jum'at, 6 oktober 2006

 

unforgetable love song

Hehehe, gue rasa udah banyak tulisan model begini di internet, orang yang punya kesan/kenangan terhadap sebuah lagu. Tapi gue pikir kali ini bakal spesial, karena ini dibuat oleh orang yang notabene selalu ngomongin musik game melulu *smile*, coz this time, ini lagu umum! So, here goes!

That's the way it is - By Celine Dion

*ngebayangin gimana kagetnya reaksi pembaca*

Yup, that's right! Ini memang salah satu lagu bertemakan cinta yang dipopulerkan oleh penyanyi yang membawakan My Heart Will Go On (Titanic). And to me...this song is my funkiest love song ever!

Langsung aja deh! Memang apa sih yang membuat gue tiba2 pengen nulis tentang lagu ini? Yang jelas, ketika hari ini secara nggak sengaja menemukannya di hard disk komputer, setelah lebih dari 5 tahun nggak mendengarkannya lagi.

Kalo menurut gue, ini salah satu lagu cinta yang unik, karena selain iramanya yang tergolong santai tapi enerjik, syair lagu ini juga mengandung unsur semangat! Ya, seperti seorang kekasih yang sedang memotivasi tambatan hatinya. Itu sih yang paling membuat gue tertarik, selain kenangan2 yang bakal gue tulis di bawah ini!

1: Ketika tahun 1999 gue ikut National Speech Contest yang diadain LPIA (lembaga pendidikan Indonesia Amerika). Itu untuk kali pertama gue berkompetisi di hadapan dan melawan ratusan orang. Kebayang dong gimana tegang dan nggak tenangnya gue? Waktu tiba giliran gue naik panggung, selangkah sebelum gue naik, tiba2 kaki gue kaku dan sama sekali nggak bisa digerakkan, dan itu semua karena rasa nggak PEDE dan tegangnya gue. Gimana nggak? Gue adalah peserta tunggal yang mewakili LPIA cabang Jakarta Selatan, dan gue mempersiapkan segalanya dengan intensif selama 3 bulan! Tiba2 gue inget isi lirik lagu That's the way it is yang pagi ini gue dengerin (iseng2 nerjemahin) bareng sang tambatan hati gue waktu itu (duh, siapa toeh!?). Di situlah ketika gue merasa ada semangat membara yang membakar bekunya kaki gue...ketika terbayang oleh gue, di antara ribuan penonton itu, ada mereka yang ingin melihat kemampuan terbaik gue, ada mereka yang percaya dan mempercayakan tanggungjawab ini ke gue, dan ada "dia" yang nggak henti2nya memberi support dari pagi sampai detik itu. Akhirnya gue naik, dan alhamdulillah...keluar sebagai juara pertama! Masih keinget ketika pembawa acaranya sampai nangis waktu menyalami gue, waktu gue ada di pelukan guru2 pengajar dan temen2 gue, dan dia...yang meminta untuk memutarkan lagu itu... That's the way it is...!

2: Waktu gue ikut ujian masuk kuliah. Perhaps you may or may not know, kalo waktu mau masuk kuliah itu uang pendaftaran gue hampir dikembalikan. Pihak kampus menolak dengan alasan tidak ada fasilitas untuk tunanetra di kampus itu. Tapi gue tetap ngotot mau masuk dan minta dikasih ujian yang setara dengan calon mahasiswa lain. Gue bilang ke koordinator penerimaan mahasiswa baru, "Kalau saya tidak dapat memperoleh nilai di atas 80, silahkan keluarkan saya." Tapi sejujurnya itu cuma gertak sambel, karena pada kenyataannya gue bergidik waktu mengerjakan, dan gue hampir menyerah... But then again, I remember that song...and believe that if I want the most, there is no easy way out. So, I didn't have another choice but to continue fighting... Mau tau berapa nilai yang gue dapet? 80,2...

3: Yang ini mungkin sedikit aneh dan mengerikan, hehehe. Singkatnya, di akhir tahun 2000 itu gue ikut ujian kenaikan tingkat untuk beladiri Merpati Putih. Ujian terakhirnya adalah bertanding melawan kakak pembina, yang waktu itu gue melawan salah seorang pembina dari cabang Depok, Kak Nina. Tapi siapa sangka kalau cewek bersuara lembut dan berpembawaan tenang ini berhasil membuat gue tengkurep di lantai? Gue bahkan bisa mencium dan merasakan darah yang keluar dari hidung dan mulut gue waktu itu... Do I have to stop here? Do I have to surrender to her? No...not this way... If I have to be defeated, at least I will accept it with honor... Dan, tentunya kalian sudah bisa menduga... Kembali lirik lagu itu memberi gue semangat, meskipun hanya bisa memberi tenaga untuk gue kembali berdiri dan akhirnya pingsan... Tapi gue seneng karena dalam pertandingan itu gue sudah mengeluarkan semua kemampuan gue sampai batasnya, and my friend told me that it was a good fight...

Rama Says: 02:45 WIB

 

FINAL FANTASY III NINTENDO DS SOUNDTRACK'S COMING!

Akhirnya...album klasik musik Final Fantasy hadir juga!!! Well, album lama sentuhan baru, dan ini yang paling gue nantikan! Final Fantasy III Nintendo DS Original Soundtrack!

Just for your information, Final Fantasy III itu game seri FF yang dirilis untuk mesin Nintendo Entertainment System sekitar 18 tahun yang lalu. Tapi game ini kembali dibuat ulang untuk konsol genggam terbaru Nintendo, DS. Sekarang udah 3D, dan berbahasa Inggris pula!

Kalo boleh dibilang, ini album "termurah" dengan kualitas bagus yang pernah gue tau. Soalnya dengan duit kurang dari 3000 yen Jepang, kalian sudah bisa mendapatkan album ini, berisi 1 CD soundtrack dan bonus DVD berisi animasi pembuka game, liputan on-sale gamenya, dan interview dengan perusuh2 dibalik pembuatan album ini!!!

Nah, CD albumnya sendiri berisi 61 track. Track 1 s/d 58 itu lagu2 dalam gamenya yang semuanya di-arrange ulang. 3 track sisanya adalah aransemen total, dan yang paling menarik adalah track terakhir, yaitu musik pertempuran yang di-aransemen ulang dengan sentuhan rock! Siapa lagi kalo bukan kerjaannya band rock binaan komposer FF Nobuo Uematsu, "The Black Mages!"

Secara keseluruhan, album yang diaransemen oleh Tsuyoshi Sekito dkk ini memang cukup "enak" untuk dinikmati. Perubahan dari instrumen yang "tat-tit-tut" ke versi synthesizer memang upgrade yang baik untuk menerjemahkan musik gubahan Nobuo Uematsu. Melodinya sederhana dan gampang diingat, tapi nyaman dan pas dengan adegan di gamenya. Musik di dungeon, battle, kota, bahkan opening dan endingnya pun betul2 terasa "pas" banget!

Sayangnya, kayaknya nggak bijaksana deh untuk menjejalkan 61 track dalam 1 CD, soalnya lagunya jadi pendek2, apalagi track ke-30 ke atas! Gue sebenernya berharap aransemen ini seperti album musik Final Fantasy I & II Origins yang juga diaransemen personel yang sama (2 CD). Tapi gpp deh, dan gue tetep merasa enjoy menikmati album ini...

Oh ya, kalo kalian kepingin punya rington unik buat ponsel, track2 di album ini gue rasa cocok untuk menemani ponsel kesayanganmu!

Hampir lupa! Kalo kalian mau tau isi wawancara yang ada di dalam DVD, itu berisi komentar Nobuo Uematsu sang komposer, para arranger, dan beberapa staf dari game FFIII yang di-remake ini. Mereka membicarakan tentang bagaimana proses perubahan FFIII dari NES ke DS, bagaimana album musik ini dikerjakan, dan beberapa spoiler tentang gamenya sendiri.

Buat yang awam, ada penjelasan singkat untuk menggambarkan musik di album ini. Kalau kalian suka traveling, berfantasi atau berpetualang dengan alunan musik, pastikan untuk menyertakan album musik ini!
 

Rama Says: 01:13 WIB