MEI - 2004

 

Senin, 24 Mei 2004

NIA, BERTAHANLAH...

Nin, gue tau banget gimana kerasnya hidup yang harus elo jalanin, tapi gue juga percaya kalau Allah nggak akan ngasih cobaan yang melebihi kemampuan umatnya. Cowok elo...itu orangnya tegar dan tahan banting. Elo beruntung punya pasangan seperti dia. Gue tau kalau kehidupan di dalam keluarga elo itu keras, tapi elo tau satu hal? Gue juga ngalamin hal yang sama, tapi karena nyadar gimana nggak enaknya dikerasin, gue nggak ikut2an jadi keras. Besides, elo tau banyak tentang sisi gelap gue, Dark Aurora yang kalau udah muncul bisa bikin gue jadi manusia super jahat? Itu muncul karena gue terus2an menekan perasaan gue dan menyembunyikannya dari orang lain, sampai gue sadar kalau ada saatnya kita juga harus berbagi, misalnya elo dengan cowok elo. Seperti gue, elo tau kalau banyak orang yang nangis di pelukan gue dan mereka berbagi beban itu ke gue, gue juga percaya kalau Allah juga udah nentuin orang yang tepat yang bakal jadi tempat gue nangis. Bertahan Nin, bertahan... Elo memang cewek, tapi cewek harus kuat juga, OK? Sekarang...kalau elo baca jawaban gue, please masuk kuliah dan jangan mogok. Sorry gue nggak bisa sampein ini ke cowok elo, soalnya...pasti lebih romantis dan sinematis kalau elo yang tangis2an berdua...! GOOD LUCK!!!

RAMA SAYS: 10:07 WIB

I SUMMON YOU.........LUFIA!!!

OK, gue bakal kasih pendapat gue secara personal sekarang. Hmph, untung aja elo nurut mau dateng, tadinya gue sempet mau CABOET aja kalau elo bersikeras, hehehe becanda! Masak iya gue tega ngebiarin si suster kucing mengeong centil...?

Maybe it will sound very mean, tapi setelah ngeliat karakteristik elo... Sebelumnya gue minta maaf tapi, coba deh elo tumbuh sedikit lebih dewasa lagi. I mean, your way of thinking, and the way you behave... Elo pasti tau kalau pasien elo itu sering bokinan sama cewek yang rata2 bukan dari dunia anime, makanya elo kudu menyesuaikan diri. Coba deh sekali waktu elo ketemu dia dan nggak ngomongin soal yang berbau anime, game atau canda2an. Coba bersikap sedikit lebih tenang dan dengerin apa yang dia omongin. Nggak perlu dipeduliin dia itu mau cuek atau gimana, pokoknya elo kudu bisa jadi lebih dewasa dari dia. Gue mau kasih contoh simpelnya aja, gue sendiri... Elo tau? My world is full of GAME MUSIC, hampir nggak ada waktu luang buat gue untuk nggak berurusan sama hal itu. Tapi, waktu gue berduaan sama si 'Neng', gue ADJUST topik pembicaraan ke yang lebih enak ke kita berdua. Ngerti kan? Meskipun gue gila setengah mampoes sama yang namanya musik game, tapi gue nggak terlalu memforsir itu ke si 'Neng', karena komunikasinya bisa hambar...

Nah, kalau elo gue bisa paham. Pasien elo itu mungkin suka ngomentarin hal2 yang nggak enak, but keep calm. Mungkin gue minta elo terlalu banyak, tapi cuma ini jalan satu2nya. Kalau nggak sanggup, ya gue saranin elo putar haluan dan cari cowok lain. Itu kenapa gue minta elo berbusana agak kewanitaan, bukan buat ngerjain atau menuhin apa yang pasien elo mau, tapi pembawaan itu bisa berpengaruh. Kalau dia bilang, "pakai lagi," ya tanggepin aja dengan santai. Turutin, tapi nggak usah didenger tuh yang ide CHILDISH macem pakai rok mini kayak SAILOR MOON.

Lufia, gue nggak bermaksud merubah kepribadian elo atau mengatur sana-sini, karena yang paling ngerti tuh ya elo sendiri. Enak elo yang mendesah, nggak enak elo yang menjerit, bukan gue? Please open your eyes and say hello to your maturity... Gue tau elo tuh keras kepala, jadi sekali lagi ini paradigma yang bisa gue paparin ke elo. Oh ya, ada contoh satu lagi... Gue itu termasuk orang ekspresif yang bisa gampang ngungkapin perasaan, termasuk jadi romantis atau nangis di depan cewek, tapi berhubung si 'Neng' nggak suka, jadi gue harus belajar mengendalikan diri. Di mata si 'Neng', gue itu harus jadi cowok tulen yang dewasa dan pengayom, nggak perlu terlalu ekspresif dan romantis, tapi lebih mengarah ke kebersamaan... Itu...hal2 yang dulunya hilang dari gue, tapi gue harus buka mata dan ngeliat kenyataannya sekarang kalau gue ini COWOK DEWASA...

One thing, good luck as miracle may happen everytime...

RAMA SAYS: 09:43 WIB

RAMA'S WORKING AGAIN: MY MUSIC WISH-LIST

"Silahkan lihat entri WHAT 'TO-DO' LIST di halaman depan..."

Ah, senengnya! Hari ini kembali lagi duduk di depan PC yang jadi studio musik mini gue, now I am doing 'KNIGHT OF PRINGGONDANI'. Rasanya nggak tahan aja ngebiarin suara2 instrumen yang bernyanyi di kepala, apalagi setelah ketemu si 'Neng' yang jadi inspirasi pertama pembuatan album musik game ini... Well, the instruments sound just almost real, tapi masih ada ganjalan di dada yang bikin gue nggak ngerasa nyaman, dan itu juga yang dipikirin sama Ferry, arranger gue. The problem is, software instrumen yang kita pakai tuh bajakan, dan rasanya nggak tega aja kalau nanti kita bisa menghasilkan banyak uang dengan software itu. Kalau mau dikalkulasi, harga terendahnya sekitar enam jutaan. Besides, ada satu WISH-LIST yang gue dan Ferry inginkan, yaitu program koleksi instrumen VIENNA SYMPHONIC LIBRARY yang dibuat pakai instrumen klasik beneran! Here below, see my dream!!!

Itu barusan adalah salah satu produk ekonomis dari VIENNA SYMPHONIC LIBRARY yang diberi nama Opus. Harganya sekitar sepuluh juta, and its instruments just make me crazy about having it. Ada temen yang usul kalau hasil dari keuntungan proyek musik game KNIGHT OF PRINGGONDANI itu dikumpulin buat beli sound library ini. It sounds good, tapi nggak tau deh gimana pendapat Ferry.

Oh ya, sekarang gue udah ngelarin 2 setengah lagu. Ada satu lagu pertempuran yang gue kasih judul 'TIARA MENARI 2' (lagi2 gara2 si 'Neng') yang gue rombak karena menurut Ferry, musiknya hampir sama kayak lagu 'FORCE YOUR WAY' dari Final Fantasy VIII. Pokoknya tunggu aja kabar dari kita berdua...!

Oh, one thing! Opus contains all original classical instruments, all in 4 DVDs...! Kalau boleh dibilang, itu sesuatu terbesar kedua setelah si 'Neng' yang Rama impi2kan. Ada yang terharu dan mau nyumbang...? SOK ATUH!!!

RAMA SAYS: 06:19 WIB

Minggu, 23 Mei 2004

RAMA AND HIS GIRLMATE: IT WAS SO SWEET...

Gue baru aja selesai berbenah bahan2 kuliah untuk besok, rasanya nggak bisa nahan lagi untuk nulis pengalaman dua hari bersama si 'Neng' di Bandung. Yes, it was the sweetest moment, the time I met my girlmate for the first time... Oh ya, 'Neng' itu bukan nama aslinya, itu panggilan termanis gue untuk dia... Pada penasaran? Maaf, kalo pada nyari di ensiklopedia atau buku primbon nggak bakal ketemu deh...! Hey, Berdo'a aja siapa tau elo kenal foto yang gue pajang disini...and run to her straight away...!

Waktu gue sampai di Bandung, gue langsung dijemput si 'Neng'. Kontan, cewek yang gue godain dengan sebutan Yuna-nya Indonesia (tokoh di game Final Fantasy X) itu langsung jadi mata ketiga gue, taking good care of my walk and talk... Kaget aja karena ternyata dia punya suara yang lumayan lembut... Kita makan n' shopping bareng selama dua hari. Oops? Do I mention SHOPPING over there? Itu salah satu hal yang gue nggak suka, tapi sebenernya bukan itu-nya, tapi karena gue bisa terus deket sama si 'Neng', jagoan di lapangan bola dan futsal itu (Interview: Ng, ada cita2 jadi pembalap atau petinju?)

Oh ya, ada sesuatu yang beda dan sangat mencolok yang terjadi waktu gue bareng sama si 'Neng'. Gue yang pernah dijulukin titisannya dewa Kamajaya lantaran katanya gue dibilang cowok romantis (bahkan gue aja nggak ngerasa kalau gue nih romantis) bener2 jadi biasa banget hari itu. Emang, itu juga sih salah satu usaha banting stir yang gue lakuin, seperti kata 'Neng', "Cinta itu tumbuh dari sesuatu yang biasa, berubah jadi luar biasa..." Oops? Here I sound like Kamajaya again...sorry! Yo, intinya gue seneng banget...!

Usaha banting stir yang lain? Disini, gue nggak akan kasih janji, ngomong "Gue akan..." atau "Gue harus...", sok COOL atau terlalu MELANKOLIS. Itu, karena satu hal yang gue pelajarin dari si 'Neng'. Gue baru nyadar kalau yang gue impikan dalam sebuah hubungan tuh adalah kelanggengan, dan gue rasa hal paling menyenangkan sama 'Neng' adalah waktu kita berdua ngejalaninnya dengan santai. Bagus deh, jadi gue nggak perlu capek2 nulis rayuan atau bikin lagu romantis khan!? Tapi kalau 'Neng' emang mau, YOUR KNIGHT WILL ALWAYS BE READY FOR YOU... *Kamajaya, stop talking!!!*

Ada juga kejadian unik waktu kita lagi makan siang. Pengamen yang nyanyi waktu itu punya suara yang mirip banget sama PADI. Karena suaranya bagus, si 'Neng' request sebuah lagu yang liriknya persis kayak apa yang seharusnya gue utarain ke si 'Neng' (BEEP!) It means, gue nggak perlu lagi ngomong, soalnya isi hati gue udah disampein lewat nyanyian pengamen itu...

The last one, I just realize that all I really want from 'Neng' is...being CLOSE next to her...

Minggu siang gue caboet dari Bandung, karena malem ini gue harus nyiapin bahan untuk ngajar dan ngelanjutin bikin musik. We both ended the day very nicely, and it was a short kissbye for her... *kurang dari 1 detik*

: "Yeah, you finally did it, little master! CONGRATULATION! You made it very sweet...!"

: "You FLIRT ANGEL...! How dare you eavesdrop me!?"

: "I am Wahita, Rama's cuty angel...will be ready to watch over him everytime, hi hi hi! There, I've made him blushing again...! I guess I am outta here, or...something bad will happ..."

: "GET...OUTA...HERE!!!!!!!!!!"

RAMA SAYS: 19:32 WIB

Selasa, 18 Mei 2004

FINAL FANTASY IX: I'VE JUST FINISHED MY JOURNEY...

Buat temen2, mereka yang bilang gue sok sibuk akhir2 ini, sorry banget. Mungkin belakangan ini gue jarang nongol karena lagi asyik baca skrip dari game Final Fantasy IX. Wah, seru banget bisa ikut bertualang bareng Zidane dan Puteri Garnet alias Dagger (cukup aneh buat nama samaran seorang puteri). That memorial game has brought me to the greatest fantasy I really wish to see. Plot ceritanya yang klasik RPG, sarat dengan ksatria, penyihir, magic, juga petualangan yang mengasyikkan. Tambah seru apalagi waktu diiringin soundtracknya. Buat yang udah mainin game ini pasti nggak akan pernah lupa, bahkan gue yang cuma baca skrip ceritanya sekarang bisa mengingat kembali isi dunia FF IX seluruhnya. The Kingdom of Alexandria and the other great nations...will always be here in my memory...

That's the reason of my disappearance. Mungkin minggu ini gue istirahat dulu karena kecapaian baca skrip yang gedenya lebih dari 400 kilo itu! *keringetan* What will be next? Mungkin gue mau baca skrip dari game Shadow Hearts...

RAMA SAYS: 11:21 WIB

Senin, 17 Mei 2004

ABOUT MY SEXUAL HABIT...?

Oops? Should I answer this question under the light of sun?

TANYA: "Eh gw mo tau cewek kayak apa sih yg bisa bikin loe terangsang?"

: "Ah, mmm, *malu2* Nggak nyangka aja ada pertanyaan macem gini di inbox. OK, I'll tell you! Beda sama cowok kebanyakan yang nggak bisa brenti melotot liat cewek berpakaian sexy atau yang suka pamer2 perut, gue lebih...bergairah kalau ketemu cewek berbusana super anggun. Nggak tau, tapi tampilan feminin bener2 membuat gue jadi panas. Suster...? It works! Tau kan gimana suster di Jepang? I really want to be one of her patients...! Shortly, feminine girls will fly me to the will of MARRIAGE...! *BEEP*

See? Gue udah jawab pertanyaan kalian. Don't care, as this is my DIARY ONLINE!

RAMA SAYS: 22:46 WIB

Sabtu, 15 Mei 2004

I MISS YOU, MY GIRLMATE...

"Today I am on my duty again, rescuing friends..."

Uh, rasanya sedih banget karena nggak bisa ketemu. Batal, karena ada banyak kesibukan yang harus gue kerjain, jadinya gue nggak bisa nemuin girlmate gue. Tambah sedih, apalagi waktu tau kalau dia lagi ngambek. Duuuhhh...!

Tapi, gue seneng banget waktu malem ini lagi browsing pakai internet temen, and I receive an e-mail. Sure is, my girlmate's!!! I can't stand but to reply it straight ahead...!

Honey... Kalau aja kamu tau, Rama pengen banget mengosongkan hati ini dari kejaran bayangan2 pendahulumu. Itu...menyiksa sekali. Mereka membuat Rama ingin sedih, ngerasa sakit, bahkan balas dendam... Rama pengen kamu membersihkannya dari hati Rama, so I mean, I really want to think of you everytime... I miss you, honey...

RAMA says: 21:19 wib

Selasa, 11 Mei 2004

VIBRA: POWER UP! PC KOMPOSER DENGAN SUARA MENGGELEGAR

Akhirnya niat untuk upgrade speaker komputer kesampaian juga. Buat penikmat musik seperti gue, ternyata 2 speaker yang AS-BUN alias asal bunyi tuh nggak cukup, apalagi ditambah kerjaan gue sebagai penulis lagu menuntut adanya alat keluaran suara yang bagus untuk ngetes musik yang habis digarap. Maka jadilah Vibra, komputer gue itu sekarang dilengkapi dengan dua speaker satelit dan satu subwoofer. Emang sih nggak terlalu canggih, tapi ini udah cukup untuk bikin soundtrack2 megah macam Xenosaga dan Valkyrie Profile jadi menggelegar (gue sendiri sampai kaget).

Nggak ada lagi problem suara sember kalau suara terlalu keras atau adjustment bass yang terlalu tinggi. Nggak ada lagi problem suara pecah waktu bitrate musik dinaikin. Yang ada...BOOM! Suara melodi bener2 nyaring, dentuman peluru dan gebukan dram kerasa dalem banget, tentu saja anti sember n' pecah! Sekarang gue lagi seneng dengerin musik2 game yang berupa orkestra, soalnya kerasa banget kualitas suaranya. I am now listening to Xenosaga Episode I OST.

RAMA SAYS: 10:58 WIB

SOAL PACAR

TANYA: "Daku kaget banget waktu baca diary online kamu yg bulan ini. Pacar...? Lho udah punya lagi? Ga takut gagal lagi toeh?

: "First of all, gw cuma bisa bilang...entahlah. Padahal gw sendiri yang bilang kalau gue nggak pengen punya relasi apapun sekarang ini. Tapi waktu gue ketemu yayang, gue ngerasa santai banget. Selain itu mungkin gara2 sifat gue yang nggak mudah nyerah dan selalu pengen nyoba/bertaruh yang bikin gue jadi mengambil keputusan ini. Tapi yang sekarang gue memutuskan untuk banting stir, ngejalanin hubungan kita dengan cara yang 'beda' dari apa yang pernah gue jalanin sebelumnya. Gue dan do'i cuma pengen punya hubungan ini dan ngejalanin aja, nggak mau terlalu pusing mikirin ini itu. Kita jalan berdua, that's all. Gue pengen hubungan gue tetap seperti sekarang, santai2 aja. Tapi bukan berarti gue cuek loh, kalau emang bisa terus sampai nanti...gue ... ah, jadi malu!

Gue juga memutuskan untuk nggak terlalu berlebihan kayak biasanya. Elo liat? Gue bahkan nggak ngasih tau namanya kan? Tapi kalau emang pengen tau, mainin aja puzzle game di halaman utama home page ini dan pecahkan puzzlenya, ntar elo bakal tau siapa namanya (nama panggilan aja loh).

"One thing for sure, my girlmate is pretty...pretty sexy...!

RAMA SAYS: 03:27 WIB

PERTEMPURAN MELAWAN DIRI SENDIRI

I am now praying, trying to ask God to lift up this cursed feeling...

Kebaikan dan keburukan di dalam hati gue akan selamanya disini, nggak ada salah satu di antaranya yang akan hilang. Keduanya akan hilang saat gue menutup umur. Benarkah begitu? Sampai sekarang gue masih belum tau, tapi sepertinya hal itu sudah merupakan sebuah kepastian. Gue...yang sangat membenci diri gue ketika berubah menjadi DARK AURORA merasa putus asa karena setiap kali hal itu terjadi, gue selalu kehilangan orang yang gue sayangi... Mengharapkan bertemu dengan seseorang yang mau menerima gue secara utuh, baik dan buruknya...TIARA! Itu seperti mimpi, tapi...bukannya gue ini 'Radical Dreamer'? Haah, apakah benar begitu? Apakah benar2 ada...?

Pantas saja kalau Nabi Muhammad bersabda bahwa pertempuran terbesar adalah ketika kita melawan keburukan yang ada di dalam hati kita sendiri... I...really truly HATE my dark side, setidaknya itu jadi sebuah tusukan kecil yang mampu melukai sisi buruk dari hati gue. Kalau seandainya sisi baik diri gue kalah suatu hari nanti, setidaknya semua tau kalau gue sangat membenci sisi buruk hati gue. Sisi buruk, yang telah mengakibatkan banyak luka...

Kalau memang ini adalah pertempuran abadi...I'LL STAY HERE TILL THE END OF TIME...

RAMA says: 02:19 wib

Senin, 3 Mei 2004

SEBELUM AKU PERGI: MUSIK PENGGUGAH SEMANGAT, DAN PACARKU TERCHWUAYANG...!

Hari penentuan telah tiba, dan gue harus segera berangkat. Rasanya 'basi' banget kalau kepergian ini harus dilepas dengan air mata, makanya gue pasang lagu dari game Ogre Battle 64 (Revolt) sebagai pengiring diary online bulan ini. Seperti ksatria perang yang bersiap menuju medan laga.

'Yang terchwuayang, kalau kamu kangen aku, duduk aja di depan TV dan tungguin iklan Nutri Sari. "Kurinduuuuu---Padamuuuuu"

RAMA SAYS: 08:00 WIB

Minggu, 2 Mei 2004

UNTUK PACARKU

"This one below is taken from 'Love Will Grow', FINAL FANTASY VOCAL 1 - LOVE WILL GROW."


Love will grow, and nothing comes in the way,
It's true that love is here to stay
All we have to do is to face tomorrow.

Love will grow; there's no need to run and hide,
It's true we've always been so slow
Should I tell you now what's been burning inside?

Darling, strange days are over,
Fears and tears, they're all gone.
This is the very beginning
Now, the world is meant for you and me.

Love will grow; there's one thing I'm sure of now
I know that we'll get no more sighs,
Love is to us true-blue, and there's no sorrow.

Love will grow; come what may, we'll never part.
Let's hold on tight to dreams of ours,
Even though we've still got a long way to go...

See how the day has just broken,
Oh, so fresh from the world
See how the brand new sun's coming up
Let it now...
Shine on you...shine on me!

Love will grow, and nothing comes in the way,
It's true that love is here to stay
All we have to do is to face tomorrow!

RAMA SAYS: 14:47 wib

UNTUK SI KECIL MUNGIL BERISIK...

Hello, gue lagi! Sebenernya gue nggak punya banyak hal yang pengen disampein, paling2 cuma paragraf mengharukan. Karena gue takut kota elo banjir air mata, makanya gue pasang background musik yang bersemangat (Kalau elo punya speaker, nyalain, atau beli dulu di toko). Pertama, gue minta maaf karena nggak bisa ngasih tau BLAAR-nya ke elo, tapi gue udah berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai hal yang terbaik. Itu untuk semua hal. Oh ya, tapi gue nggak bilang kalau jadiannya elo sama Mr. 'A' atau nggak itu sebagai ukuran. Itu semua terserah yang di atas. Yang jelas, gue nggak akan pernah ngelupain jasa elo karena sekarang gue udah kembali ceria...termasuk hari ini, gue nggak bisa brenti kangen sama 'neng Tiara...'

Satu hal yang pengen gue sampein, tapi jangan nangis dulu donk!!! Kita tau gimana Mr. 'A' itu, manusia yang bisa dijadiin bahan ceng2an dan celaan, tapi ada sebuah sifat baiknya... Kalau dia dalam masalah pribadi, dia nggak pernah mau merepotkan atau membebani orang yang disayanginya. Meskipun dia nggak tau gimana cara nunjukinnya, tapi gue rasa elo bisa tau itu...

Sebelum gue pergi, gue mau titip pesen. Ini untuk kebaikan diri elo dan mohon diamalkan. Kalau pipis harus disiram, kalau tidur jangan ngiler, kalau kangen dilarang kebelet...^_^!!!!!!!

RAMA SAYS: 10:29 WIB

Sabtu, 1 Mei 2004

RPG INDONESIA...MULAI DIGARAP!!!

Hari ini gue dan temen2 yang sedang ngerjain proyek game RPG Indonesia ngumpul di Blok M Plaza. Inilah untuk pertama kalinya kita memproklamirkan diri, sekaligus menandai awal penggarapan proyek kita. Semua anggota divisi udah nunjukin progress kerjaannya, dan kita mengubah rencana pemasaran game yang semula hanya untuk konsumen lokal, sekarang diperluas hingga ke luar negeri. WOW, keren nggak seeh!? Memang prosentase di entri 'What TO-DO List' belum gue ubah, karena menunggu sampai kelarnya website yang lagi digarap para programmer. Tunggu aja, dan gue bakal terus kasih info terbaru!!!

RAMA SAYS: 01:13 WIB

 

p