sabtu, 29 april 2006

 

ikut seminar menulis teknologi informasi

"Thank you for letting me follow this seminar. It feels great! Tengkyu banget yeeee! Ha ha ha ha ha!!!" (kutipan dari tulisan gue sendiri yang hari ini udah ditodong presentasi di...ach, baca sendiri deh lanjutannya!!!)

29/4/2006: Roxy Square Lt. 2 - Diamond Hall

Hari ini gue ikutan seminar menulis teknologi dan informasi yang judulnya...wah, gue lupa! Ntar ya, gue kupi-paste dari CD makalah yang gue dapetin dari seminar itu! Judulnya: CD Rom Seminar Kiat Menulis & Strategi Bisnis Penulis TI - 29 April 2006 (nggak termasuk kata "CDROM" looh!). Acara ini diselenggarain majalah BISKOM bekerjasama dengan beberapa vendor besar dunia TI, seperti Asus, Acer, Sony, dkk. Oh ya hampir lupa, acara ini juga didukung sepenuhnya oleh DEPKOMINFO dan DEPDIKNAS.

Sesuai temanya, di seminar ini kita mendapat kuliah mengenai bagaimana caranya mengembangkan atau meningkatkan tulisan kita di bidang teknologi informasi, termasuk caranya "publish" alias masukin buku ke penerbit. So, there were three Indonesian IT knights mentoring us... Siapa aja seeh!?
Yang pertama adalah Pak Joko Mumpuni, beliau ini perwakilan dari Penerbit Andi (Yogyakarta), salah satu penerbit buku2 TI terkenal di Indonesia. Nah, bapak berlogat "Jawa" inilah yang memberi kita tip dan trik memasukkan buku ke penerbit. He he, jangan harap gue tulis materinya disini, mendingan e-mail gue kalau mau, and I'll arrange something.

Who's next? Adalah perwakilan dari situs TI cabang dari detik.com alias Detikinet, Mr. Donny B.U! Dia menyampaikan materi singkat cara menulis IT untuk media online, termasuk kiat mengasah kemampuan menulis dengan menuangkan apapun yang terpikirkan oleh kita ke bentuk tulisan, seperti blog. "Kita harus menjadikan yang implisit itu jadi eksplisit," jelasnya. Btw, ternyata si bapak ini yang dulu pernah gue komplain lantaran situs detik.com susah diakses tunanetra. Pak, kalau bapak sempet mampir ke situs ini dan baca tulisan saya ini (atau mungkin ada yang mau mewakilkan), saya ucapkan terima kasih banyak atas jawabannya. Tentu, saya akan segera kirim kontribusi saya buat Detikinet, semoga judul artikelnya bukan "Cara meng-install Linux sambil merem," ha ha ha!

Nah...yang terakhir nich...yang dijuluki "Penulis Tua Tua Keladi!" Hehehe, itu lelucon yang muncul di seminar hari ini, yang jadi predikat tambahan buat penulis TI kenamaan Indonesia yang demen "memperkosa" penerbit, here we go, Kang Onno W. Purbo!!! Beliau membahas "how to write articles" secara lebih teknis dan mendalam. Serunya lagi, presentasi itu juga ditingkahi canda tawa Kang Onno yang emang terkenal jenaka (menurut gue seeh). Sayangnya, gue terpaksa harus gigit jari karena nggak bisa ngikutin materinya, kenapa? Karena harus capture gambar dan paste di PowerPoint, hiks hiks, gimane nich Kang Onno? Ada solusi nggax!?!?

"Ini Rama dari Mitra Netra? Bisa presentasi ke depan?" Hah!? Apa2an neeh!? Waktu pembicara pertama naik podium, tiba2 MC "menodong" gue untuk presentasi. Gue nggak tau apa yang bikin mulut gue menjawab "bisa," yang jelas gue sama sekali nggak ada niatan apalagi persiapan presentasi. Laah, wong gue ikut seminar kan kepingin belajar, kok malah ditodong? Akhirnya gue langsung mikir cepet, persis deh kayak hard disk SATA dengan RPM tinggi, nyari ide buat dipresentasikan. Untungnya gue bawa laptop dan di dalamnya ada beberapa portfolio gue. So, gue maju dan dikasih waktu 10 menit, dan disitu gue sharing mengenai bagaimana gue yang tunanetra ini punya keinginan untuk menulis juga *pasang tampang malu*. Selesai presentasi, mau tau komentar sohib gue Slamet yang nemenin gue ke seminar itu? "Jujur aje Ma, gue sih nggak begitu merhatiin presentasi lu. Gue tadi sempet kuatir lu bakal buka folder yang ada video joroknya, soalnya gue tau video itu ada di laptop lu!" *BEEP!!!*

The most important thing is, ilmu pengetahuan baru yang gue dapet dari acara ini. Gue nggak bisa tulis karena pasti udah dimuat media lain, termasuk foto acara ini juga pasti udah dimuat media lain...jadi, silahkan baca beritanya di media lain! Hehehe, nggak marah kan? Karena jujur aja gue nggak gitu suka curhat dengan bahasa baku, so...adios!!!

Special thanks goes to all!!!

Rama Says: 21:58 WIB

minggu, 23 april 2006

 

game terbaru divinekids

Yup! Setelah lama nunggu, akhirnya Pak David Setiabudi gembong developer game Indonesia Divinekids Associates (www.divinekids.com) ngeluarin versi terbaru dari gamenya, Magical Cangkul Tournament. Game main kartu cangkulan ini awalnya dibuat sebagai hadiah untuk mahasiswa2 BINUS, dan model pemainnya juga dari BINUS lho

So, apa sih yang ada di versi terbaru ini? Yes, that's right! Gue nongol sebagai salah satu karakter di gamenya!!! Pak David bilang ini adalah sebagai salah satu rasa terima kasihnya karena gue udah join Divinekids sebagai pembuat musiknya. Sayang gue nggak bisa jepret snapshot pas gue lagi dimaenin, tapi...ada kan karakter gue di gambarnya?

Pak David bilang kalau dia akan mengusahakan game ini dimuat di majalah BITMAP edisi Mei 2006. Kalau nggak, ya akan tetap dapat di-download di www.divinekids.com. Magical Cangkul Tournament v2 ini enak banget dimainin kalo lagi santai. Buat yang udah biasa maen kartu cangkulan pasti seneng deh!

Rama Says: 22:35 WIB

jum'at, 21 april 2006

 

sebuah peringatan

Saat engkau mengambil apa-apa yang bukan menjadi milikmu, maka sesungguhnyalah setan telah mengambil kebahagiaan dari dalam hatimu. Saat engkau menerima apa-apa yang bukan menjadi milikmu, maka sesungguhnyalah setan telah ikut memberikan ketidak tenangan padamu. Tidak bahagia dan tidak tenang... Lalu untuk apa melakukannya? Ya Allah, maafkan aku...

Rama Says: XX:XX WIB

rabu, 19 april 2006

 

pain

-Dedicated to: Kagome-

First we touch, and we hurt each other
Then we tear our hearts apart
We are too close and I can feel the pain
Fill my empty heart

Is this pain too much for me?
Can I stay the same?
When this pain consumes my heart
Will I be able to hold on to my soul?

Kindness is something I don't want or need
The sunshine would just dissolve me into light
Give me a pain as pleasing as your sigh
So I can feel you all the day and night
And keep me from fading away

Even when we behold each other
Somehow our eyes do not meet
And when you hold me in your strong embrace
Still I feel no heat

But it gives me such delight
To feel you closer now
I know I am true to myself
Though it cuts deep into my heart somehow

Kindness is something I don't want or need
The sunshine would just dissolve me into light
Give me a pain as pleasing as your sigh
So I can feel you all the day and night
And keep me from fading away

-------------------------

"I am sorry for what I have done, Kagome... That's the real me... Angel and evil... Both are living inside of me... I have no intention to complain or ask for forgiveness... Just only a little request to beg... Please love me as what this piece of my heart does...

Rama Says: 19:11 WIB

selasa, 4 april 2006

 

hello again

Guys, gue mohon maaf kalau update diary online terlambat banget, sampai2 gue nggak bisa kasih update bulan Maret, dan sekarang...diary online bulan Maret dan April dinaikin barengan??? Gue tau itu aneh banget, but this is the least I can do... Well, so much thing to tell, so much experience I have got. Yang jelas semuanya baik2 aja. Kabar terbaru adalah keluarga gue dan Kagome udah saling tau dan setuju tentang hubungan kita (happy)...! Again, yang belum tahu tentang Kagome/Yulia, plz read diary online Desember 2005!

Btw, I also got a new notebook! Thanks to my parents providing me... Jadi sekarang gue bisa belajar dan kerja dengan lebih mudah... About the name, gue belon kepikiran ngasih nama buat laptop gue...kira2 apa ya? Yang terpikirkan oleh gue sih Valkyrie...dari game Valkyrie Profile, soalnya body-nya yang ramping dan kinerjanya yang aduhai...! Ayo ayo, siapa yang mau kasih ide???

Untuk soal kuliah, alhamdulillah, semuanya lancar. Many thanks goes to my friends... Amalia, Yuki, Agus...kalian bertiga yang paling banyak bantuin tugas2 kuliah gue. Slamet, makasih banyak karena elo udah rela sampai nginep2 di WARNET buat nemenin gue doang. Buat yang jaga WARNET, including tukang mie goreng dan teh botol yang selalu nemenin perut gue di kala ngerjain tugas, thank you very much... You know, situs www.wikipedia.org (situs ensiklopedia) juga banyak membantu kelancaran tugas gue... So, hope this will be the last semester...

Untuk rekan2 yang udah setia menunggu, makasih banyak.

Rama Says: 07:42 WIB

 

musik diary online

Bulan lalu gue ketemuan sama Meina, dia itu temen kecil gue waktu di SLB dulu. Wah, nggak nyangka kalau cewek yang doyan kucing itu (doyan maen ama kucing, bukan doyan makan kucing) sekarang udah jago main piano/keyboard dan olah vokalnya juga mantep!

Nah, ini buktinya! Dengan bantuan keyboard Meina yang dilengkapi fasilitas untuk menyimpan file MIDI di disket, gue minta dia membantu gue ngegarap dua lagu. Sebenarnya udah kepikiran banget pengen nyelesein lagu ini, dan nggak nyangka aja kalau ternyata "finishing touch" bakal dilibas jari lentik Meina...!

Dua lagu ini mungkin nggak akan menyenangkan untuk kuping orang kebanyakan, but for those who like video game music, Insya Allah bakal suka. Lagunya sendiri bertemakan semangat, mungkin cocok kalo dipake untuk game tembak2an (pesawat ruang angkasa). Style musiknya sendiri pakai gaya band tahun 80-an!

Kalo kalian udah buka halaman diary online Maret 2006 dan halaman ini, truss nyalain speaker, there you will hear the songs! Lagu yang gue pake untuk diary online Maret 2006 judulnya TERBANG BERSAMA BIDADARI, dan untuk diary online bulan ini judulnya SAYAP PERAK (hehehe, pemilihan diksi yang norak nggak seeh!?).

OK, kalo kalian mau denger lagunya silahkan download di bawah sini. Disarankan kalian mendengarkannya pakai Microsoft Wave Synthesizer (pilih MIDI device yang itu), soalnya gue nggak bisa menyesuaikan dengan MIDI di komputer karena buatnya pakai keyboard... So, check it out!!!

- SAYAP PERAK
- TERBANG BERSAMA BIDADARI

Rama Says: 05:12 WIB