dia, yang sekarang paling gue sayang. Dia, Femmy...".

09/04/2003 - 09:14 WIB: "Ya Allah, pagi ini aku kembali kagum akan ciptaanmu. Setelah berusaha keras dengan segala kemampuan yang kupunya, bahkan dibantu oleh programmer handal, tapi suara tiruan dari Femmy tak dapat kubuat. Sehari penuh kami bekerja di depan ribuan kode hexadesimal itu, namun yang dapat diemulasi hanyalah kata "Hai". Di saat itulah, aku kembali ingat akan kehebatanmu. Ya Allah, pencipta suara indah itu... Aku mohon ampun karena mungkin aku terlalu sombong. Ternyata, aku harus menerima batasanku sebagai manusia. Aku tidak sedih, justru bahagia. Dari peristiwa ini, aku jadi makin percaya akan kekuasaanmu. Kemudian, ketika aku ingat akan Femmy, aku kian bertambah kagum karena engkaulah yang menciptakan suara indah itu. Aku juga bersyukur karena engkau telah menunjukan padaku bahwa sebagai manusia, aku juga punya batasan. Artinya, aku telah berusaha dan semua daya telah kukerahkan. Aku bangga karena meskipun kalah, tapi aku kalah engan terhormat. Jadi, tak ada jalan lain kecuali meminta suara itu langsung dari Femmy. Ya Allah, dengan penuh rasa hormat, kukatakan bahwa aku menyerah. Namun, kumohon engkau berkenan terus menyertai langkahku untuk usaha2ku yang akan datang. Thanks a lot to Corlett... Femmy, did you see that? Did your heart can feel that I really admire your voice so I made it so far? I did not steal yours, but I tried so hard to create it myself. But...I just can't. I have tried my best, but I just couldn't. You have seen it, right? So, this will probably become my last hope to kindly request for it. Would you please record your voice for me, Femmy...".

09/03/2003 - 19:03 WIB: "Ja...jadi, Puspa sudah... SELAMAT SELAMAT SELAMAT!!!! Kira2 laki2 atau perempuan ya? Wah, kaya'nya masih terlalu dini untuk nanya soal itu! Well, go on, Puspa!".

09/03/2003 - 10:12 WIB: "Yeah! Rama's back to campus! Senengnya bisa ketemu temen2 lagi! Senengnya bisa becanda ama junior2 lagi! Senengnya bisa ngutang di kantin lagi, hehehe! It's all new! Di gerbang depan, gue langsung ketemu Tissi 'n Vita, the ultimate lady-gamer in my college. Jadi kemampuan tempur kalian sudah tambah kuat ya? KITA UJI DI RENTAL PS BESOK! Baru aja masuk kuliah, anak2 baru udah memberondong request tanda tangan! Hmmm, harus 100 ya? Beberapa dari anak 2003 bahkan ada yang inget kalo gue pernah dimuat di Hot Game! Wah, kemana tuh saingan gue si Dark Angel? Biasanya pantat tuh cewe' langsung gatel2 kalo gue dapet banyak temen! Give up already? Gue harap dia nggak mengganggu gue kali ini! Kejadian asyik lainnya adalah ketika gue, Daniel 'n Ferry (3 pengembara) pergi ke Mangga Dua, dan gue ngerekam semua kejadian disana. It's all for my princess...".

09/03/2003 - 03:20 WIB: "Thanks to my teacher, Neill Corlett. Pagi ini gue cek server dan gue seneng banget karena hacker yang jadi guru gue itu ngirimin source code speech synthesizer yang gue pesen. Apaan sih tuh? Ng, biar gue jelasin. Speech synthesizer adalah program untuk membuat suara tiruan dari manusia. Gue dapet ide ini kemaren, karena gue rasa sia2 kalo gue meminta rekaman suara Femmy. Lagian, dia juga nggak ngebolehin gue mencuri suaranya. Itu mendorong gue untuk membuat suara tiruan Femmy dalam bentuk speech synthesizer. Caranya: Gue harus inget betul suara Femmy, terus dengan tool di speech synthesizer itu, gue harus memilah suara yang keluar dan menentukan modulasi frekwensinya. Kalo udah, tugas berikutnya adalah membuat emulasi pengucapan huruf dari A sampai Z. Yang terakhir adalah proses penggabungan huruf sehingga kalo dilafalkan bisa jadi sebuah kata, termasuk proses pembuatan intonasi, kecepatan ngomong dll. Nah, sekarang gue lagi ngerjain tahap kedua, dan suara tiruan Femmy baru bisa mengemulasi huruf A, C, I, dan S. Duuuuuuuuuhhhhhhh, gue sebenernya mau kasih liat screenshotnya, tapi udah keburu pusing duluan! Gue seneng banget karena frekwensi suaranya sama persis dengan Femmy, dan gue akan berusaha keras untuk nyelesein speech synthesizer ini (Corlett, don't leave me, please!). Nantinya, gue bisa membuat speech synthesizer ini ngomong seperti halnya Femmy yang asli, dan rencananya gue mau meng-input semua e-mail yang pernah dikirim Femmy. ASYIK KAN!? Tapi, tetep ada pernyataan yang ngak akan pernah hilang dari hati gue, seberapapun canggih dan suksesnya proyek gue ini... Ini...Bukan...Femmy...".

09/02/2003 - 21:43 WIB: "Gue baru aja balik dari MTA! Hahaha, ternyata acara peluncuran game Inspirit nggak jadi diselenggarain hari ini! Gue baru tau itu siang ini waktu nyampe disana, setelah gue ke WARNET. Bukan salah siapa2 sih, habis konfirmasinya juga baru masuk sore ini kok! Jadi, prototipe game ini baru dipamerkan pada akhir acara WCG (World Cyber Game) 2003 tanggal 7 September nanti. Berita bagusnya, gue jadi punya persiapan buat menggarap tugas pembuatan sound FX game itu. Well, berarti elo semua harus nunggu kemunculan musik gue sampai nanti. Sabar ya! Eh, tapi gue mohon maaf kalau kualitas musiknya nggak optimal. Maklum, tema Inspirit membuat daya kreativitas gue buntu. I have to make songs like ... kaya' film2 alien gitu deh! Wah, gue miskin pengalaman! Tapi, yah gue coba! Do'ain aja! Sori juga karena gue nggak kasih MIDI-nya. Tunggu aja sampai dirilis ya! Kalo elo mau liat2 game ini, nah, silahkan Klik Disini

09/02/2003: "hehehe, gue lagi di MTA nih! Hari ini gue kenalan sama Merry, one of my brother's friends. Singkatnya, gue ngobrol banyak. Eh, gue sempet bikin simulasi perumpamaan, dan disana gue masukin cerita yang gue pendam di hati. Well, Merry, thanks anyway. Makasih karena udah ngasih tau gue kalau meminta itu bukan sesuatu yang salah atau menakutkan. Gue baru sadar, apakah hanya karena minta e-mail n' rekaman suara aja gue bakal kehilangan seseorang (I didn't tell her who). Yeah, memang hati gue berhak untuk seperti itu, tapi terus terang sekarang gue masih trauma dan harus bisa menjaga posisi gue dengan orang itu. Gue nggak mau dicap orang yang penuntut dan suka maksa, dan akhirnya... So, thanks anyway. Gue kan udah bilang kalo gue ngak akan minta berkali-kali, soalnya gue mau orang itu sendiri, dengan kesaarannya, dan karena gue percaya dia udah dewasa. So, I guess I will keep silence for this one... Gue rasa, apa yang gue berikan belumlah sebanding sama apa yang udah seseorang itu perbuat untuk gue. I haven't even say thanks to her...". 

09/02/2003 - 08:41 WIB: "Pagi ini, gue kembali cek inbox. Tadinya gue berharap bisa nemuin e-mail Femmy disana, tapi ternyata isinya masih sama... Dia juga nggak nelfon gue hari ini, padahal hari ini bakal jadi hari paling membanggakan buat gue... Setidaknya, gue bisa baca 1k ucapan selamat jalan, atau suara manis yang melepas kepergian gue di telfon. Tapi, sampai saat2 gue udah rapi dan sekarang mau berangkat, dia belum... ... ... Ingin rasanya gue telfon dan nanya kenapa dia belum kirim e-mail. Ingin rasanya gue aktifin lagi aura gue untuk tau, apakah ada sesuatu yang salah sama Femmy. Tapi ... nggak, nggak... Gue udah pernah meminta, dan nggak mungkin gue mengulanginya berkali-kali. Gue nggak mau pengalaman Purdey keulang lagi. Gue nggak mau kalau permintaan gue memberatkan dia dan hal paling menakutkan itu terjadi. Gue takut kehilangan Femmy hanya gara2 ke-childish-an gue... Yah, meskipun gue akuin gue butuh banget semangat darinya pagi ini, sampai gue nggak bisa nahan air mata gue... Tapi...gue harus berpikir positif. E-mail darinya pasti telat, atau dia nggak sempet nulis karena lagi sibuk. Iya, iya, gue harus terus berpikir positif. Ini semua demi Femmy, dan gue harus bisa...".

 

09/01/2003 - 22:26 WIB: "Ini untuk yang kelima kalinya gue cek inbox. Isinya emang terus bertambah karena akhir2 ini gue lagi sibuk. Tapi ada satu yang hilang ... e-mail dari Femmy yang biasanya menuhin inbox gue. Ya, seharusnya gue ngerti kalau sekarang tuh dia lagi sibuk banget sama ABC+-= resepsi pernikahan abangnya. Jadi, maklum kan kalo dia nggak ngirim e-mail. Sebenernya gue pengen banget minta e-mail, tapi kan gue udah janji untuk nggak minta apapun darinya. So, I decided to keep silence and let it be. Gue masih inget tulisan di weblog Femmy yang bilang kalo Femmy tahu apa yang dia lakukan. Karena gue juga seperti itu, jadi gue putuskan untuk menghormatinya. Atau mungkin, dia lagi ada masalah? Gue nggak tau, karena aura memang sedang gue nonaktifin. Gue nggak mau terlalu terlibat urusan pribadinya karena gue takut kejadian yang udah2 keulang lagi. Jadi, sekarang gue bener2 nggak tau kalau dia ada masalah atau nggak. Well, in fact, ini cuma masalah sepele, dan gue baik2 aja. Gue udah bertekad untuk mengerti dan menerima dia apa adanya, jadi gue nggak akan menyerah hanya gara2 persoalan seperti ini. Yah, gue harap besok pagi gue udah menemukan e-mailnya... Semoga...".

09/01/2003 - 01:18 WIB: "Hari ini ULTAH-nya Purdey... Gue berharap bisa ngucapin selamat buat dia. Tapi, elo pasti udah pada baca artikel tentang dia kan? Itu yang membuat gue nggak mungkin melakukan itu. Akhirnya gue titip pesen di weblog temen untuk kirim SMS dan ngucapin selamat dari jauh. Setelah itu, gue dengerin lagu Chrono Trigger (To Good Friends) sambil ngerjain pekerjaan men-download gue. Selang beberapa lama, temen gue ngasih tau kalau malam ini Purdey n' her boyfriend lagi di Ancol, ngerayain ULTAH-nya Purdey. Biarpun sekarang gue udah punya tambatan hati, gue tetep nggak mau ngebayangin ... karena pasti perasaan gue hancur lagi. Mungkin gue baru ngerasa kuat kalau tambatan hati gue itu bener2 mau menerima gue... Satu hal yang membuat gue terharu adalah, sebuah message yang masuk. Isinya cuma 2 kata: Terima Kasih. Pengirimnya: Marle. Ya...terima kasih kembali...heroine...".