SELASA, 29  maret 2005

SERBA-SERBI MENJELANG 31 MARET

{baca dulu catatan sebelum ini}

Menyiapkan listing koreksi website dan melatih perbendaharaan kata untuk menjadi penutur dan penterjemah tentu bukan hal gampang, apalagi gue tetep harus bekerja. Oleh karenanya, kesehatan, kondisi tubuh yang vit dan istirahat cukup mutlak diperlukan. Itu kenapa gue nginep di kantor untuk seminggu ini, jadi gue bisa menghemat tenaga dan bisa bekerja secara kontinyu. Tapi gue tetapkan, jam 9 pas gue harus sudah tidur kecuali ada keperluan lain.

Several hours ago, there was something IMPORTANT (cancelled) I was waiting for, so I did this... Akibat minum dua gelas kopi kental untuk mempertahankan kesadaran, gue nggak bisa tidur sampai sekarang... Gue nggak perlu tulis penyebabnya apa (taking good image for everything), but here's the condition...

Jam 8 malem kerjaan udah kelar, but I "must" wait for three hours to meet that "important" stuff. Doing nothing (in an atmosphere of loneliness and confusion), I drank those double cups and spent a long time in front of my computer (again, doing nothing). Finally, the time arrived, but the "important" stuff was no longer "important..."

The result? Sampai sekarang gue masih blon bisa tidur...

-THE NOTES-

OK, tanggal 31 Maret mendatang, website Mitra Netra bakal resmi diluncurkan sebagai website aksesibel pertama di Indonesia, means, tunanetra dapat mengakses website itu tanpa kesulitan, tanpa mengganggu orang "normal" yang datang berkinjung. "Accessible" means both blind or sighted can use it, no need to remove picture or other web elements...

Basi banget nggak sih ngomongin itu? Sebenernya gue mau cerita tentang "behind the scene" acara ini.

Yang paling sibuk tentu Mas Nurichsan, Mas Budi, dan Pak Ahyar di bagian penelitian dan pengembangan, mereka ini yang bertugas membuat dan menyusun websitenya. Menyusul Mbak Aria, HMUAS Mitra Netra tercinta yang sibuk mengerahkan teman-temannya untuk melobi sana-sini, termasuk fotografer kita, Mas Izoedin yang kebagian tugas membuat video clip singkat untuk acara itu, wah...pokoknya dia itu seksi repot deh! Tim jurnalis juga sudah ditempatkan, dan Mas Suratim yang bakal jadi ujung tombak reporter disana.

And...how about me then? Making correction to the website, and preparing to be an interpreter for guests from Thailand... I'm SCARED... *shiver shiver*

 Rama Says: 03:47 WIB

SENIN, 28  maret 2005

DEAR LUFIA

Dear, if you happen to stop by and read this, I wish I could take down those sadness and tears from the stage of your life. It's not that I am strong, I can hardly say that as I also have lots lots things which are suffering enough to make me scream in pain, but I am trying to stand still, for the seek of those who need light...

The statement works forever, even for you...

 Rama Says: 22:35 WIB

NOSTALGIA WITH SEGA MUSIC

Hello everyone, I am back with new nostalgic game soundtracks! Kali ini gue bernostalgia dengan musik dari konsol SEGA. Masih inget Sonic the Hedgehog, si landak biru yang bisa lari secepat kilat dan berubah jadi Supersonic (warna emas) yang lebih cepat dari kilat dan kebal bagai dewa? Nah, gue dapet salah satu soundtracknya, Sonic & Knuckles (Arranged version) yang mungkin adalah game pamungkas Sonic era SEGA 16-bit, sebelum konsol itu lenyap untuk selamanya *nangis* Gue juga dapet versi aransemen dari musik Phantasy Star (Phantasy Star Sound Collection 1 dan 2), salah satu story-game buatan SEGA yang masih ngetop sampai sekarang.

First, gue ngerasa seneng banget karena gue bisa bernostalgia dengan musik2 itu, terutama itu semua mengingatkan gue ke masa kecil gue. Terutama Sonic, gue inget banget kalau hari libur itu paling berharga untuk gue, bahkan gue bisa menghabiskan waktu sehari penuh cuma untuk namatin seri Sonic sampai sempurna (dapetin 7 permata dan berubah jadi Supersonic). Belum puas sampai disitu, gue sampai bela2in ngerekam waktu gue lagi main, atau nyomot satu-satu lagu2 game dari opsi SOUND TEST di gamenya, waktu itu ngerekam pakai tape recorder kecil atau kompo, pasti tau deh gimana kira2 kualitasnya. Now that game music soundtracks and ripping abilities are everywhere, jadi udah nggak inget lagi tuh!

The second one, gue ngerasa kecewa karena versi aransemen dari Sonic & Knuckles kok...malah jadi lebih jelek dari versi aslinya? Gue cukup terhibur karena aransemen dari Phantasy Star itu keren banget, dibandingin sama versi aslinya, but not with Sonic & Knuckles! I'll explain it separately...

Kalau musik Fantasy Star, gue emang nggak terlalu tau, tapi yang jelas tim SEGA membuat gebrakan dengan mengaransemen lagu2 dari episode 1 sampai 4 dengan instrumen yang jauh lebih baik. Kalau ukurannya tahun 1993 waktu Phantasy Star Sound Collection 1 & 2 dikeluarin, WOW...itu udah keren banget! Biarpun diaransemen, nuansa petualangan dan sentuhan musik ala SEGA tetep kerasa. I personally love Phantasy Star Sound Collection 2 yang berisi 12 track Phantasy Star 4 (soalnya gue pernah mainin seri ini). Yang pertama juga bagus, karena selain versi aransemen, ada medley Phantasy Star 1, 2, & 3.

Untuk Sonic & Knuckles, hmmm...gue pikir gue lebih suka versi aslinya. Kenapa? Kayaknya musik2nya nggak serius diaransemen. Nada2 tambahan seperti di pembukaan dan akhir lagu terkesan ngaco dan dibuat-buat. Selain itu, kenapa sih nggak pakai instrumen sebagus Phantasy Star? Yang dipakai malah MIDI tahun 80-an yang kuno banget, tapi gue ngerti mungkin itu untuk mendekati kualitas musik aslinya. Kalo elo salah satu pemain game itu, elo pasti tau deh! But, that's okay anyway, dengan pertimbangan gue masih bisa dengerin "Sky Sanctuary," musik pengiring waktu Sonic berada di angkasa raya, track favorit gue di soundtrack ini.

Selain dua soundtrack di atas, kalian masih bisa dapetin koleksi musik2 karya Sonic Team (SEGA) yang lain. Where to find? Hehehe, I know that question! OK, take this...!

http://www.sonicstrike.net/users/sonicroms/

 

 Rama Says: 09:19 WIB

MINGGU, 20  maret 2005

"DARK DESTROYER"
TUNANETRA SELAMATKAN BUMI DENGAN PESAWAT TEMPUR

The doomday has come, the day when the earth finally will be gone from the galaxy. The humans' situation is desperate, they don't seem to stand a chanse against the huge army of enemies that have surrounded them, at all sides. They are in panic, and they don't manage to organise even the weakest defense. The first attacking ships have already been spotted, cirkling over the planet. All defense is meaningless, the last piece of hope is gone.

Suddenly, an enormous, golden spaceship bursts through the dark clowds, it sweeps down with a speed of an attacking snake and throws a bomb right at the closest enemy ship. It explodes with a bang that makes the earth tremble.
The golden ship continues to make it's way down through the sky, and a scene of a kind that never has been seen before takes place as one enemy after the other explodes in a clowd of fire. The ship is now only a few hundred meters above the earth, and in the light of the moon two shining letters are visible on the ships left side. D d.

Welcome to: dark destroyer!
Copyright Pb-games, 2004.

---

Yup, here comes another fun accessible game! Dark Destroyer adalah salah satu game untuk tunanetra, dimana kita bertindak sebagai pilot pesawat tempur ruang angkasa yang bertugas melindungi bumi dari serangan armada pemusnah. Dengan berbekal 5 bom (tombol ALT), tembakan laser (tombol SPACE BAR), dan radar detektor super canggih, D d siap melindungi bumi!

Cara mainnya sederhana, kita pakai tombol panah/kursor kanan dan kiri untuk menggerakkan pesawat. Dengan memanfaatkan teknologi stereo, kita bisa tahu dimana letak pesawat musuh. Kalau pesawat musuh ada di kiri, yang berbunyi hanya speaker kiri, dan kita harus menuju ke arah itu. Kalau suaranya semakin ke tengah, itu tandanya kita hampir berhadapan, dan begitu posisinya tepat, radar detektor akan berbunyi dan kita bisa hajar tuh musuh pakai laser. Awas, jangan sampai suara pesawat musuh mengeras dan dia mendarat, karena kalau sampai 10 pesawat mendarat, cuma ada satu kalimat, "Game Over" alias permainannya bubar!

Ada 11 level reguler dan 1 boss level, dimana kita bakal berhadapan sama gembong perusuh dan pesawat supernya. Di level reguler ada 5 macam pesawat tempur musuh dengan suara berbeda (untuk membedakan jenis pesawat). Di level 1, mungkin cuma 2 jenis pesawat yang dikeluarkan, gerakannya masih lambat dan cuma perlu beberapa kali tembak untuk menghancurkannya. Tapi begitu sampai level 11, kayaknya perlu sedia korek kuping dan vitamin neurotropik lantaran 5 jenis pesawat dikeluarin sekaligus. Oh ya, siap2 service keyboard juga, karena selain manufer yang cepat, kita juga perlu menekan tombol SPACE BAR untuk menembak dengan kecepatan tinggi, brak brak brak brak brak!

Di level 1, 4, 6, 8, dan 12, si gembong perusuh bakal berbicara meledek kita lewat intercom, jangan emosi lho, sebagai pahlawan pelindung bumi, kita kudu tenang!

Hari ini gue berhasil menyelamatkan bumi, akhirnya! Kalau pagi pagi gue udah kerepotan dan menghabiskan bom di level 6, sorenya gue udah dapet kemajuan. Gue kalah di level 8, 10, dan 11, tapi dari situ gue bisa mempelajari gerak gerik pesawat lawan. Nah, usahakan untuk nggak menghabiskan 5 bom penghancur di level awal, kalian sangat membutuhkan bom itu di sekitar level 7 sampai 10, percaya deh! Di level awal (1 sampai 3), jangan terlalu cepat bergerak, santai aja, karena kalian membutuhkan kelenturan jari untuk level 6 ke atas. Di level 6 sampai 8, kalau kalian udah berhasil menghancurkan pesawat lawan, coba bergerak kiri kanan kiri kanan tapi jangan terlalu jauh, itu untuk mendeteksi kemunculan pesawat berikutnya. Di atas level 9, konsentrasikan pada kecepatan menembak karena pesawat lawan sudah tambah kuat. Begitu menghancurkan satu pesawat, tetap diam karena nggak jarang pesawat lawan malah menghampiri radar, atau bergerak cepat ke arah suara yang datang, begitu pesawat nongol di kanan misalnya, bergerak kesana dan begitu radar mendeteksi, langsung tembak! Menurut pengalaman gue, pesawat tipe 5 yang paling susah dideteksi karena gerakannya zigzag. Kalau kalian sampai ke level 12 dan berhadapan dengan bos, jangan terlalu khawatir. Konsentrasi dan dengarkan suara pesawat atau ejekan si bos, lalu tembak. Sekali ditembak dia bakal melesat ke arah yang berlawanan (kalau ditembak di kiri dia bakal ke kanan). Cecar terus dan...selamatkan bumi! TIPS: Kalau kalian mau lebih konsentrasi, kalian bisa mematikan musik dengan menekan ENTER.

Sayangnya, game aksesibel ini tetap hitam kelam tanpa gambar. Memang sih ini game buat tunanetra, tapi apa salahnya dibuatkan animasi jadi orang yang melihat bisa tau dan percaya kalau tunanetra juga bisa main game. But overall, this is a nice game, apalagi statusnya freeware alias GRATIS! Hanya saja kalian harus bersabar download filenya, it's 62 MB.

OK, enough talking, and to be honest... Gue nggak pernah nyangka kalau ada game aksesibel buat tunanetra yang seasyik ini! Gue emang udah namatin nih game, tapi gue bakal main lagi karena gue suka banget. Oh ya, game ini cuma bisa berjalan lancar kalau kalian punya speaker dan sound card stereo terpasang di komputer. Kalau konfigurasi stereonya salah, kalian bisa tes pakai menu yang ada di pembuka game. Musik dan sound efeknya? PATEN ABIS! Jadi, tunggu apa lagi? Silahkan download gamenya di link berikut ini!

http://www.audiogames.net

 Rama Says: 20:12 WIB

sabtu,19  maret 2005

MITRA NETRA NEWS ONLINE
"BEHIND THE SCREEN"

Hari ini gue main ke tempat kost Mbak Fifi si Ibu Peri, soalnya semalem gue nginep di kantor. Laper banget, nggak ada yang bisa dicemil atau dipakai untuk mengganjal perut. Beruntung deh si Ibu Peri udah siap dengan bakwan dan risol, dan langsung aja panganan itu beristirahat dengan tenang di pencernaan gue, hehehe!

Pagi ini kita ngobrol soal kondisi lingkungan di kantor. No, it's nothing about it, karena 80% dari keadaan disana sudah cukup "sehat" dan menyenangkan, hanya saja "the other 20%s..." Ini juga sih yang dulu hampir bikin tim jurnalis Mitra Netra terpecah belah...

Kok segitu gawatnya seeh? It's time to tell you everything... Jadi, dulu, gue dan Mbak Fifi sempet ada hati dan jadi deket banget, tapi lingkungan yang 20% yang selanjutnya kita kasih julukan "Zona Hitam" itu jadi resek dan kayaknya pengen banget ikut campur urusan kita, dari mulai ngomongin yang jelek2 tentang kita, sampai nyirikin kita. Itu yang dulu bikin gue dan Mbak Fifi jadi ngerasa nggak nyaman dan hampir bertengkar, tapi sekarang kita sudah mengerti...

Alhamdulillah, minggu ini sahabat2 gue satu kampus, Astrid dan Anna bergabung dan bekerja jadi pembaca di Mitra Netra. Gue dan dua cewek yang emang udah akrab itu kontan nggak malu2 lagi, bahkan gue udah bolak balik pulang boncengan naik motor berdua Anna, atau makan bareng Astrid dan temen2 jurnalis di halaman kantor. Dari situlah kita melihat betapa reaksi orang2 zona hitam itu begitu kerasa.

Wajar, wajar kalau Mbak Fifi sampai bisa ngerasa nggak nyaman, pasalnya orang2 Zona Hitam itu terlalu ikut campur dan bersikap sangat sinis dengan urusan orang lain. "Iya, resek banget," ungkap Ibu Peri yang juga ngerasa keganggu banget.

Rupanya, belakangan baru diketahui kalau orang2 Zona Hitam selalu kasih komentar jelek setiap kali gue dan Mbak Fifi deket, atau tim jurnalis asyik bercanda. Nggak tau kenapa, tapi sementara ini tim jurnalis berprediksi kalau mereka iri karena meskipun kita becanda dan bisa neyelesein pekerjaan dengan baik, kita juga deket banget dan tergolong tim yang paling solid di kantor. Mereka iri karena mereka nggak bisa seperti itu...!

Nah, selanjutnya gue dan Anna serta temen2 yang lain berencana merubah paradigma jelek yang melekat di kalangan Zona Hitam. Kita mau nunjukin arti perkawanan dan persahabatan yang sesungguhnya. Selebihnya, kita juga nggak pernah ikut campur urusan pribadi seperti apa yang mereka lakukan. "Wong Nabi Muhammad SAW aja menikah pada usia 25 tahun, dan isterinya 40 tahun. Jadi apa yang salah kalau pria 24 menjalin hubungan dengan wanita 31?"

Jalan paling aman yang sekarang kita tempuh adalah lebih mendekatkan diri ke lingkungan 80%, mereka2 yang selalu berpandangan positif, bicara soal pekerjaan dan memberi motivasi yang membangun. Mas Nurichsan contohnya, web administrator Mitra Netra yang selalu memberi ide2 untuk gue, atau Mbak Aria, the greatest boss ever, yang selalu ngasih motivasi pembakar semangat untuk kita. Dengan begitu, gue, atau tim jurnalis pada umumnya, bisa lebih meningkatkan produktivitas kita tanpa harus takut dengan masalah pribadi. Gue percaya, yang 80% itu cukup profesional dan dewasa untuk tidak mencampurkan urusan pekerjaan dengan masalah pribadi.

Kalau ada orang2 Zona Hitam yang sempet baca tulisan gue ini, lebih baik kalian hentikan aktivitas yang nggak ada untungnya ini. Stop campurin urusan kita dan ngejadiin ini sebagai topik utama dan pekerjaan rutin sehari-hari. Atau...barangkali kalian nggak punya pekerjaan, gue bakal bantu nyariin pekerjaan yang jauh lebih mulia daripada "gossip & gossip." Biarkan kita punya tim solid, biarkan cinta tumbuh dan bersemi tanpa ada batasan umur, dan yang pasti...biarkan urusan orang jadi urusan orang... Kalian harus tau bahwa karena ulah kalian, sudah banyak orang yang menurun produktivitasnya (Including Ibu Peri and I, the most victim). Kita nggak pernah resek sama kalian, jadi jangan lakukan ini...

"Kalau memang kalian memaksa, gue akan bersikap tegas...! Please never play with fire..."
 

 Rama Says: 12:03 WIB

SELASA, 15  maret 2005

MITRA NETRA ON PRAMBORS

Wah, hari ini bener2 seru! Seneng, bangga dan juga terharu, semua adonan hati itu tumplek blek jadi satu. Bukan apa2 seeh, tapi lantaran Yayasan Mitra Netra tercinta bisa mengudara di Radio Prambors, one of the greatest young radio in Indonesia!

Di acara yang disiarin jam 18:15 WIB ini, gue, Ismail, dan Tolhas berkesempatan ON-AIR menceritakan tentang proyek Samsung Digital Hope beserta news onlinenya. Hmmm, asyik juga bisa ngebuka paradigma baru untuk temen2! So, kalau ada temen2 yang sempet denger acara ini dan mampir kesini, you see it by yourself. Diary online ini asli garapan tunanetra!

Dari sekian banyak SMS yang masuk, kita pilih 5 orang dengan SMS terbaik untuk dapet bingkisan dari Samsung. Overall, respnsnya bener2 positif dan keren2!

SPECIAL THANKS TO: The Prambors soldiers, yang udah membawa kita mengudara di angkasa kawula muda Indonesia!

P.S. " Warman...! You, DAMMIT!!! Don't tell them my biggest nasty secret!!!

 Rama Says: 21:36 WIB

SABTU, 12  maret 2005

YANG BARU DARI PROYEK GAME KNIGHT OF PRINGGANDANI

OK, tim RPG Indonesia BCM (Masih blon mau juga disebut namanya neeh!?) berkumpul lagi! Kita kasih progress masing-masing divisi, including me yang udah kelar dengan 10 lagu siap pakai. Rapat-rapat-rapat-rapat, sampai keluarlah statement ini:

"We are going to bring up Knight of Pringgandani's trailer!"

Kapan? Makanya, simak terus diary online!!!

 Rama Says: 19:22 WIB

JUM'AT, 11  maret 2005

CHO CHANG
I LOVE YOU SO MUCH

Hari ini gue pergi ke Bandung lagi, to meet my Rani Ariefanti, my Cho Chang. Kali ini nggak sekedar berkunjung, tapi dalam rangka ppenyembuhan juga...penyembuhan stress dan luka hati...

Meskipun kita cuma bisa ketemuan 1 setengah jam, gue bahagia banget. Satu hal yang membuat gue tidak bahagia adalah waktu gue harus rela ninggalin sarapan gue untuk naik bus jurusan Bandung yang paling pagi, ternyata kejebak macet dan masuk ke Bandung sebagai bus tersore (!!!).

Cho, makasih banyak untuk semuanya. Makasih udah bantuin aku ngeredain semua stress yang mengganggu di hati, juga udah membantu aku tersenyum lagi. Yang terpenting, makasih karena kamu udah mau "memaafkan" aku. Yes, I should say, you're the best I ever have. Biarpun kamu masih SMU (16), tapi kamu udah memecahkan rekor terpanjang sebagai cewek yang jalan sama aku, tanpa masalah, tanpa keributan...

P.S. : Met berjuang untuk beasiswa ke Jepang-nya. I'll boost you up from here!

 Rama Says: 23:14 WIB

senin, 7 maret 2005

0809-1000-???

Nomor telepon apaan toeh!? Kenapa ujungnya tanda tanya? Maaf, gue nggak bisa ngasih lanjutannya karena gue takut "menyebar dosa." Gue nulis catatan ini justru karena bersyukur, lewat tugas yang diberikan, gue bisa mewawancarai salah satu hamba Allah yang akhirnya kembali ke jalan yang benar...amin!

Mungkin sebagian dari elo ada yang tau nomor telepon apaan itu, intinya...elo bisa puasin hasrat, bahkan bawa temen ngobrol elo kemanapun elo suka. But in this case, kemarin gue menghubungi nomor ini karena mau wawancara dengan salah satu penerima teleponnya. Memang sih, ini adalah taruhan antara menunaikan tugas sebagai jurnalis, atau mengikuti gejolak muda. Alhamdulillah, safed by Cho's face, gue berhasil melalui wawancara itu dengan baik, dan setelah gue ketemu (janjian) dengan salah satu penerima teleponnya, dia mau menyadari kekeliruannya dan keluar dari pekerjaannya (Special thanks to Allah for his ultimate protection).

Ternyata dimanapun sama, nggak ada yang mau berprofesi seperti itu. Buat temanku yang sudah sadar, gue harap elo bener2 mengerti dan teguh dengan keputusan elo. Gue percaya sebenernya elo terpaksa melakukan itu, tapi gue juga lebih yakin kalau Allah lebih pemurah dan rejeki elo pasti sudah diatur. Please never look back, kalau perlu elo pergi jauh dari kota ini supaya nggak ada yang mengganggu elo lagi. But I wish you could stay, and we could talk again. Sure I won't mention your name here, but in case you come, you know that this is for you...

PS: Jangan tanya atau nyoba menghubungi nomor di atas (kalau tau), berbahaya untuk jiwa dan pulsa!!!

 Rama Says: 08:10 WIB

minggu, 6 maret 2005

TIARA MENARI 3
AKHIRNYA SELESAI

Kalau boleh dibilang, Tiara Menari 3 adalah lagu pertempuran paling lama yang gue kerjain untuk game Knight of Pringgondani. Hari ini, gue dan Ferry berhasil menyelesaikannya. Seneng banget, karena hasilnya sesuai dengan apa yang kita harapkan. Meskipun menurut gue dan Ferry ini nggak semegah Tiara Menari yang pertama, tapi kita udah ngerjain itu dengan maksimal, membuat Tiara dan pedangnya berkelebat di arena pertempuran dengan iringan musik TRANCE dan ORCHESTRA yang menggebrak.

"Coming up soon!"

 Rama Says: 17:19 WIB

kamis, 3  maret 2005

AURORA ON METRO TV

Udah pada baca kan di halaman depan? Mungkin sebagian dari elo juga udah nonton, jadi gue nggak perlu cerita banyak disini. Well, gimana kalau gue ceritain apa yang terjadi setelahnya?

Yup, untuk merayakan itu, gue dan temen2 jurnalis keluar makan siang bareng. I was the one that dried my wallet out, but that's okay! Yang penting gue bisa liat gimana gaya Mas Suratim yang sok intelek tapi selalu membawa canda yang menyegarkan, Mbak Fifi yang khas dengan ketawa geli dan gayanya yang sedikit manja, atau sastrawan Ismail yang sok sastra dan sok punya tiga kepribadian, hehehe!

Nggak, kita milih makan di pinggir jalan, makan bakso dan soto sambil duduk lesehan. Sayang, fotografer kita lagi bertugas ke Bandung, jadi nggak bisa ambil gambarnya ^_^ tapi gpp. Yang penting kan ceritanya (kata anak2 yang tunanetra)!

Nggak penting? Who told you? Disini justru gue mau nunjukin betapa kita saling mendukung satu sama lain, dan saling merasai satu sama lain. If I may say, this is the greatest group I've ever joined. Kalau aja ada Mbak Aria, Mas Tolhas, dan rekan2 responden dari daerah, PASTI TAMBAH SERU!!!,

 Rama Says: 13:12 WIB

RABU, 2 maret 2005

LACK OF UPDATE

Forgive me, please!!! Sekali lagi gue minta maaf karena lagi2 diary onlinenya nggak kesentuh selama beberapa waktu. Udah gitu, sampai ada yang bilang kalau sebaiknya nama diary online diganti weekly online, duh ya ampun! Gue bener2 sibuk akhir2 ini, jadi bener2 nggak bisa nyentuh2 hal2 di luar kerjaan.

Tapi gue mau bilang kalau itu bukan berarti diary online stop sampai disitu, gue pasti bakal kasih update kok! Please jangan tinggalin diary online ini, ya? Gini aja deh... Pada punya Yahoo Messenger khan? Just drop a message and I'll reply it immediately.

 Rama Says: 08:21 WIB

SELASA, 1 MARET 2005

KETIKA TEKNOLOGI JERMAN MANJAKAN TUNANETRA

Sore ini, Mitra Netra kedatangan tamu dari Jerman (jangan suruh gue nyebutin nama orang dan perusahaannya, SUSAH BANGET DIEJANYA). Mr. Kipke, perwakilan dari perusahaan penghasil braille display (alat yang mampu mengubah tulisan normal di komputer jadi huruf braille yang bisa diraba) datang untuk mendemonstrasikan peralatan/produk terbarunya. Sayang banget fotografer lagi nggak di tempat, dan posel gue lagi di-charge, jadi gue nggak bisa kasih gambarnya disini.

Keren, KEREN BANGET! Itu yang keluar dari mulut temen2 gue dan juga staf Mitra Netra waktu menjajal peralatan baru yang beraneka ragam. Ada yang namanya Braille Wave, ukurannya segede piano mainan untuk anak2, tapi gede banget manfaatnya! Kalau dikoneksi ke komputer, kita bisa transfer dokumen yang dibuat dengan pengolah kata semacam Notepad atau MS-Word. Nggak cuma itu, dokumen yang ditransfer bisa dibaca dalam bentuk braille, sementara orang normal bisa tetap melihat tulisan aslinya dalam bentuk latin di layar kecil, hebat kan?

Masih banyak lagi! Kita juga bisa mengkoneksikan komputer atau ponsel via bluetooth, jadi kita bisa mengendalikan komputer/ponsel dari jarak jauh atau mengetik SMS lewat alat yang dibawa Mr. Kipke dengan santai, ada keyboard mini yang bisa dicopot dan tatakannya berfungsi untuk menaruh laptop kalau mau dikoneksikan kesana.

Wah, saking senengnya ampe gue nggak bisa cerita disini, maaf ya! Tapi nanti beritanya bakal dimuat di www.mitranetra.or.id, so stay tuned!

"Satu hal yang membuat kita semua bersedih adalah: rata2 harga alatnya 30 juta..."

 Rama Says: 21:18 WIB