DESEMBER 2003

KEMANA RAMA?

Gw yakin kalian yang setia jadi pengunjung home page ini bertanya demikian setelah lebih dari dua minggu ini sang administrator non-aktif. Kalian juga pasti berpikir kalau dia sudah kembali, persis waktu kalian lihat update terbaru di diary online ini. Maaf kalau ternyata dugaan kalian meleset, karena yang melakukan ini adalah...

Perkenalkan, gw Tiara. Tiara aja, ga perlu e-mail atau nomor telepon, karena gw ini ga suka punya banyak relasi. Mungkin kalian pernah denger nama gw/nama asli gw dari Rama, atau kalian yang dulu setia membaca salah satu majalah anime terkenal di Indonesia pasti langsung kenal siapa gw. Ya, gw eks kontributor disana. Ga perlu lama-lama karena gw pikir kalian udah pada bingung kenapa Rama pergi dan kenapa gw disini. Akan gw jelaskan semuanya...

Ini yang sekarang terjadi sama Rama.

1. Setelah perjalanan di akhir bulan puasa ini membuat kesehatan Rama bener-bener melemah. Selain itu, beban pikiran yang dirasain membuat dia jadi kehilangan semangatnya. Maaf, gw emang reviewer anime tapi ga begitu percaya ama yang begituan. Maksudnya, kata Rama, dia kehilangan auranya dan ga bisa lagi memakainya karena kondisi tubuhnya yang lemah dan pikirannya yang ga bisa lagi konsentrasi. Dia bilang dia kehilangan malaikat pendampingnya. Terserahlah, tapi itu yang gw denger.

2. Rama juga dapet musibah. Karena terlalu memaksakan diri bekerja di depan komputer, retina matanya robek. Itu artinya dia ga boleh terlalu sering kena radiasi komputer. Terus, orangtua Rama juga mencabut fasilitas Internet karena tagihannya yang membengkak. Jadi artinya Rama mungkin ga bisa sering-sering lagi ke Internet atau pakai komputer. Untuk soal ini gw pasti bantu. Biarpun udah lebih senior lima tahun di dunia jurnalistik tapi status gw tetap partnernya. Lebih dari sekedar tugas partner, gw akan bantu. 

3. Ini mungkin masalahnya yang paling berat. Pasti kalian udah tau soal Femmy. Itu membuat Rama bener-bener berubah total. Sekarang dia kontan jadi pendiam dan sering banget kasih tampang non-ekspresif. Kalau Rama sempet baca apa yang gw tulis, terus terang gw bener-bener sedih. Kalau boleh, gw mau jadi pengganti badannya. Jangan sakiti terus, kalau boleh dituker mendingan gw aja. Itu karena, maaf mungkin gw ga bisa tulis alasannya sekarang. Mungkin nanti.

Nah, tiga alasan itulah yang menyebabkan Rama non-aktif, dan itu juga yang membawa gw kesini. Secara langsung Rama minta gw untuk mengurus semuanya, karena dia bilang percaya sama gw. Jadi mulai bulan ini, gw akan mengurus home page dan e-mail yang masuk ke inbox Rama, baik yang pribadi maupun yang berhubungan dengan Hot Game. Disini gw tegaskan kalau gw cuma jadi perantara. Gw akan jawab dan bales semua e-mail yang masuk setelah konfirmasi sama Rama. Jadi semua e-mail yang masuk ke inbox nanti gw yang mengurusnya. Lagian gw ga ngerti soal hacker atau yang sebagainya itu, jadi mohon maaf kalau jawaban gw mungkin ga sekomplit Rama. Sekarang ini sulit banget ngobrol banyak sama Rama soalnya sekarang dia lebih suka menyendiri, jadi mohon maaf kalau mungkin ga semuanya kejawab.

Gw juga minta maaf kalau nantinya isi diary online ini ga sama persis kayak apa yang ditulis Rama, tapi gw akan coba menulis persis seperti gaya penulisan Rama. Oh ya, gw perlu ingatkan kalau yang gw tulis adalah apa yang gw lihat dan apa yang gw denger, bukan apa yang Rama rasa. Jadi, isi diary online ini kemungkinan besar ga seluruhnya langsung dari hati Rama, tapi lewat hal yang udah gw sebutin tadi. Maaf, gw ga jago bahasa Inggris, jadi maaf lagi kalau mungkin kalian ga akan nemuin artikel yang berbahasa Inggris. Gw juga ga akan nambahin artikel apapun di home page ini dan cuma menulis di diary online ini aja. Rama juga kasih kebebasan penuh buat gw untuk nulis pendapat pribadi gw. Makasih Ram, tapi gw pasti ga akan memakainya sembarangan kok. 

OK. Semoga kalian bisa mengerti. Jangan khawatir. Kalian masih tetep bisa baca tulisan Rama di Hot Game meskipun ga sesering dulu. Ya biar gimanapun dia itu kan butuh uang. Gw juga akan terus kasih tahu perkembangan keadaan Rama lewat diary online ini. Yang terakhir, semoga kalian ga keberatan kalau sementara ini gw yang menggantikan posisi Rama di diary online ini. Mungkin gw ga bisa update sesering Rama, paling ga seminggu sekali. Semoga kalian ga keberatan dengan gw.

Kenapa gw melakukan ini? Sejak pertama kali ditunjuk jadi partner kerjanya Rama, gw sadar kalau gw mulai kagum sama Rama. Dia itu hebat, makanya gw sampai rela melepas predikat senior gw, karena banyak banget hal yang ga bisa gw kerjain tapi Rama bisa. Gw percaya tulisan ini ga akan membuatnya sombong, apalagi dalam kondisinya yang seperti sekarang, mungkin pujian ini bisa membantu memulihkan dia. Ga sekedar pujian, tapi gw percaya kalian semua pasti setuju kalau itu benar. Sayang banget sekarang Rama jadi begini. Ga lagi bisa senyum seperti dulu, ga lagi mau sentuh-sentuh Internet dan berhenti buat lagu, jadi pendiam dan pelamun. Itu kenapa gw membantunya. Gw ga mau kehilangan orang yang gw kagumi...

Sebelum gw tutup salam perkenalan gw, gw mau kasih tau kalau sistem penulisan berdasarkan waktu mungkin ga berlaku disini soalnya gw suka lupa kapan nulisnya, jadi gw ganti dengan sistem judul. Beda sama Rama yang pakai sistem waktu, updatenya bisa langsung dilihat di atas. Sekarang updatenya ditaruh di bawah. Itu juga buat ngebantu kalian yang mungkin ga nyambung sama omongan gw atau sama update terbarunya. Dah.

Kita do'akan yang terbaik untuk Rama, dan semoga dia segera kembali...

Salam manis - TIARA!!!
 



RAMA DAN RUMAH TANPA PEMBANTU

Hari Senin tanggal 8 Desember gw dateng ke rumah Rama. Kasihan. Kabarnya pembantu Rama itu diguna-guna sama pacarnya (Semoga loe ga gitu ya Ram!). Semua dikerjain sendiri, mulai dari bersih2 rumah sampai cuci pakaian dan setrika. Gw jadi ga tega. Sayang rumah gw jauh. Tapi gw pasti bakal sering main kok Ram. Tenang aja. Gw pastikan dia ga bakal melolong karena kesepian.
 



TINGKAT MARAH RAMA YANG TERTINGGI


Gw ajuin pertanyaan ini tepat sebelum gw cabut dari rumahnya hari Senin itu.

Tiara: "Apa yang bakal loe lakuin kalo bener-bener marah sama seseorang? Ya boleh dikata semacam benci gitu! Apa bakal loe maki-maki, loe tonjokin ampe bengep atau loe teriak-teriak, nonjok tembok atau gemana?"
Rama: "Kalau gue memutuskan untuk diam..."


JANTUNG RAMA

Unik juga ya! Tetangga deket rumah Rama bisa tau apa Rama ada di rumah atau gga hanya dengan mendengarkan musiknya aja. Kalau ada suara musik dari rumah Rama, tandanya Rama ada di rumah. Kalau nggak ada musik, berarti Rama ga ada. Jadi Rama beneran menjadikan musik sebagai jantung rumah ini ya? Hehehe, waktu gw kesana hari Senin itu, gw cukup dengerin suara musik dari depan rumahnya aja, dan gw pastiin kalau Rama ada di rumah. Kata Rama si emang cuma dia yang suka musik di rumah itu. Jadi ini mungkin bisa jadi tips buat kalian yang mau ketemu Rama di rumah. Kalau ada musik game, kalian ga perlu teriak keras-keras manggil dia. MASUK AJA!!!


VAKUM

Ini pendapat gw yang pertama kali. Suka kesel kalau bolak-balik denger permintaan Rama untuk ngerubah nicknamenya jadi Dark Aurora. Kenapa juga musti gitu? Aurora itu kan nama yang pas buat dia? Alasannya sih katanya karena dia udah terlalu banyak buat keburukan untuk orang lain.

Gw ngerti. Pasti disini maksudnya Femmy. Waktu gw tanya ternyata bener juga. Dia bilang sekarang lagi bingung apakah mau menyayangi atau membenci Femmy. Dia ngerasa Femmy udah berbohong dan merampas kebahagiaan yang lagi dinikmatinya (Pacaran maksudnya). Rama emang BEGO! Kalau dia mau, gw mau kok (Ga usah dibahas!).

Intinya sekarang dia memutuskan untuk vakum dari Femmy. Kasihan juga si ngeliatnya. Bolak-balik pencet nomor telepon tapi dibatalin lagi. Bolak-balik melamun dan lagi-lagi menyendiri. Yang paling gawat kalau dia udah bilang "Gue harus ke Palembang, Va. Gue nggak tahan terus2an seperti ini. Gue harus bisa merubah keputusannya." Tapi syukur deh kalau niatnya itu ketahan. Kata Rama, ada beberapa alasan yang jadi pertimbangannya. Pertama, dia mau coba percaya sama Femmy dengan mengambil keputusan untuk vakum ini, Rama berharap Femmy bisa kembali seperti dulu dan mau mengubah keputusannya, meskipun ini adalah kepercayaan terakhir yang Rama punya. Kedua adalah Gin, orang yang menurut Rama udah deket banget dan jadi seperti saudara yang sangat dihormatinya. Ga jelas mengenai Gin ini, tapi intinya gitu. Fem, kalau loe baca tulisan gw ini, gw minta maaf. Gw ga memasukkan opini gw tentang loe. Disini gw cuma tulis apa yang gw tau dari Rama. Gw cuma moderator yang netral. Baik atau buruk gw ga peduli. Itu urusan loe ama Rama.
 


LAGU DISNEY FAVORIT RAMA

1. Can You Feel The Love
Vokalis: Joseph Willams,Sally Dworsky
Dari Film: The Lion King
Deskripsi: Ingat adegan percintaan antara Simba dan Nala yang diintip oleh kawan-kawannya? Nah, lagu ini akan mengiringi. Theme song ini adalah nostalgia paling manis antara Rama dan Purdey.

2. A Whole New World
Vokalis: Peabo Bryson & Regina Belle
Dari Film: Aladdin
Deskripsi: Ga ada kenangan apapun. Rama cuma suka lagu ini karena liriknya bagus.

3. When She Loved Me
Vokalis: Sarah McLachian
Dari Film: Toy Story 2
Deskripsi: Ingat boneka cowboy cewek di film Toy Story 2 yang dulunya dimiliki oleh seorang gadis kecil? Dia dibuang ketika sang gadis sudah dewasa. Lagu ini akan mengiringi adegan itu. Dulunya Rama suka sekali lagu ini karena iramanya yang lembut, tapi hari ini (Selasa, 9 Desember 2003) gw yang melihatnya mengulang lagu ini berkali-kali sambil menyebut nama Femmy. Ini adalah kutipan liriknya: "When somebody loved me, everything was beautiful. Every hour we've spent together leaves within my heart..."

4. Reflection
Vokalis: Christina Aguilara
Dari Film: Mulan
Deskripsi: Kata Rama, lirik itu mirip dengan kejadian dirinya. Apa yang dia rasa, apa yang dia punya. Dia bilang pernah suka banget sama lagu ini waktu SMU dan seneng banget nyanyi2 sama anak2 kelas 3-IPA.

5. Colors Of The Wind
Vokalis: Vanessa Willams
Dari Film: Pocahontas
Deskripsi: Fans berat RPG macem gw dan Rama pasti langsung suka waktu denger liriknya.

6. You'll Be In My Heart
Vokalis: Phil Collins
Dari Film: Tarzan
Deskripsi: Ini adalah lagu kenangan antara Rama dan Neneng. Rama bilang: Itulah mungkin cerita cintanya yang berakhir tanpa cacat cela. Setiap kali nyanyiin lagu ini, Rama bilang selalu ingat masa SMU-nya waktu bareng Neneng nyanyiin lagu ini. "Neneng akan selalu hidup di hati Rama," katanya (Bosen banget nulis kata2 "KATA RAMA") Tapi gw musti akui kalau suara Rama kedengeran bagus banget waktu nyanyiin lagu ini...

Nah, ini daftar lagu-lagu Walt Disney lain yang paling Rama suka. Catatan, ini diambil dari film-film baru, karena untuk film lama kebanyakan Rama lupa judulnya. Rama bilang Purdey itu gacoan paling topnya soal ngomongin lagu Disney. Eh, Purdey, loe suka lagu Disney juga ya? Boleh pinjem ga?

Circle Of Life - The Lion King
I Just Can't Wait To Be King - The Lion King
Hakuna Matata - The Lion King
Love Will Find The Way - The Lion King 2
We Are One - The Lion King 2
Under The Sea - The Little Mermaid
Part Of My Life - The Little Mermaid
Gaston - Beauty And The Beast
Something There - Beauty And The Beast
If I Can't Love Her - Beauty And The Beast
You's Ve Got A Friend In Mew - Toy Story
I Will Go Sailing No More - Toy Story
Out There - The Hunchback Of Notre Dame
My Name Is James - James And The Giant Peach
Heffalumps And Woodes - Winnie The Pooh
Colors Of The Winds (Versi film) - Pocahontas
Just Around The Riverbend - Pocahontas
I'll Make A Man Out Of You - Mulan
When You Believe - The Prince Of Egypt
Looking Through Your Eyes - The Magic Sword
On My Father's Wings - The Magic Sword
Once Upon A December - Anastasia


ICE CREAM PARTY AT UNSADA

Hari Selasa ini gw diajak Rama ke acara pesta es krim di kampusnya. Thanks ya Ram udah beliin gw tiket. Lho. Ga nyangka aja Ram!!! Loe yang non-ekspresif itu kok bisa-bisanya bolak-balik ikut antrian dan nambah es krim sampai enam kali!!! Bukannya nya-nyain tiket yang loe beliin, tapi mbok ya tau diri dikit dong!!! Gw jadi khawatir kalau loe ikut acara model gini dalam keadaan gembira, wah gemana jadinya ya!!!???


HELLO, AMELIA! HELLO, ERICHAN! HELLO, REQUESTER FORUM!

Menarik. Rama kasih tanggapan positif sama ketiga sender e-mail ini. Pertama, Amelia. Kayaknya Rama dan Amelia itu bakal jadi sahabat kental. Gw yang lihat e-mailnya sendiri bisa tau akan hal itu. Amel, Rama juga ngerasain hal yang sama dengan loe. Dia tulis sendiri balasannya, dan gw yang kirim. Terus, Erichan. Rama kasih komentar kalau nih anak punya booster yang tinggi! Kayaknya Rama juga seneng banget kirim/bales e-mailnya. Kejutannya, Erichan udah kasih nomor ponsel dan coba tebak! Rama telepon Erichan dari kantor dan meskipun hanya dalam beberapa detik, gw bisa lagi lihat senyum khasnya. Yang terakhir, buat kalian yang request Rama untuk membantu di forum game, nanti gw coba lihat konfirmasi dari Rama. Kayaknya moodnya masih kurang bagus deh, tapi gw usahain!!! 


RAMA DAN ENTRI MUSIKNYA

 

Ini untuk ngejawab loe yang pada komplain soal list musik game yang Rama punya. Ha! Lihat deh! Snapshot ini gw jepret langsung dari komputer Rama. Sorry kalau agak ancur! Sengaja gw gedein supaya loe semua bisa lihat dan berhenti bilang kalau Rama itu pembual, punya banyak soundtrack musik game. Catatan! Entri Winamp dan folder di gambar ini bukan rekayasa! Kalau masih komplain juga, wah gw ga tau harus bilang gemana lagi. Baiknya loe datengin sendiri deh. Tapi, gw juga ga bisa menutupi kalau hampir semua koleksi Rama tuh rata-rata hasil hack atau bajakan. Beda ama gw! Soundtrack yang gw punya biar cuma sedikit tapi original tuh! Sorry Ram, tapi itu kenyataan.

 Hmmm, kata Rama gw boleh majang koleksi OST gw disini. Boleh aja si, tapi berhubung original jadi gw males scan covernya! Tar rusak lagi, hehehe!!!

1. Chrono Trigger OSV
2. Final Fantasy VI OSV
3. Super Mario RPG OST
4. Valkyrie Profile - Voice Mix Arrange
5. Xenogears OST


JUDUL LAGU MP3 (ID3TAG)

Ini konfirmasi dari Rama dan gw soal protes kalian yang download musik game dari servernya Rama. Kita berdua minta maaf kalau ada koleksi kita yang ga ada judul lagunya (Tertulis "Track 01", "Track 02", dan seterusnya.). Begini, biasanya Rama buat koleksi MP3-nya dari Audio-CD. Nah, gw kebagian tugas untuk memasukkan judul lagunya ke file MP3-nya (Mengedit ID3TAG). Nah, untuk itu gw harus cari list judulnya di Internet. Kalau belum ketemu, biasanya kita cuma kasih nama soundtracknya aja dan judulnya akan tetap tertulis "Track 01", "Track 02", dan seterusnya. Hehehe, kalau yang ini sebagian besar adalah kesalahan gw karena ini tugas gw. Sekali lagi gw mohon maaf karena kadang suka susah nyari list lagu untuk soundtrack langka.

Program yang dipakai Rama untuk merubah Audio-CD ke MP3? Dia pakai MusicMatch Jukebox versi 7.1, atau NeoAudio kalau CD lagunya dalam kondisi rusak. Pokoknya kita pastikan setiap minggu entri list lagunya akan kita update. Untuk sementara ini, semua list lagu Final Fantasy udah komplit seluruhnya.

Ini beneran loh! Kita ga pernah pelit kasih judul lagu. Kalau udah ada pasti dikasih! Namanya juga "memasyarakatkan musik game dan memusik gamekan masyarakat!" BETUL TIDAK!?


TENTANG PURDEY, FEMMY, GW?

Ga tau... Kalau soal Purdey ini gw blank sama sekali. Rama cuma bilang kalau ada kejadian yang membuatnya memutuskan untuk diam dari Purdey. Diam? Setau gw itu tingkat kemarahan Rama yang paling tinggi. Ya, tapi pada kenyataannya Rama melakukan ini sama Purdey, entah cewek macem apa dan entah apa yang dia lakuin ke Rama sampai bisa membuat Rama mengambil keputusan ini. Lagi-lagi Rama tutup mulut. Dia cuma cerita sama Gin. "Hei Gin! Rama kok percaya banget si ama loe?" 

Untuk soal Femmy...hmmm. Gw udah sering cek e-mail Rama yang di www.melodymail.com, tapi entri namanya bener-bener ga muncul lagi. Kalau untuk dia, Rama kasih komentar kalau dia bakal nunggu perkembangan. Katanya Femmy pernah janji untuk mempertimbangkan keputusannya setelah vakum ini. Rama bilang, walaupun ini untuk yang terakhir kalinya dia mau percaya dan ngikutin omongan Femmy, dia bakal mencobanya. Duh, jangan sampe deh Rama ngambil keputusan seperti apa yang dia lakuin ke Purdey. 

Hah!? Komentar tentang gw ada juga!? Ram, gw bakal inget terus komentar sableng loe, tapi loe itu sok tau deh! Loe blon pernah nyoba khan? Mau tau Rama bilang apa? "Tiara itu gadis tersexy dengan gairah sex paling tinggi yang pernah gue temuin..." BEEP!


SHINSAGA DAN SENYUM RAMA 

                   


Sebelum gw cerita, apa salahnya kalau gw promosiin dulu nih toko. Ya itung-itung sbg tanda terima kasih dan semoga ini juga bisa jadi info yang bagus buat kalian pecinta game dan anime.

Gw tahu toko ini juga dari Rama. Shinsaga itu toko yang ngejual aksesoris/CD/VCD/DVD anime dan game yang letaknya di lantai 2 Mangga Dua Mall. Kalau kata Rama, toko ini sip banget karena dia ngejual banyak soundtrack yang nggak dijual toko lain. Waktu penjualnya gw interview, ternyata mereka punya sesuatu yang lebih dari sekedar motif dagang! Mereka juga suka, jadi itu alasannya! Kalau menurut gw, toko itu keren banget, malah gw bilang mungkin yang paling keren di Jakarta. Gw yang penggemar Action Vigur bisa muasin hobby gw dengan berbelanja disini!

Buat penggemar film anime bisa beli VCD anime dengan harga 10 ribu per keping, dan Audio-CD lagu game/anime seharga 15 ribu per keping (Kalau beli online harganya naik 2500 rupiah!). Kalau DVD dan aksesoris itu variatif, jadi gw ga tulis disini (Nih diary online bisa-bisa jadi brosur iklan!).

*OK. IKLAN SELESAI! LALU ADA APA DENGAN RAMA?*

Hari Minggu ini gw dapet ide ngajak Rama ke Shinsaga. Waktu gw temuin di rumahnya pagi ini, tampangnya bener-bener kayak Audio-CD yang baret-baret gitu deh. Untung gw bawa mobil, jadi tuh anak bisa santai sementara gw jadi sopirnya (Ouh!). Skip cerita tentang macetnya jalanan, pokoknya tau-tau kita udah sampai!

Nah, sekarang Rama udah berhadapan dengan Vigo dan Yola, kakak beradik yang jadi penjual di Shinsaga. Ya gw akui si kalau gw ga bisa berharap banyak kalau ga bawa Rama ke toko itu, soalnya mereka berdua itu ga mau jual semua koleksi soundtracknya sama sembarang orang dengan alasan ga mau dibajak. Tapi entah pakai ilmu pelet apa, tapi mereka percaya banget sama Rama dan suka jualin koleksi mereka yang jarang-jarang ada di pasaran. Heran deh, padahal Rama tuh kan pembajak juga (!!!).

Nah, Rama cerita kalau kira-kira bulan Maret yang lalu dia pernah keluar dari toko ini dengan wajah muram durja. Alasannya, waktu itu Square ngeluarin dua soundtrack terbarunya untuk Final Fantasy yaitu Final Fantasy - The Black Mages (Album berisi remix musik battle FF) dan Final Fantasy Tactics Advance - White Melody (Soundtrack untuk FF terbaru). Biasanya Yola selalu beli, tapi apa yang dia bilang waktu itu ke Rama. "Sorry Ma, kita nggak masukin!" Terang aja tuh anak jadi kesel, soalnya dia kan fans beratnya FF! Sejak ada Undang-Undang Hak Cipta itu Rama jadi jarang ke Shinsaga (Yola ga pernah lagi majang CD bajakan), tapi ternyata sekarang sudah mulai dipajang lagi.

Kembali ke gw dan Rama. Iseng aja gw coba tanya ke Yola, "Yol, loe masukin Final Fantasy - The Black Mages ga si?" Mau tau jawaban Yola? "Ye, gw masukin, sekalian FF Tactics Advance juga tuh!" Mau tau reaksi Rama? Dengan suara keras dia langsung teriak, "APA!? ELO BILANG NGGAK MASUKIN YOL!? KOK NGGAK NGASIH TAHU GUE SEEH!?" Yola jawab, "Abisnya orang Hong Kong bilang itu yang terbaru dan terlaris. Lagian, gimana gue bisa kasih tahu kalau elonya aja jarang kesini? Gue kan nggak tahu elo udah punya apa belum?"

Intinya, Rama kelihatan seneng banget siang itu. Gw bahkan bisa ngeliat senyum khasnya lagi. Gw yang ngeliat itu jadi ikutan seneng. Alhasil, Rama pesen tuh dua soundtrack (3 CD). Rama, ga perlu bilang apapun. Gw seneng kok bisa nraktir loe, soalnya gw seneng banget bisa liat loe senyum lagi!

Soundtrack ini kira-kira bisa diambil seminggu setelah pemesanan. Gw jadi ga sabar mau dengerin. Tapi yang terpenting, gw ga sabar mau liat gemana senengnya Rama kalau nanti terima tuh CD. Ram, sebenernya gw mau beliin loe lebih dari itu, tapi maaf soalnya gw ga bawa duit kontan lebih. Nih, biar gw tulis disini soundtrack yang belum sempet loe beli. Kalau gw dapet rejeki, pasti gw beliin, tapi loe harus janji mau pinjemin gw ya!

1. Genso Suikoden III OST (2 CD)
2. Star Ocean 3 Arrange Album (2 CD)
3. Star Ocean 3 OST (4 CD)
4. Star Ocean 3 Voice Mix Arrange (1 CD)


OK Ram! Kalau loe baca tulisan gw ini, gw minta loe semangat! Untung aja loe ga jadi pergi! Kan rugi kalau ga bisa dapet penawaran spesial ini! GRATIS LAGI!!!

Nyambung iklan yang gw putus. Buat loe yang mau pesen barang secara online, cukup akses aja situsnya Shinsaga dan cari barang yang loe mau pesen. Tinggalin alamat e-mail dan nomor rekening loe, dan barang bakal langsung dikirim sampai tujuan!

Vigo, Yola, makasih udah bantuin Rama senyum lagi... Moga-moga iklan gw ini cukup buat ngebayarnya...

http://www.shinsaga.com


LATIHAN MERPATI PUTIH - BERJUANGLAH, RAMA!

Info: Ini adalah snapshot dari game/anime Yu Yu Hakusho. Karakter Yusuke adalah tokoh utama yang paling disukai Rama. Gambar ini bukan apa-apa, tapi Rama suka banget bayangin jadi tokoh ini kalau lagi latihan (lagi-lagi, KATANYA). Kiri atas=memasang kuda-kuda, lalu kanan atas=berkonsentrasi, dilanjutkan dengan kiri bawah=memusatkan aura, dan kanan bawah=mengeluarkan aura sebagai tenaga serang.


 

Gw akan selalu inget tanggal ini, Senin 15 Desember 2003 tepat jam 8 malem waktu Rama ngajak gw ngeliat latihan Merpati Putih-nya. Gw ga bisa bilang apa-apa selain kasih komentar salut dan nulis catatan ini. Seandainya masih tersisa cukup digit di kamera digital gw, pasti udah gw foto dan taruh gambarnya disini. Tapi ga papa, soalnya gw berkesempatan ngobrol banyak sama kak Nina, salah satu senior yang menurut murid-murid disana sekarang ditunjuk sebagai guru pribadinya Rama. Mau tau ga? Bulan Februari besok ada kejuaraan tanding antar daerah sekaligus ujian kenaikan tingkat, dan Rama dipilih secara mutlak baik oleh suhu, sesama pelatih dan murid-murid disini. Gw sempet heran juga soalnya gw denger dari Rama katanya dia kehilangan auranya, jadi gemana bisa? Secara logika emang ga masuk akal, tapi sehabis gw rekam percakapan gw dan kak Nina, itu juga yang ngerubah opini gw tentang pendapat Rama. Sekarang gw baru mengerti soal aura, semangat dan tentu aja Rama sendiri.

Mau tau latihan macem apa yang kak Nina kasih? Rama dipisahin dari murid-murid yang lain. Pertama-tama dia harus lari keliling lapangan bola sebanyak 20 kali tanpa alas kaki, terus melakukan serangkaian gerakan yang namanya pembinaan dan pengolahan. Segampang itukah? Kalau gw ceritain loe pasti pada bengong dan ga percaya (gw juga bengong ngeliatnya). Di pergelangan kaki dan tangan Rama diiket beban pemberat yang terbuat dari semen, juga di pundak dan pinggangnya. Kata kak Nina total bebannya 25 kilo! ASTAGA! Ngelakuin latihan dengan beban seberat itu seminggu empat kali sampai bulan Februari nanti? Gw ga bisa bayangin! Tapi yang gw ga habis pikir kenapa kalau Rama latihannya kayak gitu tapi badannya tetep aja kerempeng si? Kak Nina bilang itu karena struktur hormonal badan Rama emang ga bisa berkembang dengan latihan macam begitu. Latihan itu kira-kira makan waktu satu setengah jam. Rama? Badannya penuh keringat, semua ototnya mengejang. Pokoknya dia kayak ga kenal siapa-siapa selain beban pemberat dan latihannya deh! Nih, kutipan percakapan gw sama kenalan baru gw, kak Nina!

Tiara: "Ih kasihan amat latihannya sampai kayak gitu! Ga takut Rama kenapa-kenapa tuh?"

Nina: "Dalam latihan beladiri nggak ada istilah kasihan. Kalau masih mampu, ya harus dilakukan. Rama itu laki-laki dan dia sendiri yang memutuskan untuk ikut beladiri, jadi harus siap terima konsekwensinya. Lagian, bukannya dia sering nyakitin dirinya sendiri? Ini pasti urusan kecil buat dia."

Tiara: "Iya juga si, tapi apa lewat latihan macem gini bisa ngembaliin auranya Rama yang katanya udah hilang? Terus, apa si maksudnya Rama? Katanya kehilangan aura berarti kehilangan malaikat pendampingnya. Malaikat? Emangnya beneran ada gitu?"

Nina: "Sebenarnya aura nggak akan hilang selama pemiliknya masih hidup. Prinsip dasarnya, aura baru bisa digunakan (dikendalikan) kalau pemiliknya berpikiran positif dan berhati bersih. Nah, apa yang terjadi sama Rama belakangan ini membuat pikirannya kacau dan hatinya jadi tercemar jadi tidak bisa berpikir positif, dan terus terang saya agak kecewa. Itu alasan kenapa Rama nggak bisa memakai auranya. Tentang malaikat pendamping, maksudnya Wahita? Sebenarnya itu bukan malaikat dan Rama sama sekali nggak punya malaikat pendamping atau makhluk halus dan semacamnya. Wahita itu sebenarnya adalah bagian dari pikirannya sendiri yang terbentuk kalau Rama berkonsentrasi penuh. Hal itu mungkin aja terjadi kalau Rama punya konsentrasi yang bagus dan bisa memusatkan aura, jadi seolah-olah dia menciptakan bayangan dan lawan bicara di hadapannya. Itu nggak gampang, karena cuma orang yang cepet bisa konsentrasi yang bisa. Rama ngak sadar kalau sebenarnya Wahita bisa dikembalikan asalkan dia menginginkannya. Wahita itu bagian pikiran Rama yang positif, jadi kalau Rama berpikiran negatif, dia nggak akan keluar.

Tiara: "Wah, seru juga! Jadi maksudnya kalau Rama dan Wahita bercakap-cakap itu sebenernya Rama ngomong sama dirinya sendiri?"

Nina: "Bener. Tapi beda sama orang gila. Disini, Rama memecah pikiran di otaknya menjadi dua. Pertama adalah pikiran tentang dia sendiri, dan kedua adalah halusinasi dari pikiran positif Rama yang kita kenal sebagai Wahita itu. Saya pikir Rama itu punya pribadi yang unik, tapi kita juga harus hati-hati. Kalau Rama itu jadi baik, dia bisa sangat positif progresif, tapi kalau sampai terjadi sebaliknya, dia bisa jadi sangat negatif destruktif, bahkan nggak bisa dibayangin gimana kalau dia sampai jadi orang jahat. Itu kenapa saya berusaha mendidiknya dengan keras, karena perkembangan mental Rama sangat bergantung dengan siapa dan dimana dia. Ini sih menurut saya!"

Tiara: "Buat reviewer game dan anime yang udah biasa ngadepin hal mustahil si ga heran lagi, tapi gw beneran ga tega liat latihannya kayak gitu. rama ampe lemes gitu, duh apa ga papa?"

Nina: "Ini latihan yang terbaik saya rasa. Perlu waktu lama untuk memulihkan kesehatan Rama ke kondisi puncak, dan itu nggak akan bisa kalau Rama sendiri selalu berpikiran negatif. Dengan memberinya beban seperti ini dalam latihan, yang ada dalam pikiran Rama cuma rasa sakit dan bagaimana caranya bisa menyelesaikan latihan ini. Saya tahu betul kalau Rama itu tipe orang yang nggak pernah mau menyerah sebelum mengeluarkan kemampuannya yang maksimal. Dia punya gengsi dan harga diri yang tinggi soal itu, jadi saya rasa dia nggak akan mungkin mau nyerah di hadapan saya. Dalam kondisi seperti ini, nggak mungkin buat Rama untuk mikirin keputus asaannya, masalahnya, kesedihannya atau hal negatif lainnya. Kalau sampai konsentrasinya buyar, dia bisa celaka dan nggak mungkin kan dia mau celaka? Ini juga bisa jadi pelajaran buat dia kalau mati dan nyakitin diri sendiri itu nggak enak. Sekarang masalahnya hanya satu, bagaimana caranya melewati ujian ini. Oh ya, secara fisik Rama juga akan tambah kuat. Kalau sudah terbiasa bergerak dengan beban pemberat seperti itu, kalau dilepas maka gerakan Rama bakal jadi lebih ringan. Lihat deh, kalau nanti sudah sering latihan, saya akan buka dan kamu bisa liat loncatannya bakal jadi lebih tinggi."
Tiara: "Gw ngerti. Berarti secara nggak langsung fisik Rama bakal terlatih sekaligus mentalnya, gitu?"

Nina: "Ya."

Tiara: "Terus apa loe ga ngajarin dia teknik berantem gitu? Apa udah cukup dengan latihan gitu aja?"

Nina: "Teknik bertarung? Saya rasa pengetahuan dasar Merpati Putih yang dikuasai Rama sudah cukup. Lagipula tujuan Rama ikut Merpati Putih itu bukan untuk jadi petarung. Dia hanya suka olahraga dan mematangkan kemampuan batinnya, jadi mau saya fokuskan Rama jadi seorang defender. Rama punya olah nafas yang bagus dan semangat yang tinggi. Selain itu, kalau kemampuan batinnya dikembangkan, itu bisa membantu mengatasi masalahnya. Sekarang penglihatannya hilang sama sekali kan? Jadi menurut saya penguasaan aura dan kemampuan bertahan lebih baik untuk mengandikan matanya ketimbang teknik bertarung. Kalau dia punya semangat dan tekad untuk nggak nyerah, orang sehebat apapun pasti bakal bisa dikalahkan."

Tiara: "Wah bener juga! Ntar kalau dikasih teknik berantem bisa-bisa kantor Hot Game jadi hancur lebur! Tapi, apa loe yakin sama Rama?"

Nina: "Ya. Saya yakin dia bisa, dan saya akan merasa senang kalau nanti bisa berhadapan sama Rama sebagai lawan dalam kondisi puncaknya. Saya mau lihat apakah fisik dan mentalnya bisa jadi lebih baik."

Tiara: "Ha!? Maksudnya, yang bakal jadi lawan tanding Rama nanti itu elo sendiri?"

Nina: "...dan itu akan jadi yang ketiga kalinya."

Nah itu tadi kutipan percakapan yang gw salin dari rekaman wawancara gw. Sehabis latihan itu Rama pingsan dan baru sadar sekitar lima menit. Duh, gw sendiri ga bisa ngebayangin kalau dia harus latihan seperti itu sampai bulan Februari nanti. Gw percaya aja sama kak Nina. Tapi ada satu hal yang gw heran. Kok ada ya lawan yang mau nurunin ilmunya ke lawannya? Komentar lain, nih kejadian udah kayak di anime aja! Ga bakal percaya kalau ga ngeliat sendiri! Kalau gini caranya biar gw ini cewek preman gw ga mau ikutan! Gw ga mau latihan pakai beban pemberat kayak gitu!

Gw emang belum paham bener soal ini. Maklum, gw cuma bisa beladiri pakai pen dan keyboard. Yah. Kalau memang ini bisa membantu Rama kembali seperti dulu, gw bakal dukung. Gw yakin loe semua juga dukung kan? Wah bakal jadi kayak apa ya? Kalau udah bisa "CIAT CIAT" mungkin boleh juga dikasih tambahan kerja jadi sekuriti, hihihi!  Satu hal yang gw yakin, Rama pasti bakal jadi lebih kuat...

Ok deh Ram, jangan nyerah ya! salam buat beban pemberatnya!!!

CATATAN! Percakapan antara gw dan kak Nina itu udah gw edit, jadi biar enak dibacanya.


FINALLY, I HAVE PLACE INSIDE MAN'S HEART...

Rama, makasih udah ngajarin gw kalimat itu. Tapi yang terpenting, makasih karena loe udah memberi banyak banget kebahagiaan buat gw dalam dua bulan masa kita kenalan, dan hari ini...

Pembaca sekalian, gw minta maaf karena catatan ini murni gw yang tulis. Gw tulis ini karena saking bahagianya. Bahagia banget...

Kita berdua sama-sama udah ngerasain apa itu luka Ram. Kita bisa saling berbagi luka itu kan? Gw ga tau apakah keputusan yang loe ambil ini murni untuk gw atau sekedar pelampiasan, tapi apapun gw ga peduli. Yang penting gw pernah ngerasain penerimaan ini.

Gw ga bisa ngomong apa-apa. Sekarang yang ada buat gw, eh maksudnya kita, adalah sekarang. Bukan masa lalu dan bukan masa depan. Sekarang yang akan menentukan keduanya.

Rama, gw cuma minta satu syarat. Jangan pernah buang masa lalu loe. Kalau loe bilang loe ga bisa maafin diri sendiri karena udah terlalu banyak berbuat kesalahan sama seseorang, cabut dendam dan maafin dia Ram. Kita bersaudara semuanya, iya kan?

Sekali lagi gw ga bisa ngomong apa-apa. Rama, makasih ya... Gw bahagia...

Mmmm...boleh kan gw tulis tanggalnya disini?

-16 Desember 2003 - Kokoro & Pain *Xenosaga*-


SOAL ARTIKEL

Ada beberapa pembaca tulisan Rama yang bilang kalau Rama banyak masukin pendapat pribadi waktu nulis soal soundtrack game. Nah, soal ini mungkin bisa gw bantu jawab. Yang pertama, temen-temen harus tau perbedaan antara REVIEW dan ARTIKEL. Kalau dalam review, kita boleh memasukan informasi yang kemungkinan besar ga bisa didapat dari sumber tulisan, contohnya irama lagu dalam soundtrack game. Untuk menentukan iramanya seperti apa, kita harus dengar soundtrack itu sendiri. Yang dilakukan Rama selama ini adalah review dengan cara itu. Coba bandingkan dengan tulisan tentang Yasunori Mitsuda dan Yoko Shimomura yang pernah ditulis Rama. Disana informasi dibubuhkan lengkap karena memang di dalam artikel tidak diperkenankan memasukkan pendapat pribadi tanpa ada sumber yang jelas. Gw rasa Rama ga melakukan itu di artikelnya. OK deh, udah jelas kan?


RAMA JADI PANGERAN? TIARA JADI PUTERI?

-20 Desember 2003 * Teater Tanah Airku-

Mau tau kayak apa tampang Rama kalau didandanin rapi pakai jas dan pakaian formal? Mau tau juga gemana cantiknya dan femininnya gw, preman yang namanya Tiara waktu pakai gaun?

Malam minggu ini Rama ngajak gw nonton konser klasik di Teater Tanah Airku. Gw belum pernah jadinya penasaran. Ya udah gw akhirnya setuju. Rama minta gw dandan yang cantik kayak puteri. Duh RIBET! Gw terpaksa minta bantuan tante habisnya gw ini ga pernah dandan seperti itu!

Mau tau ga? Rama ternyata ganteng juga lho! Kayak Tuxido bertopeng! Jadi ga keliatan kalo yang nonton bareng gw itu orangnya kurus kering (sorry Ram)! Ya deh! Karena udah ngajak dan ngasih tiket gratis gw bakal panggil dia PANGERAN RAMA. Kali ini beneran kayak pangeran si! Gw juga baru tau kalo ternyata musik klasik enak juga! Kata Rama ini pertama kalinya dia pergi berdua doang sama cewek nonton konser klasik. Buat yang ini gw cuma kasih komen "GOMBAL." Tadinya mau ngajak Gin karena dia janji mau traktir Gin dari honornya, tapi katanya Gin ga bisa karena ada urusan.

Karena mau Natal dan Tahun Baru, lagu yang dibawain rata-rata bertemakan Xmas (lagi-lagi "kata Rama") dan gw sama sekali ga ngerti siapa komposernya. Tapi Rama keliatan seneng banget. Gw? Musiknya enak jadi ya gw enjoy aja. 

Gemana Ram? Loe seneng?


FAQ BUAT RAMA

Q1: "Wah, Aurora lagi patah hati ya? Jgn sedih mulu! Skr suka dgr musik apa?"
Q2: "Aku suka musik sedih loh! Kasih tau dong OST apa yang musiknya gitu!"
Q3: "Ini buat Tiara. Kamu temen Aurora dari kecil ya? Kok tau banyak dan mau gantiin Aurora sih? Punya diary online juga nggak?"
Q4: "Kapan balik lagi ke diary online? Kangen ama corat-coret Aurora yang sok British itu tu!"

A1: "Yah Ramanya emang lagi depresi berat. Udah baca tulisan gw kan? Tapi soal musik dia malah kebalikanya! Dia lagi gandrung sama Motoi Sakuraba, komposer musiknya Valkyrie Profile sama Star Ocean yang mainin musik jenis PROGRESSIVE-ROCK (Komposer favorit gw juga). Jadi udah tau kan Rama dengerin musik kayak gemana?"
A2: "Kata Rama, coba aja cari soundtrack Shenmue - Chapter 1 OST (2 CD). Kalau ga salah di Shinsaga juga ada!"
A3: "Untuk yang ini, gw minta ijin dulu dari Rama apa boleh gw ngejawab disini. Kalau boleh, ntar gw pasti tulis di update terakhir bulan ini. Tapi yang pasti gw ga punya diary online atau blog. Gw cuma punya tagboard dan itu khusus untuk komunikasi gw sama Rama. Eh gemana kalau coba jalan-jalan ke www.miskinpapa.com?"
A4: "Kabar gembira nih! Rama pastiin mulai bulan Januari 2004 ini dia udah balik lagi! Kabar gembira juga buat gw karena ga harus lagi pusing niruin gaya tulisan Rama disini dan meriksa dua inbox tiap hari. BECANDA RAM! Tar bisa-bisa gw dihantem tinju aura lagi! Ampun Mr. Aurora!"

Sorry. Itu tadi gw yang jawab soalnya Rama lagi ga banyak omong. Tapi dia kasih ijin ke gw dan jawabannya itu gw kasih setelah tanya langsung ke Ramanya.


LATIHAN MERPATI PUTIH II - SISI JAHAT RAMA

Wah ga nyangka kalau banyak pembaca yang suka catatan tentang latihan Merpati Putihnya Rama! Eh gw cuma mau kasih tau kalau itu bukan rekayasa. Mungkin kerasa enak banget dibacanya yah soalnya gw ini kan reviewer anime yang udah kebiasaan nyusun kalimat! Jadi harap maklum! Nah kali ini gw mau ceritain lagi tentang latihan Rama yang kelima yang gw liat. Sorry banget kalau yang ini gw ga bisa nyalin atau ngerekam suara percakapan Rama sama kak Nina karena waktu latihan itu hujan deres! Tapi intinya gw bakal coba ceritain.

Pokoknya kak Nina bilang kalau inti latihan waktu itu adalah untuk membersihkan mental Rama dari pikiran jahat. Gw beneran ga nyangka kalau hari itu bakal ngeliat sisi paling jahat dari diri Rama. Loe semua jangan sampe ngeliat deh! Gw aja sampe ngeri ngeliatnya!

Malem itu kak Nina minta waktu untuk berhadapan berdua aja sama Rama. Ga kayak biasanya kak Nina mancing-mancing emosi Rama dan terus seperti itu. Rama tadinya ga terpengaruh tapi waktu kak Nina ngomong soal Femmy emosi Rama langsung keluar. Kak Nina bilang kalau Rama itu pembohong besar. Dia bilang kalau sebenarnya Rama juga udah kehilangan rasa cintanya ama Femmy. Dia berusaha menekan Rama untuk mengakui hal itu sampai akhirnya Rama beneran marah. Di saat itulah kak Nina tiba-tiba kembali ke sifat aslinya yang tenang itu. Dia minta Rama ngeluarin semua emosi yang dirasainnya dan minta Rama menyerangnya dengan sekuat tenaga seolah-olah dia itu Femmy. Kayak biasanya Rama ga pernah pikir panjang lagi kalau ngeluapin emosinya. Disitu ketauan kalau selama ini Rama selalu memendam kemarahan di dalam hatinya dan ga pernah dikeluarin. Menurut kak Nina itu ga baek buat jiwa Rama karena disamping itu bisa membangkitkan rasa dendam dan kebencian, pikiran Rama akan rusak dan auranya ga akan bisa dikeluarkan dengan sempurna. Kak Nina ga nyerang cuma pasang posisi ngeblok semua serangan Rama. Setiap kali Rama mukul atau nendang dia selalu ngeluarin isi hatinya lewat omongan. "Femmy pembohong besar! KEPARAT! Ternyata dia ngebujuk gue untuk pulang itu untuk nipu gue dan lari dari gue! KEPARAT! Sekarang dia mau ngelupain gue dan pasti dia seneng banget bisa menang dari gue! Gue nggak terima! Gue harus balas semua perbuatan Femmy," dsb. Rama beneran kayak orang kalap dan terus nyerang kak Nina. Kak Nina yang bilang sama gw udah pakai tenaga penuh untuk ngeblok semua serangan Rama bahkan sempet terhuyung-huyung dan tangannya sampai berdarah. Begitu terus seperti itu sampai Rama kehabisan tenaga dan kak Nina teriak "PUAS!?" sambil memukul KO Rama.

Awalnya gw ga ngerti kenapa kak Nina ngelakuin semua ini ke Rama. Bukannya memancing emosi orang itu ga baek? Tapi kak Nina nerangin kalau ini bisa banyak membantu meringankan beban mental yang dirasain Rama meskipun ga semuanya. Dengan mengungkapkan perasaan seperti itu setidaknya emosi yang menumpuk di dalam dada bisa berkurang. Kak Nina juga bilang kalau dia ga mau Rama jadi seorang pendendam yang terus menumpuk kemarahan di dalam hati. Dia ga mau juga kalau bulan Februari nanti harus bertanding dengan kebencian dan emosi. Yang kak Nina mau Rama bertarung dengan semangat. "Kalau Rama terus menyimpan perasaannya seperti itu, hatinya nggak akan bersih dan mana mungkin Rama bisa memakai auranya dengan baik," jelas kak Nina.

Gw cuma ga bisa bayangin gemana kalau yang berdiri disana itu bukan kak Nina tapi beneran Femmy. Duh ga berani ngebayangin deh! Rama bener-bener jahat malem itu. Bener-bener jahat dan hampir aja gw setuju dia ganti nickname jadi Dark Aurora. "Setidaknya dia bisa muasin emosinya dan ngak melakukan itu langsung ke Femmy kan?" kata kak Nina.

Setelah ini, Rama juga akan dibimbing oleh suhu yang namanya Pak Eddy. Mulai sekarang Rama diminta untuk melepas semua emosinya. Kalau perlu Rama juga boleh dateng ke rumah Pak Eddy karena disana ada banyak benda latihan yang katanya memang dipakai sebagai sasaran pukulan dan tendangan. Rama boleh melepaskan emosinya dengan syarat memakai gerakan Merpati Putih dan sasarannya adalah benda-benda itu. Gw ga tau kayak apa bendanya tapi gitu deh kira-kira keterangan yang dikasih kak Nina.

Jadi sekarang udah keliatan seluruhnya tentang sisi paling jahat dari diri Rama. Ga heran kalau kak Nina khawatir banget Rama jadi jahat. Bukan ga mungkin Rama yang punya senyum ramah yang khas itu bisa jadi mesin pembunuh yang...ih, gw ga berani nerusin! Hmmm, kak Nina juga bilang kalau sebenarnya kemarahan itu bukanlah karena Rama benci tapi karena dia merasa kehilangan sesuatu yang lagi dinikmatinya. Gemana si rasanya kalau loe lagi makan es krim yang enak dan mahal tiba-tiba ada yang ngambil? "Rama cuma memaki dengan kata KEPARAT dan nggak memakai kata lain. Itu tandanya dia nggak mau mencela Femmy. Dia cuma marah, itu aja," jelas kak Nina. Heran aja ama nih cewek. Kok kayaknya tau banyak tentang soal kejiwaan ya? Jangan-jangan dia juga korban patah hati lagi!

Waktu Rama bangun dari pingsannya gw seneng banget karena Rama bisa senyum dan bilang kalau dia ngerasa jauh lebih baik. Rama bahkan sampai berkaca-kaca waktu kak Nina nanya dengan suara lembut: "Rama nggak marah lagi kan? Maafin saya ya. Maafin Femmy juga. Mau kan?" Syukur deh! Tapi gw heran aja kok Merpati Putih juga ngajarin soal mental sampe sejauh ini ya? "Lho, saya kan jebolan Fakultas Ilmu Psikologi," jawab kak Nina. HAAH!?!?!?


KEPUTUSAN RAMA

Seminggu berlalu dan cerita itu telah sempurna. Rama, gw ga bilang itu berakhir karena gw yakin tanpa cerita itupun kita masih tetep bisa bersama. Rama loe ga perlu merasa telah berbuat kesalahan karena telah mengambil keputusan ini. Gw mengerti kalau seseorang yang ada di dalam hati loe itu tetep ga tergantikan. 

Loe mau tau Ram? Gw ngerasa udah cukup bahagia karena dalam seminggu ini bisa meraih salah satu impian gw untuk bisa jalan bareng sama loe. Gw udah bilang kalau apapun yang terjadi gw udah siap. Gw ga peduli soal itu Ram. Apapun keputusan yang loe ambil akan gw terima. Tapi satu hal yang gw mohon. Gw minta loe ga pergi atau melakukan hal-hal tolol seperti waktu itu. Gw mau loe tetep disini. Gw mau loe tetep sama-sama gw. 

Gw ga biasa ngungkapin perasaan gw tapi mungkin kali ini gw ga bisa menahannya. Maaf kalau gw tulis ini di diary loe. Rama gw sayang loe...


HEBAAAAAATTTT!!!!!!

Gw acungin DUA JEMPOL buat hacker Rama! Dengan kemampuannya menghack musik jeleknya Nintendo dia bisa dapet SOUNDTRACK ORIGINAL!!! Kenapa gw bilang hebat? Pertama karena gw ga bisa. Kedua karena kerjaan yang banyak dicela itu bisa menghasilkan soundtrack seharga 400 ribu. Gw jadi ngiri tapi juga seneng karena gw boleh pinjem.

Masih inget Shinsaga? Hari Rabu tanggal 24 Desember ini Rama kesana lagi sendirian dan ngobrol sama Vigo sang penjual. Katanya dia tertarik pengen tau musik Nintendo hasil kerjaan Rama dan waktu Rama kasih tau apa aja musik yang udah bisa Rama hack si Vigo sepakat untuk tukeran dengan soundtrack game Unlimited SaGa. Wah orji? Rama ngaku belum pernah denger tapi dia setuju aja. 

Ini mungkin bisa jadi contoh buat kalian yang baca. Kerjaan jadi hacker kayak apa yang dilakuin Rama itu mungkin keliatan buang waktu dan ga guna. Tapi siapa yang tau apa yang bakal terjadi? Buktinya sekarang Rama ga perlu ngeluarin duit untuk dapetin soundtrack mahal. Gw juga ga harus ngeluarin duit! Pinjem ya Ram!!!


UPDATE TERAKHIR - TENTANG GW

Ga terasa udah hampir sebulan gw gantiin Rama di diary online ini. Wah ternyata asyik juga! Gw jadi pengen ngebangun home page atau blog yang kayak gini tapi sayang gw ga banyak temen. Tapi sejak disini gw jadi banyak dapet kenalan temennya Rama. Eh, makasih buat loe semua yang udah konek sama gw! Gw cuma hobby nulis sama kayak Rama jadinya ga ada masalah buat gantiin posisinya disini dan lagian gw kan cuma nyeritain apa yang gw liat dari Rama. Kayaknya gw harus cabut karena Rama bilang mau balik lagi mulai tahun depan. Buat pengunjung setianya Rama pasti seneng banget karena Rama juga bilang mau ganti layout diary online ini! Oh ya gw mau minta maaf terutama karena gw ga pernah nulis bahasa Inggris kayak Rama. Gw udah bilang kan kalo gw ga bisa bahasa Inggris? Maaf juga karena pertanyaan yang berhubungan sama hacker-hackeran ga gw tulis disini. Gw ga ngerti dan takut salah jawab tapi percaya deh gw udah tanyain itu ke Ramanya langsung dan dia bilang mau kasih jawabannya langsung. Terus gw juga mau minta maaf kalo ada yang ga suka ama tulisan gw disini (tadinya gw cuek soal minta maaf gini tapi Rama ngajarin gw untuk minta maaf).

Gw udah minta ijin ama Rama dan COBA TEBAK! Loe yang penasaran siapa gw bakal gw jawab sekarang!

A: Ga ada yang nanya nama asli jadi gw ga kasih tau. Nickname TIARA itu diambil dari salah satu benda / relik kuno yaitu sebuah mahkota pelindung yang biasa dipakai ksatria cewek sebagai bagian dari pakaian tempurnya. Terus TIARA itu juga pelafalan kata TEARS yang diucapin dalam bahasa Jepang. Gw lahir 12 Februari 79. Gw ga cantik tapi sexy. Gw ga punya suara bagus tapi kalo nyanyi enak didenger. Gw bawa mobil sendiri tapi lebih suka kemana-mana naek angkutan umum. Gw hobby banget nulis tapi ga punya diary selembarpun. Gw punya banyak fans waktu jadi penulis di salah satu majalah anime dulu tapi sayang gw ga punya banyak temen. Gw preman abis tapi soal cinta gw feminin. Soal kenapa gw lebih suka pakai nama Rama ketimbang Aurora soalnya gw emang suka banget nama Rama. Ini yang terakhir soal gosip masa lalu seksual gw - biar gw jawab dengan tegas! GW DULU LESBIAN TAPI GW TETEP PERAWAN!!!

Segitu aja cukup kan? Nah sekarang saatnya gw cabut dan tunggu aja kembalinya Rama! Oh ya sebelum pergi gw dan juga Rama ngucapin "MARRY XMAS & HAPPY NEW YEAR" buat loe yang merayakannya.