SENIN, 17 januari 2005

Rama's back to work: 100% RECOVERED!!!

Good morning everyone...! I am starting to work! Guess what time is it? Seven in the morning!

Yup, kemarin gue nginep di kantor lantaran ada beberapa berita yang harus gue edit dan buat terjemahannya. Semalem itu bener2 kehabisan semangat, so I called Wiwien (my Hermione)  to cast on cure charm on me. Well, it works, meskipun gue sedikit ngerasa bersalah karena telfon dan SMS gue yang semalem itu udah membuatnya terbangun. Tapi apa hanya itu? Of course not, ada sumber semangat yang paling spesial (ada catatan tersendiri di bawah posting hari ini, check it out)...

Hmmm, it's not really starting anyway. Gue masih browsing dan cek e-mail, karena kerjaan meng-edit udah kelar semalem, jadi gue bisa sedikit santai. Sekarang...mau cari sarapan dulu ah, NYAMNYAM!!!

Rama Says: 07:05 WIB

MINGGU, 16 januari 2005

Thank you, Cho Chang...

Malem ini gue lembur di kantor, nggak kebayang kalau di hari libur ini jari gue masih harus menari di atas keyboard sementara otak gue berdansa dengan editing dan translasi. It's not bad anyway, karena sebenernya gue suka dengan kerjaan ini.

Tiba2 RaRa berdering, and it's Cho Chang on the line! Mungkin Allah tau kalau gue lagi butuh banget semangat, so he takes control of Rani to call me. Hehehe, tapi gue seneng banget, apalagi memang Rani nggak bisa sering2 telfon ke gue (hehehe, she'll take an hour, or perhaps more?).

Kayaknya gue nggak perlu nyanyi You Raise Me Up buat ningkatin semangat gue, as Cho Chang is here...!

PS: Rani, makasih banget udah telfon Rama. Even though just a minute, it means a million times of energy charger...!

Rama Says: 22:93 WIB

Peresmian kerjasama: Aurora & Divinekids Associates

Masih mengikuti perkembangan kerjasama gue dan Divinekids Associates? Siang ini, gue ketemuan sama Pak David Setiabudi, manager DKA di Mall Taman Anggrek. Kita berdua ketemu untuk menandatangani surat pengesahan kepemilikan musik yang dibeli Pak David dari gue, sekaligus mengesahkan keanggotaan gue di DKA sebagai komposer.

Penandatanganannya sendiri nggak berlangsung formal kok, kita sambil makan siang di McDonald. Oh ya, siang itu kita juga banyak ngobrol, terutama soal kelanjutan game produksi Divinekids. Rencananya DKA mau meluncurkan game balap mobil animasi, dan membuat game aksesibel yang bisa dimainin sama temen2 tunanetra, keren kan?

Satu hal yang gue suka dari Pak David, beliau mau mempekerjakan gue dan memberi penilaian terhadap musik2 buatan gue dengan obyektif tanpa memandang gue ini tunanetra. Terbukti, masih ada beberapa musik buatan gue yang belum lolos seleksi, itu menandakan dia bener2 memberi penilaian yang selektif dan bukan karena kasihan, I hope that's true... That's good anyway, dan gue akan berusaha lebih keras lagi!!!

JUM'AT, 14 januari 2005

Aurora turun mesin? Waduh!

Mungkin ini untuk pertama kalinya gue kehilangan semangat bekerja. Gue juga nggak tau, tapi hari ini males banget! Gue udah nyoba browsing dan download, tapi tetep aja males...

Akhirnya gue nggak kerja seharian ini, dan menghabiskan waktu nonton pingpong khusus tunanetra di teras kantor. Memang permainan ini jadi tontonan yang paling seru di kantor, karena nggak cuma klien yang main, tapi karyawan juga ikut nimbrung. Biasanya meja pingpong ini baru ramai kalau sore, tapi berhubung minggu ini masih libur sekolah, jadi dari pagi udah penuh.

Wah, semoga gue nggak lama2 turun mesin dan cepet baikan...

SELASA, 11 januari 2005

diary online is back!!!

Hello everyone...!

Wah senengnya, akhirnya diary online muncul lagi, dan sekarang dengan wajah baru! Hehehe, padahal tahun baru udah lewat satu minggu, tapi gue baru sempet posting sekarang. Meskipun udah ada beberapa peristiwa, tapi sebagai salam pembuka, perkenalan terhadap wajah baru diary online gue taruh di update paling atas. Dimana? Ya disini donk...!

Kenapa ganti tampilan? Well, hari Jum'at yang lalu gue dan temen2 reporter Mitra Netra Online berkunjung ke kantor berita ANTARA dan ketemu Ibu Artini, beliau ini salah satu pentolan ANTARA yang jadi penasehat kita. Mengutip nasehat beliau tentang website: "Buat website yang fresh dan selalu baru." So, here I am! Kalau soal tampilan dan layout, seperti biasa gue coba buat desain sendiri...lagi2 harap maklum kalau banyak kekurangannya. But I've done what I can...

Well, itu dia salam singkat dari gue...and now, just enjoy your visit...!

Rama Says: 19:29 WIB

SABTU: 8 JANUARI  2005

NAIK KERETA API
"TUT.TUT.TUT"

Ah, rasanya udah lama banget nggak berpose seperti ini! Sejak gue mulai kerja dan sibuk dengan musik, gue jadi jarang banget bertualang naik kereta kota ke Mangga Dua, an adventure I loved so much. Siang ini, gue dan Slamet pergi ke Mangga Dua karena gue mau beli kabel data untuk RaRa (My beloved Nokia 7250), jadi gue bisa transfer SMS/MMS,/Tones, download e-mail dan juga gambar2 jepretan gue.

Rasanya kangen juga bergelantungan di kereta, menyaksikan berbagai potret kehidupan yang berputar virtual. Ada tukang jualan, penumpang yang berdesakan, tukang copet, sampai pengamen kereta dari mulai yang kelas teri sampai seniman kreatif (like above).

Well, it was so nice anyway... Potret kehidupan di kereta kota itu, yang berdurasi setengah jam itu, seperti sebuah cerita yang hidup, nggak ngebosenin. Setiap hari pasti ada yang baru...

Rama Says: 23:04 WIB

SABTU: 8 JANUARI  2005

MELIPUT ACARA NATAL BERSAMA PENYANDANG CACAT

Sore ini gue kembali meliput acara yang berkenaan dengan kegiatan penyandang cacat, kali ini acaranya adalah perayaan natal yang dihadiri perwakilan dari semua kecacatan tubuh yang bertempat di Youth Center - Gelanggang Olahraga Remaja JAKARTA TIMUR.

Seperti biasa gue memburu berita, tapi yang paling berkesan adalah ketika gue berkesempatan mewawancarai dua pengacara kondang. Mereka adalah Pak Fredi K. Simanungkalit S.H. & Pak Heppy Sebayang S.H. Can't tell you much, but they are one of the greatest fighters for people with handicaps and special needs.

Oh ya, kali ini gue meliput sendiri (biasanya sama Mbak Fifi), dan ini adalah salah satu hari tersibuk di tahun ini. Sebelum ke Youth Center, gue ketemuan sama Julia (my new friend) di ITC Roxi (Jakarta Barat). Julia, if you happen to read this...gue mau ngucapin makasih buat traktiran McDonald dan ringtone Harry Potter-nya. Tapi yang paling penting, makasih karena udah rela kehujanan demi nganterin gue nyari bus dan bersedia jadi penikmat musik buatan gue. *terharu*

Rama Says: 22:09 WIB

KAMIS, 6 JANUARI 2005

DIWAWANCARA TRANS TV

Setelah INDOPOS, kini giliran reporter Trans TV yang bertandang ke rumah gue. Mereka mewawancarai gue seputar kegiatan dan musik yang gue tekuni, rencananya mau dipakai untuk acara Jelang Siang (ada yang tau nggak, abis jarang nonton TV seeh!?).

Pertama-tama, gue diminta memperagakan bagaimana proses pembuatan musik Tiara Beraksi yang makan waktu dua minggu itu, terus gue juga mainin lagu You Raise Me Up, playing with my Aurora. Yang paling kocak adalah waktu gue harus "acting" naik-turun tangga, kirim SMS, dan sampai bikin kopi sendiri! Gue juga harus nunjukin gimana cara gue "move 'n manufer" yang sampai melibatkan peran serta tukang ojek langganan gue (the most repetitive action ever).

Sampai sekarang gue belum tau kapan acaranya bakal ditayangin. Yang jelas gue udah pesen, kalau ada gambar yang jelek, mohon di-blur...!

Rama Says: 23:25 WIB

SELASA, 4 JANUARI 2005

ORANG BUTA MAIN GAME???

Gue tertarik untuk nulis tentang ini, dan yang dimaksud disini bukanlah gue. Mungkin temen2 bakal takjub, atau malah nggak percaya...

Hari ini gue browsing seperti biasa, and guess what I found! Sebuah situs yang dibuat oleh "orang buta" berisi game untuk "orang buta" yang dibikin sama "orang buta!!!"

Nama situsnya http://www.bscgames.com, dan disitu tertera dengan jelas kalau game2 yang ada disana dibuat khusus untuk temen2 tunanetra (Accessible Games). Bayangin!!! Gue aja nggak pernah nyangka kalau temen2 tunanetra di luar negeri bisa sekonsen itu (kalau disini mah jangan tanya). Gue masih tetep nggak percaya, sampai akhirnya gue download salah satu gamenya dan mainin sendiri... Coba tebak, gue bener2 bisa menikmati dan muka gue jadi tegang banget waktu mainin game itu (padahal nggak ada gambar di layar), bahkan temen2 gue di kantor yang nggak bisa melihat sama sekali, bisa menikmatinya!

Kok bisa seeh!? Nah, game2 yang dibuat untuk tunanetra itu memanfaatkan kecanggihan teknologi suara dan speaker. Contohnya adalah game DEEKOUT, sebuah game yang mengharuskan kita menghindari kejaran robot sekuriti dengan mengamati suara yang muncul di speaker. Contoh, kalau robot sekuriti ada di sebelah kiri, maka speaker yang berbunyi hanya yang kiri. Semakin keras bunyinya, semakin deket posisinya. It means, kita kudu mencet tombol kanan untuk lari...dan kalau suaranya makin pelan, itu tandanya kita udah jauh dari si robot.

Pembuatnya sendiri bilang kalau game ini adalah "the most annoying and pointless game." Kita hanya menghindari kejaran si robot (plus tambahan variasi item) selama mungkin, tiap 1 detik bernilai 2 points. Rekor si pembuat adalah 300, tapi gue bisa sampai 824. Yang lebih gila lagi, ada seorang tunanetra yang menghabiskan waktu seharian untuk mencetak point 23 juta!!! *ga bisa kebayang*

Nah, kalau kalian mau nyoba mainin game yang nggak ada gambarnya, sok deh download dan gabung sama kita! Unless you don't have high imagination, gue saranin elo nggak usah main, pasti bingung!!!

Rama Says: 19:04 WIB

WIWIEN = HERMIONE

"Apa-apaan neeh!?"

Gue yakin J.K. Rowling bakal mencak2 kalau tau karakternya gue colong lagi namanya. Kali ini, gue pakai nama Hermione untuk Wiwien, sahabat baru gue dari Palembang.

Well, since I have become close with her, and also my will to have close friend, that is...!

Well, I understand that this is just the Indonesian version of Hermione, Wiwien juga nggak bisa sihir dan punya rambut pirang...hehehe, kalau dia bisa sihir, gue pasti udah minta dia nyulap gue jadi ganteng, atau teleport gue biar bisa ketemu dia! The point is, gue seneng karena punya temen yang enak banget buat diajak ngobrol. Yang istimewa? I could have another best friend...!

"Hello, Hermy! Are you here?"

Rama Says: 07:11 WIB