kamis, 16 november 2006

 

bersyukur

I happened to do blogwalking, dan kepikiran (baca: iseng tanda syukur) kepingin nulis tentang ini. Di beberapa blog, gue menemukan tulisan2 yang isinya adalah ungkapan rasa syukur atas apa yang sekarang ini mereka peroleh. Ada yang seneng karena punya ORTU yang perhatian dan penyayang, ada juga yang happy lantaran ia sering mendapatkan keberuntungan. Nggak jarang juga gue menemukan tulisan tentang tanda rasa syukur atas hal2 yang mungkin menurut kita negatif, misalnya gagal memperoleh sesuatu atau merasakan sakit hati yang teramat sangat -- but in the end mereka bersyukur karena hal2 tersebut justru menjadi semacam "obat" yang memperkuat hidup mereka. Lalu gimana dengan gue? Yeah, ini tentang salah satu cerita kehidupan gue yang patut gue syukuri...

I'VE GOT ALLAH'S BEST PROTECTION: Tentu ini yang paling utama. Berkat lindungan Allah gue bisa terus sampai sekarang... *smile*

I'VE GOT THE BEST PARENTS OF ALL: They are not perfect, indeed, but they are the best! Mereka yang paling berjasa menegakkan gue sampai sekarang.

I'VE GOT LOTS OF FRIENDS: Mereka yang selalu membuat hidup gue ramai dan penuh warna. Tanpa mereka gue ini nggak berarti apa2, termasuk situs gue ini pun nggak akan ada sampai sekarang (baca: ngapain nulis kalau nggak ada yang mampir?).

I'VE GOT NICE GIRLFRIEND (currently Kagome): Kalau dipikir, ini mungkin salah satu hal paling sulit dalam hidup gue yang harus diperjuangkan. Berbagai pengalaman sudah gue lewati, sampai akhirnya gue tiba di titik ini. Kalau di salah satu blog gue menemukan seseorang yang "merasa bangga" karena sudah berhubungan selama 7 bulan, well...big deal? Ternyata selain angka 7, gue juga punya angka 1 di depannya (17)m so...I've been together with Kagome for 17 months! Better, is it? Alhamdulillah...dan gue harap angka itu akan terus bertambah dan nggak akan pernah mati, right Kagome? *smile*
Rama Says: 16:12 WIB

selasa, 14 november 2006

 

HAPPY & SAD: GARA-GARA SOFTWARE!

Whoa!!! Buat yang satu ini gue nggak tau deh kudu seneng apa sedih. Memangnya ada apa sih? Bulan ini gue baru dapet honor bikin musik game yang boleh dikata lumayan deh. Nah, dengan honor itu gue membeli software pembaca layar (program yang bisa ngomong, yang gue pakai untuk berkomputer seperti sekarang). Memangnya kenapa harus beli versi barunya? I'll answer it later... It's time to tell you, kenapa gue seneng dan sedih dalam waktu yang bersamaan.

Seneng, karena dari honor membuat musik game gue akhirnya bisa beli software pembaca layar JAWS versi 7 (terbaru) yang original! Ya, jujur aja sih kalau selama ini gue pakai JAWS versi 5 yang bajakan *grin*, karena versi bajakan JAWS versi 6 dan 7 itu error jadi nggak bisa dipakai. Bayangin, JAWS 5 yang gue pakai itu rilis tahun 2003, so pasti banyak fitur yang ketinggalan dibanding versi 7.

So, apa keuntungan yang gue dapet dari JAWS versi 7?

+ Sekarang gue udah bisa browsing pakai browser Mozilla Firefox!!! Hore hore hore hore hore!!!!!! (baca: browser yang gue impi2kan tapi nggak bisa dipakai bareng JAWS 5) Wah, ternyata memang lebih asyik dan nyaman kalo dibandingin sama IE. Memang sih dukungan JAWS 7 nggak sempurna betul, tapi gue bisa memakai browser ini sekitar 90%. So, sayonara Internet Explorer!!!

+ JAWS 7 udah support Yahoo! Messenger versi terbaru, Windows Live Messenger, mIRC, dan America Online! Memang sih versi JAWS sebelumnya sudah bisa dipakai untuk chat dengan client2 tadi, tapi kudu diakalin. Nah, sekarang chat udah lebih nyaman deh! Ayo, ada yang mau add Yahoo! ID and kencan ama gue via messenger? *smile*

+ Say goodbye deh sama yang namanya nge-hang! Gara2 bajakan, JAWS 5 jadi nggak stabil dan suka error. Beberapa kali gue pernah kehilangan data yang lagi gue ketik gara2 JAWS gue ngadat di jalan. Dengan JAWS 7 aksesnya jauh lebih stabil.

Nah, sekarang sedihnya...

- Gue udah bikin dompet gue kembang kempis lantaran kudu ngeluarin duit untuk lisensi dongle (perangkat semacam USB) untuk mengaktifkan JAWS 7 gue jadi full version. Duh, 10 juta-ku (termasuk sebagian dana nikah)!!! *nangis sambil guling2*

- JAWS versi 8 ternyata udah mau keluar (dengan fitur2 segambreng) dan harganya jauh lebih tinggi dari versi 7 *tambah nangis*!

- Kok tega2nya sih ada temen yang nawar lisensi dongle gue seharga 100 ribu? Itu kan 1 per 100-nya? *nangis sambil bentur2in kepala*
Rama Says: 18:36 WIB

SABTU, 11 november 2006

 

JADI PEMBICARA DI SMKN 1 CIBINONG

Sabtu ini adalah salah satu hari berkesan di bulan ini, pasalnya gue mendapat kehormatan diundang jadi pembicara di SMKN 1 Cibinong. Sekolah yang ternyata membuka bidang studi TI (Teknologi Informasi) itu menggelar seminar pertamanya yang bertajuk "Pemanfaatan Internet dan TI." Selain pembicara2 dari beberapa perusahaan TI (Sun Microsystems dan Sisco Systems), turut hadir juga pakar TI dan multimedia Indonesia yang nyentrik dan keren abis, Kang Onno W. Purbo!

Setelah acara dibuka sekitar jam 8 pagi, langsung deh pembicara dari Sun Microsystems dan Sisco Systems naik podium. Disini mereka sharing tentang bagaimana seharusnya seorang yang berkecimpung di bidang TI itu bisa kreatif mencari pekerjaan, dan juga membagi ilmu sedikit tentang networking.

OK, so who's next? Yep, tiba gilirannya gue naik panggung! Lho, memangnya gue disuruh ngapain sih? Tenang tenang, bukan disuruh baca puisi apalagi nyanyi lagu dangdut kok! Di kesempatan itu gue diminta menceritakan pengalaman hidup gue, apa yang telah gue peroleh dengan adanya TI, dan juga nunjukin beberapa portfolio gue (musik2 buatan gue, artikel2 yang pernah gue publish di media, dan game2 buatan Divinekids Associates yang memakai musik gue). Wah, sempet panik juga gara2 LCD projector-nya nggak kompatibel sama laptop gue, tapi untungnya panitia bisa cepet memperbaikinya. Nah, siswa siswi yang pastinya baru pertama kali melihat tunanetra berkomputer langsung ngerubung dan mengajukan pertanyaannya. Well, it was nice to share my experience with smart students!

Setelah itu tiba gilirannya sesi terakhir, tapi justru inilah puncaknya! Kang Onno seperti biasa tampil dengan gayanya yang humoris. Kali ini sang pengarang buku2 TI di Indonesia -- yang mengaku pengangguran -- itu bikin heboh peserta dengan membawakan materi VoIP (Voice over IP). Teknologi itu memungkinkan kita bikin telepon sendiri, gratis pula! Asalkan ada PC yang terhubung ke internet, kita bisa bikin sentral telepon seperti halnya TELKOM. Tapi tentu saja itu butuh pengetahuan TI yang baik (catat: kita menghabiskan waktu sampai 3 jam untuk membuat sentral telepon). Wah, kocak juga ngeliat anak2 pada terbengong2, ber-halo-halo di panggung pakai telepon yang udah dipasang Kang Onno.

Acara selesai sekitar jam 4 sore, dan pulangnya gue diantar panitia...

Well, mungkin ini kali pertama gue ditunjuk jadi pembicara resmi di sebuah seminar besar. Gue seneng banget, dan berharap kalau pengalaman yang gue sharing-kan itu bisa berguna dan jadi motivator buat generasi muda Indonesia, khususnya anak2 SMKN 1 tempat gue sharing. Gue juga berharap nantinya bakal muncul inovasi2 hasil karya mereka, and I believe it coz they are smart students!!!

PS: Makasih banyak buat rekan2 SMKN 1 yang udah mampir ke situs gue yang sederhana ini (periksa di Guestbook). Anyway, maybe it's better to call me "Kak" not "Pak" soalnya gue berasa udah tua banget... Huehehe, pengen awet muda nich! *smile*
Rama Says: 23:13 WIB

jum'at, 3 november 2006

 

RILIS GAME DIVINEKIDS: MISTERI RAJA POCONG?



Lagi! Divinekids Associates ngerilis game baru! Rencananya bakal dirilis bulan Desember akhir tahun ini, tapi kalau mau mencoba bisa langsung download disini.

http://www.davidsetiabudi.com/mrpocong.zip

Penasaran mau tau infonya? Nggak usah susah2 nulis deh, gue COPY-PASTE aja isi file README yang disertakan dalam gamenya!!!
---



Game Pendekar Bambo - Misteri Raja Pocong
versi 1.20 (Sept 2006)
------------------------------------------------------------------
Universitas Tarumanagara & Divinekids Associates
Programmer : David Setiabudi, S.Sn, AmRO.
Musik : Rama Aurora
Tester : Pi-Man, Kite Orca, Eins, dkk.


Story :
Bambo, Pendekar Ganteng Bergigi Dua, mendapat permintaan tolong dari seorang penduduk desa bahwa di desanya banyak pocong yang berkeliaran mengganggu desa. Bambo pun bertekad mengalahkan pocong-pocong
tersebut. Pulau Pocong dipimpin oleh 5 pocong boss : P.Koruptor, P.Narkoba, P.Anarkis, P.Judi, P.Pembantai.
Kelima pocong tsb memiliki kekuatan yang mempengaruhi dunia manusia, dan mereka berambisi menguasai
dunia manusia. Bambo tidak akan tinggal diam...Saatnya dia dan Kidi beraksi!

Setiap mengalahkan pocong boss akan mendapat jurus baru:
Bawah Atas P = Pedang Api ke atas
Bawah Maju P = Sabetan Pedang Ganteng
Bawah I = Palu Penghancur
I = Tiarap
Atas I = Awan Bulbul
Maju I = Himpun Tenaga
Maju I kemudian P = Tombak Keris

Game menggunakan 3 bahasa dan 3 subtitle bahasa pilihan :
Indonesia , Inggris , Jawa.

Game ini memiliki nilai positif :
1. Belajar Bahasa (Indonesia - Inggris - Jawa)
2. Belajar Moral (Nasehat : Stop berjudi, Stop Narkoba, Stop Perang/pembantaian, dll)
3. Belajar Menghafal (Game menghafal ketukan urutan lampu nyala, di stage P.Judi dan P.Pembantai)
4. Belajar Ketangkasan Sensor Motorik (kecepatan menekan keyboard atau gamepad)

Kontrol :
1. Keyboard : W,S,A,D,X dan I,O,P
2. Game Pad (optional)

Komputer :
Pentium 3 500 Mhz keatas
Memory 128 Mb
Harddisk 42 Mb
VGACard 16 Mb
Sound Card
*) Untuk usia 13 tahun keatas

David Setiabudi comment :
* Game ini saya buat dengan serius, dan semoga dapat menghibur teman-teman sekalian.
Saya mengerjakan sendiri (kecuali musik dan tester game) dari gambar, warna, animasi, programming,
sampai dubbing 3 bahasa. Yah... kalo dubbing bahasa Inggrisnya kurang keren, ya saya mohon maaf,
saya sudah usahakan semaksimal mungkin. Tentang dubbing bahasa jawanya itu bahasa jawa Timuran.
Bahasa Jawa sendiri ada banyak seperti Krama Inggil, Krama Ngoko, dll :) Game dengan hantu dari
luar negeri seperti : Drakula, Vampir Cina, Manusia serigala, Hantu Jepang, dll sudah banyak, kenapa kita
ga buat game dengan hantu lokal, pikir saya. Ide mengekspos pocong di game pertama kalinya diide oleh
Toni dari Bandung dalam game "Pemburu Pocong" yang dibantu publikasinya oleh Divine Kids Associates
beberapa waktu lalu. Tipe gamenya adalah shooting waktu itu. Saya ingin mencoba tipe "petualangan arcade".

Game ini dibuat bekerja sama
dengan Univ.Tarumanagara dengan harapan dapat memberikan sesuatu bagi negara ini.
* Nasehat-nasehat yang ada di game ini diharapkan agar generasi muda mendatang dapat :
1. Menjadi orang yang tidak korupsi (nasehat setelah mengalahkan Pocong Korupsi)
2. Menjadi orang yang tidak memakai narkoba (nasehat setelah mengalahkan Pocong Narkoba)
3. Menjadi orang yang tidak suka berjudi (nasehat setelah mengalahkan Pocong Judi)
4. Menjadi orang yang tidak suka kekerasan / anarkis (nasehat setelah mengalahkan Pocong Anarkis)
5. Menjadi orang yang tidak suka perang / pembantaian (nasehat setelah mengalahkan Pocong Pembantai)
6. Menjadi orang yang tidak memakai black magic (nasehat setelah mengalahkan ??? - main dulu dah :D )

Semoga game Indonesia makin maju! Kalau ada kata yang salah baik dalam text ini ataupun di dalam game,
kami mohon maaf sebesar-besarnya. Kami harus banyak belajar lagi.
Terima kasih buat redaksi dan teman2 fans yang mendukung game DKA

Rama Says: 11:55 WIB

 

TUNANETRA JAKARTA MAKIN AKSES T.I.

Buat rekan2 tunanetra yang cinta teknologi, atau Anda yang ingin tahu bagaimana asyiknya tunanetra ber-internet dan menikmati fasilitas canggih lainnya, pastikan untuk membaca terus catatan ini!

Memangnya ada apa sih!? Singkatnya, Yayasan Mitra Netra bekerjasama dengan beberapa instansi penyandang cacat luar negeri lainnya berhasil mewujudkan salah satu proyek mereka, yaitu menyediakan sarana IT bagi tunanetra. Sarana itu berupa koneksi internet via satelit, akses perpustakaan aksesibel, dan peminjaman laptop untuk mahasiswa tunanetra yang masih berkuliah. NB: Mengenai nama2 organisasi NGO yang terlibat di samping Mitra Netra, mohon tanyakan sendiri ke YMN, okay?

Kalau selama ini teman2 tunanetra dapat mengakses internet di Yayasan Mitra Netra, sekarang juga sudah dapat mengaksesnya di Gedung Departemen Pendidikan Nasional yang berada di samping Ratu Plaza, JAKARTA SELATAN atau di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Kalau kalian hobby download, menikmati audio atau video streaming, good news deh buat kalian! Kenapa? Pasalnya kecepatan akses internet yang diberikan cukup bagus! Kalau di WARNET biasanya gue download dengan kecepatan maksimal 5kbp/s (dial-up) sekarang bisa download dengan kecepatan 100kbp/s, bahkan lebih kalo pakai program download manager kayak FlashGet atau DAP.

Fitur apa lagi yang ditawarkan? Rekan2 tunanetra juga bisa membaca buku yang tersedia di perpustakaan DIKNAS/UNJ (Baca: mendengarkan hasil konversi buku yang di-scan). Ya, disana tersedia sebuah scanner dan program OpenBook (www.freedomscientific.com) yang digunakan untuk mengkonversi buku ke format teks. Nantinya, dengan program OpenBook itu juga, tunanetra bisa mendengarkan teks yang sudah dikonversi itu dalam bentuk suara. Misalnya ada halaman majalah atau novel yang ingin dibaca, tinggal scan dan dengarkan saja, ASYIK KAN!?

Well, nantinya bakal ada beberapa fitur lain yang diimplementasikan, but I will keep quite for now!

Kalo gue sendiri udah bolak-balik ke DIKNAS, dan suasananya betul2 menyenangkan. Sementara gue mengkonversi teks dan menunggu konversinya selesai, gue bisa download dan chat atau nonton siaran live via internet. Kalo lapar, tinggal makan di kafe sambil becanda sama karyawan perpustakaan yang bakal siap sedia membantu. So, interested? You know what to do!

Rama Says: 04:13 WIB

rabu, 1 NOVEMber 2006

 

MUDIK

Hehehe, semoga topik ini nggak basi soalnya memang sudah lewat beberapa hari (or lebih tepatna seminggu). Nggak ada yang terlalu luar biasa disini, but if you wish to go further, well...go ahead and see!

Lebaran kali ini, kami sekeluarga melakukan shalat IED di lapangan dekat rumah. Mengenai perkara mudik, adik gue udah berangkat ke Jawa (Semarang dan Purwokerto) dan udah balik, dikarenakan dia nggak punya jatah libur pasca lebaran. Jadi, di hari lebaran dia pulang dan malamnya gue beserta keluarga berangkat mudik ke rumah ortu nyokap di Purwokerto (baca: without my bro).

There were four people... Ayo hitung! My father, my mom, I myself, ... and ... hey, who's the next? Yup, Kagome was with US! Nggak pernah menduga kalau dia bakal ikut dalam perjalanan ini! As for the reason, of course, to introduce her to my expanded family members for "you-know-what!!! *maaf kalo nulisnya pake bahasa planet, soalnya gue rada malu nulisnya he he*

The journey was going well. Gue ketemuan sama hampir seluruh anggota keluarga dari nyokap gue. Ada eyang gue yang maha pengasih dan maha penyayang, keponakan2 gue yang lucu2, juga saudara2 jauh yang kebetulan juga ikut merayakan lebaran disana.

Tentu saja kehadiran Kagome jadi titik perhatian mereka, pasalnya selama ini mereka memang hanya tau soal dia dari ORTU aja. Nggak cuma mereka yang menyaksikan, tapi juga gue yang melihat bagaimana Kagome... Can't tell, but she is truly the type I really wish to have...! "Ibu rumah tangga sejati, bok!"

Sebelum akhirnya tiga hari lewat dan kami sekeluarga memutuskan untuk pulang, sebuah rapat kecil (atau lebih tepatnya ngobrol2 SERSAN alias serius tapi santai) digelar di rumah Mbah. Hehehe, I could not help but to smile. Obrolannya betul2 serius, nggak kebayang deh bakal membahas topik seserius itu...

"Kalau dulu, mungkin sepuluh atau lima belas tahun yang lalu, di setiap pertemuan semacam itu yang jadi topik obrolan pasti soal mau jalan2 kemana, mau minta hadiah apa, gimana pelajaran di sekolah, game apa yang lagi dimainkan, etc. Tapi sekarang, semua berubah... Yang kita bicarakan sudah berbau; what will we do to expand family members by marrying the couple, huehehehehehe!!!"  

Rama Says: 15:19 WIB